Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Asal Pakai, Begini Cara Mendapatkan Manfaat Krim Malam

Jangan Asal Pakai, Begini Cara Mendapatkan Manfaat Krim Malam

Agar hasilnya optimal, krim malam sebaiknya tidak dipakai sembarangan. Ketahui cara memakai cream malam yang benar menurut medis lewat ulasan ini.

Krim malam penting untuk menutrisi dan menghidrasi kulit. Selain itu, krim tersebut juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kusam, jerawat, kehitaman, dan flek.

Bagian terbaiknya adalah, krim malam bekerja saat Anda tertidur lelap, baik pada pria maupun wanita. 

Kendati demikian, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui cara memakai krim malam yang benar. Apakah Anda termasuk salah satunya? 

Jika ya, kini saatnya berubah. Berikut ini langkah-langkah yang mesti diikuti agar Anda tidak lagi melakukan kesalahan dalam penggunaan krim malam:

Artikel Lainnya: Krim Wajah Berubah Kecokelatan, Apa Masih Boleh Dipakai?

1 dari 10 halaman

1. Bersihkan wajah

Langkah awal adalah mencuci wajah dengan metode double cleansing. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga wajah dari kotoran setelah seharian beraktivitas. 

Anda bisa membersihkan wajah menggunakan kapas yang telah dibalurkan micellar water, milk cleanser, atau bahan pembersih jenis lainnya. 

Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Bilas hingga bersih, dan keringkan dengan menepuk-nepuk lembut wajah Anda.

2 dari 10 halaman

2. Gunakan Toner

Fungsi toner adalah menyeimbangkan kadar pH kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah jerawat

Pastikan Anda menggunakan toner dengan kandungan zat aktif yang tepat. Dengan demikian hasil yang didapatkan bisa lebih optimal. 

3 dari 10 halaman

3. Gunakan Serum Terlebih Dahulu

Tingkat kekentalan serum biasanya lebih rendah dibandingkan dengan krim malam. Anda disarakan menggunakan skincare harian dari yang paling cair (ringan) hingga paling kental (lebih padat). 

Artinya, Anda perlu mendahulukan penggunaan serum, baru kemudian dilanjutkan dengan krim malam.

Artikel Lainnya: Benarkah Butuh Krim yang Berbeda untuk Wajah, Mata, dan Leher?

4 dari 10 halaman

4. Gunakan Secukupnya

Aplikasikan krim malam dengan tepat ke kulit wajah. Caranya dengan menerapkan metode lima titik menggunakan ujung jari pada dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi. 

Dengan begini, jumlah krim malam yang Anda gunakan tidak terlalu banyak atau sedikit. Hasilnya pun bisa lebih optimal. 

5 dari 10 halaman

5. Ratakan Krim Malam

Ratakan krim malam ke seluruh area kulit wajah dengan pijatan lembut. Lakukan gerakan ke atas dan memutar ke arah luar. 

Pastikan olesan krim malam tidak terlalu tebal, namun merata dan menjangkau seluruh bagian penting di wajah Anda.

6 dari 10 halaman

6. Hindari Bagian Tertentu

Sebagian krim malam mengandung beberapa zat aktif yang bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. 

Bagian kulit wajah yang berpotensi menjadi lebih sensitif jika terkena krim malam tersebut, yaitu kelopak mata, lipatan sekitar cuping hidung, dan pinggiran bibir.  

Maka dari itu, sebaiknya hindari mengaplikasikan krim malam pada beberapa bagian yang telah disebutkan.

Artikel Lainnya: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Eye Cream

7 dari 10 halaman

7. Jangan Lupakan Area Leher

Perlakukan leher sebagai perpanjangan dari wajah Anda. Maka itu, pastikan untuk mengoleskan krim malam di bagian ini juga. 

Leher bisa menjadi penentu usia Anda yang sebenarnya. Jadi, jagalah bagian tubuh tersebut agar tetap terhidrasi dengan menggunakan semua produk perawatan kulit di area ini juga.

8 dari 10 halaman

8. Samakan dengan Suhu Tubuh

Krim malam biasanya diletakkan di lemari pendingin agar suhunya tetap terjaga. Ketika akan menggunakannya, Anda perlu menggosok ringan krim malam di telapak tangan terlebih dulu. 

Lalu, diamkan selama 3‒5 detik. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan manfaat krim malam, karena digunakan saat suhunya sudah sama dengan tubuh Anda.

9 dari 10 halaman

9. Lakukan Kebiasaan Sehat Lainnya

Pola hidup sehat juga penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Artinya, di samping penggunaan skincare yang tepat, Anda juga mesti menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat yang dimaksud, misalnya kebiasaan tidur dengan durasi 6‒8 jam setiap hari, cukup minum air putih, dan menghindari rokok. 

Cara menggunakan krim malam yang benar mesti disandingkan dengan produk yang sesuai. Dengan demikian, manfaatnya bisa benar-benar Anda rasakan dengan optimal.

Apabila Anda kesulitan menentukan jenis krim malam yang sesuai dengan kondisi kulit, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar