Sukses

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Jelang Persalinan Normal

Hari perkiraan melahirkan sudah dekat? Lakukan berbagai hal berikut ini agar persalinan normal yang akan Anda jalani bisa berjalan lancar.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar ibu hamil berharap dapat melahirkan dengan persalinan normal. Selain biayanya lebih murah, masa pemulihan wanita yang melahirkan juga lebih cepat dengan persalinan normal. Meski demikian, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum menjalaninya.

Dilansir dari badan kesehatan dunia WHO, sekitar 830 perempuan meninggal setiap hari karena mengalami komplikasi selama masa kehamilan dan persalinan. Hal ini kemudian membuat PBB menargetkan pada Sustainable Development Goals (SDGs) 2016-2030 terjadi pengurangan angka kematian ibu hingga 70 persen.

Lakukan ini menjelang persalinan normal

Berbeda dari persalinan caesar, persalinan normal membutuhkan persiapan yang lebih matang karena air ketuban bisa pecah secara tiba-tiba dan tanggal kelahiran bisa meleset dari yang telah diperkirakan. Apabila dokter Anda merekomendasikan persalinan normal, berikut ini adalah upaya untuk memperlancar persalinan Anda:

  1. Persiapan mental

Dilansir dari Babyologist, pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan biasanya ibu hamil bisa mengalami kecemasan akan persalinan yang akan dihadapi. Pada kondisi ini, yakinkan diri bahwa proses persalinan akan sangat menyenangkan, karena akan segera bertemu bayi yang dikandung. Agar lebih siap secara mental. Anda dapat mempelajari proses persalinan dan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

  1. Siapkan koper dan isinya

Meskipun sudah ada Hari Perkiraan Lahir (HPL), dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter menyarankan Anda agar tidak terlalu mepet dalam mempersiapkan koper beserta isinya untuk menginap di rumah sakit selama masa pemulihan.

“Setidaknya, memasuki minggu ke-35 kehamilan Anda sudah mempersiapkannya. Sebab, Anda tidak akan tahu kapan kotraksi atau pecah ketuban terjadi. Jika koper sudah siap, apabila saatnya tiba, Anda sudah siap berangkat ke rumah sakit,” jelasnya.

Ajak pasangan untuk membantu Anda mempersiapkannya, agar nantinya ia juga dapat membantu di saat Anda membutuhkan sesuatu.

  1. Diskusi dengan dokter

Bicarakan segala kekhawatiran yang Anda pikirkan. Biasanya dokter akan memberikan solusi untuk meredam segala hal yang membuat Anda cemas menghadapi persalinan normal. Penjelasan secara medis tentunya akan lebih mudah Anda terima daripada mitos yang beredar di masyarakat.

  1. Latihan pernapasan

Latihan ini dapat membantu Anda menghadapi kontraksi, sehingga dapat lebih tenang. Dengan latihan pernapasan ini, Anda bisa lebih rileks di saat-saat yang tidak nyaman sekalipun. Selain itu, Anda juga mencoba yoga kehamilan.

Melalui yoga kehamilan, Anda akan dapat mengetahui cara melepaskan ketegangan punggung bawah, membuka dada dan bahu, serta pinggul Anda. Sebab, semua otot tersebut dapat menahan ketegangan selama persalinan.

  1. Rutin olahraga

Biarkan tubuh terbiasa dengan menerima rasa tidak nyaman pada sendi dan ototnya. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih terbiasa dengan rasa tidak nyaman.

Jalan kaki adalah salah satu aktivitas olahraga terbaik yang harus dilakukan para ibu hamil, sebab melatih kesabaran dan menginduksi keadaan relaksasi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan senam kegel untuk memperkuat otot vagina.

  1. Asupan sehat dan tidur cukup setiap malam

Dilansir dari situs kesehatan bayi Babymed.com, Jika ingin menjalani persalinan normal, ibu hamil harus menjaga tubuh tetap jalam kondisi prima, yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta memiliki waktu tidur yang cukup setiap malam.

Waktu untuk persalinan normal memang tak dapat diprediksi secara detail. Namun, untuk memperlancar persalinan, Anda dapat melakukan berbagai upaya di atas menjelang persalinan. Semoga persalinan Anda lancar, ya! Baca artikel bertema sama di sini.

[RVS]

1 Komentar