Sukses

Bolehkah Wanita Menggunakan Produk Perawatan Wajah Pria?

Tak sedikit wanita yang menggunakan produk perawatan wajah pria, karena yakin akan merasakan efek yang lebih besar. Benarkah anggapan ini?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar wanita sangat peduli akan penampilan wajah. Tak heran, ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan tampilan wajah yang diidam-idamkan. Bahkan, tak sedikit pula wanita yang sampai menggunakan produk perawatan wajah pria agar bisa mendapatkan efek yang lebih maksimal.

Hal tersebut memang sah-sah saja. Bagi wanita yang ingin menggunakan produk perawatan wajah untuk pria, tak ada satu pun aturan yang melarang Anda. Namun sebelum melakukannya, Anda sebaiknya memerhatikan hal-hal berikut ini:

● Kulit pria lebih tebal dari wanita

Perbedaan hormon antara pria dan wanita membuat kondisi kulit juga berbeda. Pria memiliki lebih banyak hormon androgen (testosteron), sehingga kulitnya lebih tebal dibandingkan wanita.

Menurut penelitian yang dilakukan pada pria dan wanita usia 18–61 tahun, kulit pria secara umum memiliki tingkat ketebalan 10–20% lebih tinggi daripada kulit wanita.

● Pria memiliki kolagen lebih tinggi daripada wanita

Kepadatan kolagen pria secara umum lebih tinggi dibandingkan wanita. Ini artinya, kulit pria memiliki tingkat kekenyalan yang lebih nyata daripada kulit wanita.

● Berbeda lokasi kelenjar minyak

Studi mengungkapkan, pria memiliki produksi kelenjar minyak yang lebih banyak di beberapa lokasi wajah. Sedangkan pada wanita, produksi kelenjar minyak biasanya hanya terfokus di dahi.

Kelenjar minyak berfungsi untuk melembapkan kulit, dan mencegah infeksi bakteri. Namun bila produksinya terlalu banyak, hal ini justru bisa menyebabkan jerawat.

Transepidermal water loss (TEWL) yang berbeda

Secara umum, TEWL pria lebih rendah daripada wanita. TEWL merupakan terminologi untuk menentukan fungsi pelindung dari cairan di kulit, dengan melihat banyaknya cairan yang hilang melalui kulit.

● Kulit pria lebih asam daripada kulit wanita

Derajat keasaman atau pH kulit berfungsi menjaga keseimbangan alamiah kulit, agar terhindar dari kuman berbahaya. Seorang peneliti mengungkapkan bahwa pH kulit wajah pria lebih rendah (lebih asam) daripada wanita.

● Lokasi kerutan yang berbeda

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria memiliki kerutan dahi yang lebih banyak daripada wanita. Fakta ini mendukung pendapat bahwa kelenjar minyak pada dahi pria lebih sedikit dibandingkan wanita.

Kesimpulannya, beberapa wanita memang bisa menggunakan produk perawatan wajah khusus pria. Namun, hal ini tetap tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan.

Sejatinya, produk perawatan kulit jenis apa pun tidak akan efektif memberikan hasil yang positif bila digunakan tak pada tempatnya. Satu hal yang perlu Anda ingat, produk perawatan wajah diciptakan dengan formula dan komposisi yang disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing jenis kelamin.

Jadi, jika Anda adalah seorang wanita, tak perlu memaksakan diri untuk menggunakan produk perawatan wajah pria jika tak ada anjuran atau saran khusus dari dokter. Akan lebih baik bila Anda menggunakan produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kelamin dan kondisi kulit masing-masing. Dengan demikian, Anda bisa benar-benar mendapatkan manfaat yang diharapkan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar