Sukses

Bosan dengan Susu? Ini 5 Alternatif Sumber Kalsium Lainnya

Susu dikenal sebagai sumber kalsium. Namun, susu juga bisa diganti dengan beberapa makanan ini, terutama jika Anda intoleran terhadap susu.

Klikdokter.com, Jakarta Bicara mengenai sumber kalsium, bisa dibilang susu adalah hal yang akan disebut pertama kali dan dianggap paling mudah untuk dijumpai. Tak hanya bayi dan anak-anak, orang dewasa juga sangat membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Bagaimana tidak? Dilansir dari Prevention, setidaknya orang dewasa membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari demi terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mengancam, termasuk osteoporosis.

Sumber kalsium selain susu

Ada kalanya mengonsumsi susu setiap hari membuat Anda jenuh. Padahal, susu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak perlu cemas, masih ada bahan makanan lain yang untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Berikut ini adalah di antaranya.

1. Kale

Kalsium bisa ditemukan dalam kale, sayuran hijau sejenis kubis. Sayuran yang amat mudah dicari ini mungkin tak terpikirkan oleh Anda bahwa ia mengandung kalsium. Namun nyatanya, dalam semangkuk penuh kale mengandung 177 mg kalsium.

Tak berhenti di situ, menurut Professor & Head Department of Nutrition Science di Purdue University, Connie M. Weaver, Ph.D., kandungan kalsium dalam kubis juga lebih bioavailable atau lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang kalsium yang bersumber dari susu.

2. Bok choy

Sayuran yang kerap dijumpai dalam aneka masakan oriental ini rupanya memiliki kandungan kalsium yang cukup unik. Dalam segelas bok choy mentah, terdapat sumber kalsium sebanyak 74 mg. Sedangkan bila dimasak, satu mangkuk bok choy dapat menghasilkan 158 mg kalsium.

3. Brokoli

Mengonsumsi segelas sayuran hijau satu ini secara mentah, 43 mg kalsium akan diserap oleh tubuh Anda. Tak suka mengonsumsi makanan mentah? Tenang, Anda bisa memasaknya sebentar dan kalsium yang dihasilkan akan berlipat ganda.

Bonusnya lagi, brokoli juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, potasium yang baik untuk kesehatan jantung, vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, serta vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan fungsi imunitas. Jadi, masih mau menolak segala kebaikan dari brokoli?

4. Tahu

Bukan fanatik sayur-sayuran? Tentu masih ada opsi lain, yaitu tahu. Bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai putih ini mudah didapat dan murah meriah. Anda bisa menjadikan tahu sebagai sumber kalsium pengganti susu.

Setengah gelas tahu yang sudah terolah dapat menghasilkan 250 hingga 800 mg kalsium. Oleh sebab itu, tahu merupakan bahan makanan yang sumber kalsiumnya sama dengan susu. Selain itu, tahu juga kaya akan protein, serat, dan zat besi yang tentunya baik untuk kesehatan Anda.

5.  Makanan laut kalengan

Satu lagi sumber kalsium murah pengganti susu yang mudah Anda temukan, yaitu makanan laut kalengan. Perlu diketahui bahwa dalam 3.75 ons ikan sarden, Anda akan mendapatkan 351 mg kalsium. Sedangkan, ikan salmon kalengan dapat memberikan Anda 241 mg kalsium.

Memenuhi kebutuhan kalsium harian kini tak hanya berkutat di susu saja. Berbagai jenis makanan di atas bisa Anda pilih saat merasa bosan atau bahkan intoleran dengan susu sapi. Kalau Anda cukup kreatif dalam mengolah masakan, bahan makanan di atas tak cuma sedap dinikmati, tapi juga bermanfaat bagi tubuh.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar