Sukses

5 Alasan Anda Perlu Konsumsi Telur

Jika Anda menjadi salah satu orang yang tidak suka makan telur, beberapa alasan ini bisa membuat Anda kembali mengonsumsinya.

Klikdokter.com, Jakarta Telur adalah salah satu jenis makanan yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Selain mudah didapatkan, olahan telur selalu menjadi makanan favorit. Selain itu, ada beberapa alasan spesifik mengapa Anda perlu mengonsumsi telur.

Dijadikan olahan apapun, telur tetap enak untuk dikonsumsi. Baik digoreng biasa, seperti didadar atau diceplok, direbus lalu dijadikan telur balado, telur sama enaknya dimakan dengan nasi hangat. Namun yang perlu Anda garis bawahi, telur adalah sumber protein yang baik bagi tubuh, sehingga sangat penting untuk dikonsumsi.

Nutrisi dalam sebutir telur

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, kandungan protein dalam telur berguna untuk mengobati berbagai penyakit yang dapat menyebabkan penurunan kadar protein tubuh.

Selain itu, protein dalam telur juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka, seperti luka bakar atau luka bekas operasi. Jika putih telur banyak mengandung protein, maka kuning telur banyak mengandung lemak, vitamin, dan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sebagian orang tidak mengonsumsi telor karena takut terkena kolesterol. Hal ini memang benar adanya. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, satu butir kuning telur saja bisa mengandung 180 miligram kolesterol.

Sedangkan, kebutuhan kolesterol per hari seseorang adalah sekitar 100-300 miligram. Artinya, jumlah kolesterol yang terkandung dalam telur sudah memenuhi lebih dari setengah dari kebutuhan kolesterol harian manusia.

Bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol, jangan khawatir. Anda tetap bisa menikmati telur dengan memakan bagian putih telurnya tidak lebih dari 3 butir dalam seminggu.

1 dari 2 halaman

Manfaat makan telur

Jika Anda menghindari makan telur akibat kandungan kolesterol dalam kuning telur, berikut ini ada beberapa alasan yang dilansir dari WebMD dan mungkin dapat membuat Anda berpikir ulang untuk kembali mengonsumsi telur:

1. Salah satu sumber protein termurah

Harga telur di pasaran cenderung murah, bahkan jika Anda membeli telur organik. Walaupun harganya sempat melambung beberapa waktu lalu, telur relatif lebih murah dibanding daging merah atau ikan. Dari segi kadar protein, telur memiliki 6 gram protein berkualitas tinggi setiap butirnya. Artinya, telur dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan asam amino harian yang sama seperti daging.

2. Sarapan yang baik

Berdasarkan penelitian, sarapan dengan menu telur dapat menunda rasa lapar lebih lama daripada makanan seperti kue. Pria yang makan telur di pagi hari lebih merasa kenyang, memiliki tingkat hormon kelaparan yang lebih rendah, dan makan lebih sedikit di siang hari.

3. Melindungi mata dari paparan sinar berbahaya

Telur kaya akan zat lutein, yakni pigmen kuning yang terdapat di retina mata. Lutein membantu melindungi mata dari degenerasi makula, penyebab utama kehilangan penglihatan. Selain itu, zat lutein dalam telur juga dapat melindungi mata Anda dari kerusakan akibat cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, tablet, dan komputer.

4. Bukan penyumbat arteri seperti yang Anda duga

Selama beberapa dekade, telur dituduh dapat meningkatkan kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Meski bagian kuning telur mengandung kadar kolesterol tinggi, namun kolesterol bukanlah bahaya yang diperkirakan dari konsumsi telur. Bahkan, Dietary Guidelines for Americans menghapus anjuran untuk membatasi diet kolesterol hingga 300mg sehari.

5. Telur membantu mempertahankan massa otot

Seseorang akan mulai kehilangan massa otot di usia 30 tahun, dan hal ini akan terus berlangsung dengan berkurangnya massa otot sebanyak lima persen per 10 tahun. Kehilangan massa otot dapat membuat Anda merasa lemah, menurunkan stamina, dan akhirnya meningkatkan risiko Anda mudah jatuh saat menginjak usia tua.

Selain latihan yang membuat massa otot Anda tetap bagus, telur juga dibutuhkan sebagai makanan pendamping. Pasalnya, telur mengandung protein berkualitas tinggi yang mampu memperbaiki kerusakan otot setelah berolahraga.

Nah, kini Anda sudah mengetahui berbagai alasan mengapa Anda membutuhkan menu telur dalam asupan sehari-hari. Dari segi pengolahan makanan, telur yang direbus lebih baik daripada digoreng menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh tinggi. Tunggu apa lagi? Ayo makan telur untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Tapi ingat, jangan berlebihan ya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar