Sukses

4 Manfaat Tai Chi ala Jack Ma bagi Kesehatan

Pengusaha sukses Jack Ma menjaga kesehatannya dengan rutin melakukan seni bela diri tai chi. Berikut ini manfaat tai chi bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Pengusaha e-Commerce Alibaba, Jack Ma, terlihat masih bugar pada usianya yang telah menginjak 53 tahun. Rahasianya, ternyata dia menekuni seni bela diri tai chi. Seni bela diri asli Tiongkok tersebut memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Beberapa hari lalu, Ma sempat singgah ke Jakarta untuk tampil dalam closing ceremony Asian Games pada hari Minggu (2/9) lalu. Ia mempromosikan kota kelahirannya Hangzhou, sebagai lokasi penyelenggaraan Asian Games pada 2022 mendatang.

Pada malam penutupan event olahraga terbesar se-Asia itu, Ma tampil sederhana dalam balutan changsan – pakaian tradisional China – berwarna abu-abu. Meski demikian, sosok bugar Ma tetap terpancar kuat. Rupanya tai chi menjadi salah satu andalannya untuk menjaga kesehatannya.

Tai chi untuk kesehatan

Dilansir Health Fitness Revolution, Jack Ma tetap memperhatikan kondisi kesehatan tubuh di tengah kesibukan mengurus e-Commerce raksasa miliknya, Alibaba. Demi menunjang aktivitasnya yang sangat banyak, Jack Ma menggeluti tai chi. Secara rutin Ma berlatih dengan asistennya, dan berfokus pada gaya chen tai chi chuan.

Seperti dilansir Harvard Health Publishing, tai chi sering digambarkan sebagai "meditasi dalam gerakan". Sudah banyak bukti menjelaskan bahwa praktik bela diri yang melatih tubuh dan pikiran ini memiliki nilai dalam mengobati atau mencegah banyak masalah kesehatan.

Bahkan, Anda masih dapat memulai berlatih jenis seni bela diri ini meski sudah lanjut usia, karena gerakannya cukup halus.

"Semakin banyak penelitian yang dilakukan dan melihat tai chi sebagai tambahan perawatan medis standar untuk pencegahan dan rehabilitasi berbagai gangguan kesehatan yang umumnya terkait dengan usia," ujar Peter M. Wayne, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical serta direktur Tai Chi and Mind-Body Research Program di Harvard Medical School’s Osher Research Center.

Salah satu fase penting dalam tai chi adalah chi kung, yakni yang diterjemahkan sebagai "kerja napas" atau "kerja energi". Aktivitas ini dilakukan dengan bernapas secara lembut dalam beberapa menit, lalu kadang-kadang dikombinasikan dengan gerakan.

Idenya adalah untuk membantu menenangkan pikiran dan memobilisasi energi tubuh. Chi kung dapat dipraktikkan berdiri, duduk, atau sambil berbaring.

1 dari 2 halaman

Manfaat tai chi bagi tubuh

Meskipun seni bela diri ini sangat lembut dan tidak membuat Anda sesak napas, tai chi memiliki beberapa manfaat besar. Banyak orang mengatakan bahwa seni bela diri tai chi tidak menimbulkan rasa sakit, namun memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Kekuatan otot

Tai chi dapat meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah maupun atas. Ketika dipraktikkan secara teratur, peningkatan kesehatan hasil dari melakukan tai chi dapat lebih unggul dari pelatihan ketahanan tubuh dan jalan cepat.

"Meskipun Anda tidak berlatih dengan beban latihan lengan, tai chi akan memperkuat tubuh bagian atas Anda, yakni bagian kedua lengan dan otot inti dari punggung dan perut. Untuk bagian bawah, tai chi bermanfaat untuk kesehatan tungkai," kata internist Dr. Gloria Yeh, asisten profesor di Harvard Medical School.

2. Fleksibilitas

Tai chi dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh bagian atas dan bawah serta menambah kekuatan pijakan. Dengan demikian, orang lanjut usia yang notabene kekuatan tulangnya sudah menurun, tak mudah terjatuh.

3. Keseimbangan

Menurut beberapa penelitian, tai chi membantu melatih tubuh agar tidak mengalami kondisi "seperti melayang di ruang angkasa" atau biasa disebut proprioception.

Dalam hal ini, tai chi berfungsi melatih neuron sensorik di telinga bagian dalam dan meregangkan reseptor di otot serta ligamen. Tai chi juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, yang membantu pemulihan setelah terjatuh, serta menghilangkan rasa takut terjatuh.

4. Pengondisian aerobik

Tergantung pada kecepatan dan ukuran gerakan, tai chi dapat memberikan beberapa manfaat aerobik. Para peneliti menemukan bahwa individu yang berlatih tai chi secara teratur selama satu tahun memiliki kapasitas aerobik yang lebih tinggi daripada individu yang tidak aktif di usia yang sama.

Manfaat seni bela diri tai chi untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Tak heran, Jack Ma rutin melakukannya di tengah berbagai kesibukan bisnisnya. Hasil latihan seni bela diri ini akan lebih maksimal jika dilakukan dengan benar dari pemanasan sampai selesai.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar