Sukses

9 Tanda Kasur Anda Harus Segera Diganti

Tak melulu saat sudah rusak, banyak hal lain yang juga mengharuskan Anda untuk segera mengganti kasur tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas tidur adalah kondisi kasur. Jika kasur Anda sudah usang dan tak layak pakai, gangguan tidur dan sederet masalah kesehatan lain bisa saja terjadi kemudian.

Faktanya, kasur yang tidak memberikan sensasi nyaman ketika digunakan untuk tidur dapat menyebabkan nyeri pada leher. Selain itu, kasur yang tidak layak digunakan tersebut juga bisa membuat tubuh Anda pegal-pegal, kram otot, bahkan nyeri punggung berkepanjangan alias chronic back pain.

Ciri kasur yang tidak layak

Menurut beberapa ahli, berikut adalah ciri-ciri kasur yang sudah tidak layak digunakan dan harus segera diganti:

1. Terlihat usang

Ketika kasur sudah berubah dari bentuk aslinya, itu tandanya kasur tersebut sudah tak layak digunakan. Menurut juru bicara untuk Stearns & Foster, Rick Maynard, kondisi kasur yang demikian bisa Anda cari tahu ketika mengganti seprai.

Jika kasur terlihat tidak rata atau melorot di area tertentu, sebaiknya tak perlu ragu untuk segera membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Sebab, kondisi kasur yang seperti itu tak lagi memberikan dukungan yang dibutuhkan saat Anda tidur di atasnya.

2. Mengeluarkan bunyi

Tempat tidur seharusnya tidak keras, bahkan saat Anda membolak-balikkan badan di atasnya. Jika mendengar bunyi tertentu dari kasur Anda, itu berarti fondasi kasur Anda sudah tidak kuat lagi.

3. Berbau aneh

Seiring waktu, kasur yang selalu menjadi tumpuan saat Anda tidur akan terus menimbun banyak bakteri dan jamur. Adanya mikroorganisme tersebut bisa membuat kasur mengeluarkan bau-bauan yang tak ramah di hidung.

Oleh karena itu, jika Anda sudah mencuci seprai setiap minggu dan masih terdapat bau tak sedap ketika tertidur di atas kasur kesayangan, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda perlu kasur yang baru.

4. Sudah tua

Maynard mengatakan bahwa kasur modern bertahan sekitar delapan hingga sepuluh tahun. Jika sudah melebihi jangka waktu tersebut, sudah saatnya Anda mengganti kasur yang lama dengan yang baru.

5. Membuat nyeri punggung

Berdasarkan penjelasan Maynard, kejadian nyeri punggung saat bangun tidur adalah salah satu alasan mengapa Anda perlu mengganti kasur dengan yang baru.

6. Ada tungau debu

Jika melihat tanda-tanda adanya serangga di tempat tidur, sebaiknya segera buang kasur tersebut dan ganti dengan yang baru.

Ketahuilah, kasur yang sudah usang dan tak layak pakai adalah tempat berlindung bagi tungau debu. Makhluk tersebut memakan kulit mati yang menumpuk di kasur Anda. Menurut sebuah penelitian oleh Ohio State University, kasur yang biasa digunakan mungkin memiliki 100 ribu hingga 10 juta tungau di dalamnya.

7. Tidur lebih nyenyak saat tidak di kasur kesayangan

Apakah Anda merasa lebih nyaman saat tidur di tempat selain kasur kesayangan? Jika ya, itu bisa mengindikasikan bahwa kasur Anda sudah tak layak dipakai dan harus segera diganti.

8. Merasakan reaksi alergi atau gejala asma

Penumpukan tungau debu di kasur dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti hidung meler, bersin-bersin, hidung gatal, mulut gatal, dan tenggorokan gatal. Jika masih mengalami keluhan tersebut setelah membersihkan seprai, itu artinya Anda membutuhkan kasur yang baru.

9. Tidak sesuai dengan kondisi tubuh

Seiring bertambahnya usia, tubuh harus mendapat 'dukungan lebih' saat Anda tidur. Untuk membantu mengurangi rasa sakit, tempat tidur Anda harus pada kondisi yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Apakah beberapa hal di atas sesuai dengan kondisi kasur Anda saat ini? Jika ya, sudah saatnya Anda mengganti kasur lama dengan yang baru. Dengan begitu, kualitas tidur Anda bisa kembali optimal dan masalah kesehatan tak akan datang menghampiri.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar