Sukses

Cara Mempercepat Haid Agar Segera Selesai

Tidak ingin terlalu lama haid supaya aktivitas tidak terganggu? Ini beberapa cara mempercepat haid yang bisa Anda coba!

Wanita usia produktif yang sehat pasti akan mengalami haid setiap bulannya.  Kondisi ini merupakan hal yang normal, namun tetap dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Dengan segala hal yang dapat mengganggu aktivitas selama haid, Anda perlu mengetahui kiat untuk mengatasinya. Bahkan dalam beberapa kasus, Anda pun bisa mempercepat haid agar segera selesai.

Beberapa cara mempercepat haid tersebut akan lebih efektif jika dilakukan menjelang jadwal datang bulan. Pasalnya, jadwal haid seseorang akan berulang terus dalam siklus tersebut.

Artikel Lainnya: Benarkah Anemia Bisa Bikin Haid Terlambat?

Jika terpaksa harus dilakukan, berikut ini beberapa cara mempercepat haid selesai yang bisa dicoba:

1 dari 6 halaman

1. Berolahraga

Cara mempercepat selesai haid yang pertama adalah dengan berolahraga. Pasalnya, dengan banyak melakukan aktivitas fisik, darah akan keluar dari rahim dengan lebih cepat.

Tak hanya itu, untuk sebagian orang, beraktivitas fisik saat haid juga dapat meringankan kram perut.

Artikel Lainnya: 5 Tips Olahraga Saat Menstruasi

2. Tidak Menggunakan Tampon

Sebagian orang beranggapan bahwa menggunakan tampon lebih aman ketika haid, karena daya serapnya yang luar biasa.

Namun, tanpa disadari, tampon berpotensi menghalangi aliran darah keluar dari vagina sehingga dapat memperpanjang masa haid.

Penggunaan pembalut atau menstrual cup akan lebih baik daripada tampon saat Anda ingin haid segera berakhir. Sebab, pembalut tidak menghalangi aliran darah haid.

2 dari 6 halaman

3. Mencapai Orgasme

Ide berhubungan intim saat sedang haid mungkin terasa aneh. Namun ternyata, orgasme dapat menjadi cara mempercepat haid selesai, lho!

Saat Anda mengalami orgasme, rahim biasanya akan turut kontraksi. Hal tersebutlah yang dipercaya membantu ‘mendorong’ darah keluar dari rahim sehingga haid cepat tuntas.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Wanita dengan kelebihan berat badan umumnya memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi. Kelebihan sel lemak dapat mempengaruhi kadar hormon reproduksi wanita, sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih berat dan lama.

Jadi, pastikan berat badan Anda tidak berlebih alias masih dalam taraf ideal. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, turunkan secara bertahap dan sehat dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga rutin.

Artikel Lainnya: Tanda Siklus Haid Tidak Normal

3 dari 6 halaman

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Pola makan dengan gizi seimbang dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Dengan melakukan hal tersebut, kebutuhan gizi Anda juga akan terpenuhi.

Kebutuhan gizi yang memadai penting bagi kelancaran siklus haid.

Artikel Lainnya: Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Haid

6. Konsumsi Adas

Adas termasuk rempah yang dipercaya bermanfaat untuk kelancaran siklus haid. Rempah ini juga disinyalir dapat mengurangi nyeri dan mempercepat masa haid.

Berbagai olahan kue adas dapat Anda coba konsumsi sebagai cara menghentikan haid lebih cepat.

4 dari 6 halaman

7. Konsumsi Jahe

Jahe termasuk rempah yang bermanfaat untuk siklus haid, karena dipercaya dapat mengurangi perdarahan berat sehingga haid cepat selesai.

Cobalah untuk mengonsumsi teh jahe. Anda juga dapat mengolah rempah tersebut menjadi berbagai bentuk masakan untuk membantu menghentikan haid lebih cepat.

8. Cukup Minum Air Putih

Memastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi juga dapat menjadi cara mempercepat haid selesai.

Saat Anda kekurangan cairan, darah akan cenderung lebih kental sehingga mungkin lebih lambat keluar dari tubuh.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Lancar

5 dari 6 halaman

9. Konsumsi Pil Antinyeri

Ingin haid segera berhenti karena terganggu nyeri atau kram? Anda bisa mengonsumsi pil antinyeri, seperti ibuprofen.

Pada dosis tinggi, pil ini disinyalir dapat membantu mengurangi haid yang berlebihan dan mempercepat prosesnya.

Namun, cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan seara rutin. Anda pun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi pil antinyeri dosis tinggi.

10. Mengonsumsi Pil Kontrasepsi

Mengonsumsi pil kontrasepsi juga bisa dilakukan sebagai cara mempercepat haid selesai.

Dengan mengonsumsi pil kontrasepsi, kadar hormon dalam tubuh Anda akan meningkat. Hal tersebut dipercaya bisa mempersingkat durasi perdarahan saat haid.

Saat konsumsi pil KB, Anda umumnya akan diberikan durasi tujuh hari untuk haid. Konsumsi pil kontrasepsi akan membantu menghindari haid Anda menjadi lebih lama dari jangka waktu tersebut.

Artikel Lainnya: Obat Pelancar Haid, Efektifkah Atasi Masalah Telat Menstruasi?

Berbagai cara tersebut adalah upaya yang diyakini sebagian orang untuk mempercepat atau menghentikan masa haid sementara waktu. Bila Anda terpikir untuk menghentikan masa haid dalam jangka waktu yang lebih lama lagi, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter.

Berbagai cara seperti pemasangan Intra Uterine Devices (IUD) yang mengandung hormon, implan kontrasepsi, mengonsumsi pil, serta suntik progestin mungkin akan menjadi pilihan yang ditawarkan oleh dokter jika ingin menghentikan haid dalam waktu lama.

Hingga saat ini, menghentikan haid dalam waktu lama belum terbukti secara akurat dapat memberikan efek samping yang buruk. Akan tetapi, menurut American Cancer Society, penggunaan metode kontrasepsi hormonal dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko kanker.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menerapkan cara mempercepat haid yang telah disebutkan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat meraih hal yang diinginkan, tanpa khawatir efek samping merugikan.

Butuh tuntunan lebih lanjut terkait cara mempercepat haid agar segera selesai? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar