HomeGaya hidupPerawatan Wanita14 Cara Mempercepat Haid agar Segera Selesai
Perawatan Wanita

14 Cara Mempercepat Haid agar Segera Selesai

dr. Arina Heidyana, 29 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Haid yang terlalu lama bisa mengganggu aktivitas. Bagaimana cara agar haid cepat selesai? Simak cara menghentikan dan mempercepat haid di sini.

14 Cara Mempercepat Haid agar Segera Selesai

Wanita usia produktif yang sehat pasti akan mengalami haid setiap bulannya. Kondisi ini normal, namun tetap dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Dengan berbagai keluhan yang dapat mengganggu aktivitas selama haid, kamu perlu mengetahui kiat untuk mengatasinya. Bahkan, dalam beberapa kasus, kamu pun bisa mempercepat haid agar segera selesai.

Beberapa cara agar haid cepat selesai akan lebih efektif jika dilakukan menjelang jadwal datang bulan. Pasalnya, jadwal haid seseorang akan berulang terus dalam siklus tersebut.

Berikut ini 14 cara agar haid cepat berhenti yang bisa kamu coba:

1. Berolahraga

Cara supaya haid cepat selesai yang pertama adalah berolahraga. Dengan banyak melakukan aktivitas fisik, darah akan keluar dari rahim dengan lebih cepat.

Tak hanya itu, untuk sebagian orang, beraktivitas fisik saat haid juga dapat meringankan kram perut.

Artikel Lainnya: Pertanyaan Seputar Haid yang Sering Ditanyakan

2. Tidak Menggunakan Tampon

Sebagian wanita beranggapan, menggunakan tampon lebih aman ketika haid karena daya serapnya yang luar biasa.

Namun, tanpa disadari tampon berpotensi menghalangi aliran darah keluar dari vagina. Hal ini dapat memperpanjang masa haid.

Penggunaan pembalut atau menstrual cup ketimbang tampon dapat menjadi salah satu cara agar cepat selesai haid. Sebab, pembalut tidak menghalangi aliran darah haid.

3. Mencapai Orgasme

Ide berhubungan intim saat haid mungkin terasa aneh. Namun, ternyata orgasme dinilai dapat menjadi cara mempercepat haid.

Saat kamu mengalami orgasme, rahim biasanya akan turut kontraksi. Hal tersebutlah yang dipercaya membantu mendorong darah keluar dari rahim, sehingga haid cepat tuntas.

Artikel Lainnya: 12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Wanita dengan kelebihan berat badan umumnya memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi. Kelebihan sel lemak dapat memengaruhi kadar hormon reproduksi wanita, sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih berat dan lama.

Jadi, pastikan berat badan kamu tidak berlebih alias masih dalam taraf ideal agar menstruasi cepat selesai. Jika mengalami kelebihan berat badan, turunkan bertahap dan sehat dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga rutin.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Pola makan dengan gizi seimbang dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Dengan melakukan hal tersebut, kebutuhan gizi juga akan terpenuhi.

Kebutuhan gizi yang memadai penting bagi kelancaran siklus haid.

6. Konsumsi Adas

Adas termasuk rempah yang dipercaya bermanfaat untuk kelancaran siklus haid. Rempah ini juga disinyalir dapat mengurangi nyeri dan mempercepat masa haid.

Berbagai olahan kue adas dapat kamu coba konsumsi sebagai cara menghentikan haid lebih cepat.

Artikel lainnya: Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

7. Konsumsi Jahe

Jahe termasuk rempah yang bermanfaat untuk siklus haid. Karena, jahe dipercaya dapat mengurangi perdarahan berat sehingga haid cepat selesai.

Cobalah untuk mengonsumsi teh jahe. Kamu juga dapat mengolah rempah tersebut bersama berbagai menu masakan untuk membantu agar haid cepat berhenti.

8. Cukup Minum Air Putih

Memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi juga dapat menjadi cara mempercepat haid.

Saat kamu kekurangan cairan, darah akan cenderung lebih kental. Darah mungkin menjadi lebih lambat keluar dari tubuh.

Artikel Lainnya: Penyebab Telat Haid 1 Bulan

9. Konsumsi Pil Antinyeri

Mencari cara agar haid cepat berhenti karena terganggu nyeri atau kram? Kamu bisa mengonsumsi pil antinyeri seperti ibuprofen.

Pada dosis tinggi, pil ini disinyalir dapat membantu mengurangi haid yang berlebihan dan mempercepat prosesnya. Namun, cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan rutin. 

Kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi pil antinyeri dosis tinggi.

10. Konsumsi Pil Kontrasepsi

Mengonsumsi pil kontrasepsi juga bisa dilakukan sebagai cara agar haid cepat selesai. Dengan minum pil ini, kadar hormon di dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dipercaya bisa mempersingkat durasi perdarahan saat haid.

Saat konsumsi pil KB, kamu umumnya akan diberikan durasi tujuh hari untuk haid. Konsumsi pil kontrasepsi akan membantu menghindari haid kamu menjadi lebih lama dari jangka waktu tersebut.

Artikel Lainnya: Benarkah Pola Makan Pengaruhi Siklus Menstruasi?

11. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kronis, vitamin C juga bisa dikonsumsi sebagai salah satu cara agar haid cepat selesai.

Konsumsi vitamin C ternyata dapat membantu menurunkan kadar progesteron, yaitu hormon penting yang berperan dalam penebalan dinding rahim. 

Jika progesteron turun, maka proses peluruhan jaringan dinding rahim jadi lebih cepat selesai, sehingga haid pun akan cepat berhenti. 

12. Menggunakan Implan

Implan juga merupakan alat kontrasepsi yang cukup terkenal selain pil KB. Implan merupakan alat kontrasepsi yang ditempatkan di bawah kulit. 

Alat tersebut mengandung hormon progestin yang dapat menghambat ovulasi dan mencegah perkembangan folikel. Efeknya, haid akan jadi lebih sedikit atau bahkan tidak haid sama sekali.

13. Konsumsi Obat Asam Traneksamat

Selain obat antinyeri, obat asam traneksamat juga bisa dikonsumsi sebagai cara mempercepat haid. Obat ini telah dipelajari dapat mengatasi perdarahan menstruasi yang berat.

Dalam beberapa penelitian, asam traneksamat oral diketahui dapat mengurangi kehilangan darah hingga 60 persen. Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat gumpalan darah menjadi pecah, sehingga perdarahan tidak terjadi.

14. Minum Teh Daun Raspberry

Teh daun raspberry memang masih jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tapi, teh ini dapat kamu jadikan pilihan agar haid cepat berhenti. 

Daun raspberry diketahui memiliki sifat relaksasi otot yang dapat mengurangi kontraksi rahim. Selain itu, kandungan tanin di dalam daun raspberry juga dipercaya dapat mengurangi perdarahan berat saat haid.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar haid cepat berhenti. Mengakhiri menstruasi lebih cepat boleh saja, asalkan dilakukan dengan cara yang aman. 

Bila terpikir untuk menghentikan masa haid dalam jangka waktu yang lebih lama lagi, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Hal ini bertujuan agar kamu dapat meraih hal yang diinginkan, tanpa khawatir efek samping merugikan.

Gunakan Tanya Dokter online di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi mudah dan respons cepat.

(FR/NM)

MenstruasidarahHaid

Konsultasi Dokter Terkait