Sukses

Pentingnya Fluoride untuk Gigi Sensitif

Fluoride berperan membantu menangani gigi sensitif. Ini manfaat fluoride untuk gigi.

Pernahkah Anda membaca isi kandungan yang terdapat dalam suatu pasta gigi? Ya, fluoride merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam pasta gigi. 

Fluoride berfungsi agar gigi tetap kuat dan mencegah terbentuknya lubang pada gigi, termasuk dalam mengatasi gigi sensitif. Mari kenali manfaat fluoride lebih jauh!

Mengenal Gigi Sensitif 

Sebelum membahas mengenai manfaat fluoride untuk gigi, ada baiknya Anda mengenali terlebih dulu apa itu gigi sensitif. 

Dalam dunia kedokteran, gigi sensitif disebut juga dengan hipersensitivitas dentin. Ini merupakan suatu kondisi yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Rasa ngilu biasanya muncul jika terkena suatu rangsangan. 

Artikel lainnya: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatasi Gigi Sensitif

Gigi sensitif ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang pendek, tajam, dan berlangsung singkat. Terutama saat Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu panas maupun dingin. Begitu juga bila Anda mengonsumsi sesuatu yang asam, misalnya jeruk.  

Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti gigi yang retak, teknik menyikat gigi yang kurang tepat, dan lainnya. Jika dibiarkan saja tanpa perawatan, gigi sensitif dapat bertambah parah dan menimbulkan lubang pada gigi. Karena itu, jika sudah terdapat tanda-tanda ngilu pada gigi, segera lakukan perawatan ke dokter gigi.

1 dari 3 halaman

Peran Fluoride untuk Gigi

Zat fluoride sering tercantum dalam kemasan pasta gigi sebagai salah satu kandungan. Sebenarnya, apa manfaat fluoride ini?

Gigi berlubang merupakan masalah gigi yang umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang hidup di rongga mulut. Bakteri tersebut memecah karbohidrat dan menghasilkan asam organik yang dapat merusak lapisan enamel (lapisan pelindung gigi yang kaya akan mineral).

Artikel lainnya: Pentingnya Pakai Pasta Gigi Berbahan Herbal untuk Gigi Sensitif

Asam tersebut juga dapat menghilangkan mineral dari lapisan enamel, atau yang disebut juga dengan demineralisasi. Dengan menggunakan fluoride, maka dapat mengurangi terjadinya demineralisasi sehingga membantu memperlambat hilangnya mineral dari email gigi. 

Fluoride juga dapat meningkatkan remineralisasi dengan mempercepat proses perbaikan dan membantu mengembalikan mineral ke dalam lapisan enamel gigi.

Selain itu, manfaat fluoride juga berfungsi untuk menghambat aktivitas bakteri dan mengurangi produksi asam. Ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga efektif dalam mencegah gigi berlubang.

2 dari 3 halaman

Cara Penggunaan Fluoride untuk Gigi

Terdapat dua cara dalam penggunaan fluoride, yaitu berupa lokal dan sistemik. Cara lokal dapat dilakukan dengan menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride atau dalam pasta gigi.

Aplikasi secara topikal juga dapat dilakukan langsung dengan bantuan dokter gigi. Nantinya dokter gigi akan mengoleskan fluor pada gigi dengan menggunakan kuas, atau ditempatkan pada sendok cetak kemudian dimasukkan ke dalam mulut.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Ternyata Cuma Mitos

Setelah perawatan, pasien diharapkan untuk tidak segera makan ataupun minum agar fluoride dapat terserap secara maksimal.

Sedangkan cara sistemik, dapat dilakukan dengan fluoridasi air minum dan pemberian fluor dalam bentuk tablet.

Dalam kasus gigi sensitif, penanganannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengganti pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Selain itu juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride.

Menurut American Dental Association (ADA), berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride mampu memperkuat lapisan enamel gigi serta mengurangi gejala gigi sensitif.

Makanan yang Mengandung Fluoride

Selain pada pasta gigi atau obat kumur, fluoride juga dapat ditemukan pada beberapa makanan, seperti:

  • Bayam
  • Teh hitam
  • Kismis
  • Jus anggur tanpa pemanis
  • Timun

Itulah manfaat fluoride untuk gigi serta jenis makanan yang mengandung fluoride. Gigi sensitif memang bikin tak nyaman. Namun, dengan menggosok gigi secara teratur menggunakan pasta gigi ber-fluoride, gejala gigi sensitif dapat tertangani. Anda juga perlu memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.  

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar gigi sensitif atau penyakit lainnya, dapat berkonsultasi kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

[NWS/ RS]

3 Komentar