Sukses

Kenali Penyebab Puting Gatal Saat Menyusui

Puting gatal karena penggunaan bra yang kurang bersih mungkin sudah biasa, lalu bagaimana jika puting gatal saat menyusui? Bahayakah?

Klikdokter.com, Jakarta Ibu menyusui akan melakukan berbagai cara untuk dapat terus menyusui bayi dan memberikannya nutrisi yang dibutuhkan demi pertumbuhannya. Meski demikian, kadang terjadi hambatan saat menyusui karena berbagai faktor, yang salah satunya adalah puting terasa gatal saat menyusui. Apakah ini normal?

Dilansir dari Medical News Today, gatal pada puting payudara disebabkan oleh beberapa faktor. Rasa gatal yang timbul pun bisa berbeda tingkat keparahannya. Sebagai ibu menyusui, tentunya rasa gatal pada payudara tak bisa disepelekan. Berikut ini adalah beberapa penyebab puting gatal pada ibu menyusui:

1. Adanya keretakan dan iritasi kulit

'Kagetnya' jaringan puting payudara akibat sedotan dari bayi yang baru lahir akan dialami oleh si ibu baru. Oleh sebab itulah, jaringan puting yang sensitif tersebut akan mengalami kekeringan dan iritasi, apalagi bila si ibu punya riwayat masalah kulit sebelum melahirkan. Gejala tersebut akan tampak jelas di permukaan kulit dan akan berangsur membaik apabila antara ibu dan bayi telah memiliki ritme menyusui yang nyaman.

Selain itu, menurut dr. Sara Elise Wijono MRes dari KlikDokter, wanita yang sedang hamil atau menyusui memang lebih rentan terkena penyakit kulit, salah satunya eksem. Jadi, Anda tak perlu khawatir secara berlebihan.

2. Posisi menyusui yang salah

Siapa sangka posisi yang salah dalam menyusui juga bisa menjadi penyebab dari gatalnya puting? Memang, untuk menemukan posisi ternyaman dan terbaik dalam menyusui tidak membutuhkan waktu yang sedikit dan pasti terjadi di minggu-minggu awal menyusui.

Bayangkan saja, jika Anda memaksakan menyusui si bayi pada posisi yang salah dalam jangka waktu lama, pasti kondisi permukaan puting Anda akan semakin memburuk, timbul rasa gatal, iritasi, dan ini tentu saja dapat membuat buah hati tak nyaman. Jika sudah begitu, sudah pasti dokter akan menyarankan Anda untuk segera mengonsultasikan masalah laktasi Anda tersebut.

3. Terkena mastitis

Penyebab yang satu ini mungkin cukup asing di telinga Anda. Mastitis adalah peradangan dan rasa sakit di dalam permukaan payudara yang disebabkan oleh bakteri. Sama halnya seperti posisi menyusui yang salah, biasanya hal ini terjadi di minggu-minggu awal dari masa menyusui. Bila sudah terkena mastitis, rasa gatal dan nyeri pun tak akan terhindarkan, bahkan tak menutup kemungkinan si ibu akan mengalami demam tinggi! Untuk itulah biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk menyembuhkan gangguan kesehatan yang satu ini.

4. Adanya sariawan pada puting

Rupanya, tak hanya mulut yang bisa terkena sariawan. Puting ibu menyusui pun bisa terkena sariawan yang disebabkan oleh infeksi ragi. Kondisi ini terjadi karena mulut bayi dan permukaan payudara ibu yang terlalu lembap.

Jika adanya sariawan pada puting tidak ditangani dengan baik, efek yang ditimbulkan bisa semakin gatal dan perih. Tak berhenti di situ, bahkan sariawan ini pun bisa terjadi berulang. Supaya tidak berulang dan tidak berlangsung lama, segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

5. Sedang mengalami let-down reflex

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, let-down reflex atau milk ejaculation reflex adalah refleks keluarnya ASI dari payudara. Umumnya, ibu menyusui yang sedang mengalami kondisi ini akan merasakan sensasi geli, gatal, payudara terasa penuh, kencang, kadang ada benjolan, dan menetesnya ASI dari payudara sebelah yang tidak disusui bayi atau tidak dipompa.

Keadaan ini sebetulnya bukanlah hal yang buruk, malah menandakan bahwa Anda memiliki ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhan buah hati. Rasa gatal pada payudara tak perlu dikhawatirkan karena merupakan dampak dari dilepaskannya hormon oksitosin oleh tubuh.

Apakah puting gatal saat menyusui yang Anda rasakan akibat dari salah satu penyebab yang disebutkan di atas? Ada beberapa hal yang tak perlu dikhawatirkan, tapi jika kondisi memburuk lebih baik berkonsultasi dengan dokter supaya dapat ditangani dengan tepat. Sementara itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan payudara. Langkah-langkah yang bisa dilakukan seperti cuci tangan sebelum menyusui, kompres hangat dan pijat, mengosongkan payudara secara rutin, serta menggunakan bra khusus menyusui yang nyaman.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar