Kesehatan Umum

Sabu Blue Ice, Apa Efeknya bagi Tubuh?

Krisna Octavianus Dwiputra, 05 Sep 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kenali efek sabu blue ice bagi kesehatan tubuh, yang disebut-sebut lebih berbahaya dibandingkan sabu biasa.

Sabu Blue Ice, Apa Efeknya bagi Tubuh?

Pernah dengar mengenai sabu blue ice, atau sabu kristal (crystal ice)? Sabu yang dulu digunakan Ridho Rhoma ini disebut-sebut memiliki efek yang lebih berbahaya untuk kesehatan manusia dibandingkan sabu yang sudah beredar karena memiliki kandungan metamfetamin lebih tinggi.

Dilansir beberapa sumber, peredaran sabu jenis ini terungkap setelah tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat, BNN Provinsi, Bea dan Cukai, serta TNI Angkatan Laut di Langkat, Sumatera Utara, pada Minggu (19/8), menyita 73,5 kilogram sabu serbuk dan kristal yang berasal dari Penang, Malaysia.

Sabu jenis ini dibuat melalui tiga kali proses. Sementara, sabu yang biasanya lazim beredar hanya satu kali proses pembuatan. Untuk tingkat kemurnian sabu blue ice bisa mencapai 100 persen.

Bentuk sabu blue ice menyerupai batu yang berwarna biru muda mengilap atau seperti pecahan kaca. Bahayanya, sabu blue ice bisa dipakai berulang-ulang kali oleh penggunanya. Bedanya dengan sabu biasa, sabu blue ice juga bisa langsung dijual dan dinikmati pecandu narkoba tanpa melalui proses pengolahan lagi.

Bahaya sabu blue ice bagi tubuh

Menurut Medical News Today, sabu blue ice bersifat sangat adiktif, dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah verbal dan gangguan keterampilan motorik. Beberapa orang yang memakainya bisa mengalami penurunan berat badan yang cepat, tapi cenderung kembali naik ketika seseorang berhenti menggunakan obat tersebut.

Sebagian orang lebih memilih sabu blue ice dengan alasan karena rasa euforia yang diberikannya bisa bertahan hingga 12 jam. Ini adalah durasi yang jauh lebih lama daripada kokain, atau obat lain dengan efek serupa. Sementara itu, orang dengan depresi dapat memilih untuk mengambil sabu blue ice karena sifatnya yang meningkatkan suasana hati.

Di samping itu, sabu blue ice juga memengaruhi kesehatan tubuh. Efek fisik akibat sabu kristal ini bisa dilihat secara jelas, yakni:

Berbagai efek samping penggunaan sabu blue ice tentu sangat merugikan kesehatan dan juga mental. Penggunaan berlebih sabu blue ice diketahui menyebabkan psikosomatis, atau keluhan-keluhan kesehatan yang terjadi ketika seseorang mengalami gangguan psikologis atau mental. Selain itu, ketika digunakan secara teratur atau dalam dosis tinggi, sabu kristal dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai metamfetamin psikosis, merasa halusinasi dan paranoia, serta insomnia.

Penyalahgunaan obat-obatan terlarang masih menjadi musuh besar di Indonesia. Dengan masuknya sabu blue ice, ini tentu sangat membahayakan karena dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, ancaman sabu blue ice memang harus diwaspadai. Agar terhindar dari narkoba, pagari diri kamu dan dengan kegiatan-kegiatan positif dan gaya hidup sehat.

Kamu juga bisa konsultasi seputar bahaya sabu atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[RS/ RVS]

KokainNarkotikaNarkobaSabuSabu Blue Ice

Konsultasi Dokter Terkait