Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Awas, Makanan dan Minuman Ini Rentan Memicu Kanker Otak!

Awas, Makanan dan Minuman Ini Rentan Memicu Kanker Otak!

Makanan merupakan komponen hidup sehat yang sangat penting. Lalu, adakah hubungan makanan dengan kejadian kanker otak?

Kanker otak merupakan salah satu jenis kanker jarang ditemui bila dibandingkan dengan kanker jenis lain. Sama seperti kanker pada umumnya, penyebab kanker otak masih belum diketahui dengan pasti.

Terdapat beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab mengapa seseorang lebih rentan mengalami kanker otak, di antaranya adanya mutasi genetik, riwayat kanker otak dalam keluarga, usia tua, dan paparan radiasi.

Namun siapa sangka, makanan ternyata juga dapat menjadi salah satu faktor risiko kanker otak? Karena itu, Anda patut waspada ketika akan mengonsumsi makanan tertentu. Mari kenali jenis-jenis makanan penyebab kanker otak berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Alkohol

Konsumsi alkohol berhubungan dengan timbulnya beberapa jenis kanker, seperti kanker mulut, kanker nasofaring, kanker esofagus, kanker payudara, hingga kanker otak.

Risiko kanker akan meningkat apabila dosis alkohol yang dikonsumsi berlebihan, apalagi disertai konsumsi tembakau. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi alkohol, bahkan bila perlu hindari.

2. Makanan yang Berjamur

Makanan pemicu kanker otak berikutnya adalah makanan yang berjamur. Beberapa jenis jamur, salah satunya Aspergillus flavus, mengandung metabolit aflatoksin. Jamur Aspergillus flavus dapat menjadi parasit pada kacang, pohon kacang, dan biji-bijian.

Bahayanya, aflatoksin secara tidak sadar dapat dikonsumsi hewan dari biji-bijian yang sudah mengandung jamur tersebut. Hal ini juga berlaku untuk ibu menyusui yang mengonsumsi kacang yang mengandung aflatoksin. Pada akhirnya, ASI yang mengandung jamur dapat masuk ke tubuh bayi.

Penelitian yang dilakukan May Beth Terry dari Columbia University Mailman School of Public Health menyebutkan, aflatoksin dapat menyebabkan kanker hati pada tikus, hewan primata, dan ikan.

Artikel Lainnya: Kenali Kanker Otak dari 6 Tanda Ini

2 dari 5 halaman

3. Daging Merah

Makanan pemicu kanker otak berikutnya adalah daging merah. Asupan daging merah berkaitan dengan peningkatan risiko kejadian tumor otak glioma.

Meskipun beberapa penelitian masih menyimpulkan hasil yang saling bertentangan, Anda perlu memperhatikan asupan daging merah. Selain diduga memicu kanker, asupan daging merah yang terlalu tinggi juga berhubungan dengan kadar kolesterol yang tinggi.

4. Ikan Asin dan Sayuran Terlalu Asin

Ikan asin dapat menjadi makanan pemicu kanker otak karena mengandung N-nitrosodimethylamine dan N-nitroso.

Selain ikan asin, Profesor Jiankun Hu dari University of New South Wales menyebutkan dalam studinya, konsumsi sayuran asin akan meningkatkan risiko kanker otak tipe glioma dan meningioma.

Artikel Lainnya: Siapa Lebih Rentan Kanker Otak, Pria atau Wanita?

3 dari 5 halaman

5. Makanan yang Dibakar atau Diasap

Penelitian melaporkan, sebanyak 15 jenis hidrokarbon aromatik polisiklik memiliki efek karsinogenik atau memicu kanker, termasuk di antaranya benz[a]anthracene dan benzo[b]fluoranthene.

Hidrokarbon aromatik polisiklik ini bisa didapatkan dari asap rokok, asap kebakaran, dan sumber asap lainnya. Makanan yang terkontaminasi hidrokarbon aromatik polisiklik adalah makanan yang diasap ataupun dibakar. Dalam jumlah kecil, hidrokarbon aromatik polisiklik juga ditemukan pada minyak, kopi, dan sosis. 

Penelitian pada hewan membuktikan, hidrokarbon aromatik polisiklik dapat memicu kanker lambung, kanker paru, kanker rahim, hingga kanker otak.

6. Telur

Siapa yang menduga bahwa makanan penyebab kanker otak termasuk makanan yang banyak digemari orang. Bila Anda salah satu penggemar telur, Anda perlu berhati-hati.

Asupan telur ternyata berhubungan dengan kejadian kanker otak jenis glioma. Sayangnya, pada penelitian yang menyebutkan hal tersebut tidak dijelaskan secara rinci jumlah asupan telur yang dapat meningkatkan risiko terjadinya glioma.

Akan tetapi, sebagai aturan umum, asupan telur sebanyak 2-3 sehari terbilang aman untuk kesehatan Anda. Jadi, sebisa mungkin batasi konsumsi telur harian Anda.

Artikel Lainnya: Benarkah Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak?

4 dari 5 halaman

7. Produk Susu dan Turunannya

Produk susu berhubungan dengan terjadinya glioma. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk memastikan hubungan antara asupan susu dengan kejadian kanker otak.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan jantung Anda, hindari minum susu full cream secara berlebihan. Pilihlah susu rendah lemak untuk mendapatkan manfaat susu dengan kandungan lemak yang lebih sedikit.

8. Buah Citrus

Salah satu yang menarik adalah bahwa asupan buah citrus (lemon, jeruk) juga menjadi makanan penyebab kanker otak. Buah-buahan tersebut disebut-sebut berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya glioma dan astrositoma.

Penelitian yang menjelaskan mengenai hal tersebut bertentangan dengan penelitian lain yang menyatakan bahwa buah citrus baik untuk aliran darah ke otak.

Sampai bukti lanjutan ditemukan, konsumsilah buah secara bergantian setiap hari, jangan terfokus pada satu jenis buah saja. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan manfaat optimal dari berbagai buah yang ada.

Demikian beberapa makanan penyebab kanker otak yang perlu Anda ketahui. Namun, penting diingat bahwa penelitian mengenai makanan pemicu kanker otak yang telah dipaparkan masih tergolong temuan awal, sehingga memerlukan studi lebih lanjut. 

Meski demikian, hindari konsumsi makanan-makanan tersebut secara berlebihan. Jangan lupa juga untuk memvariasikan jenis makanan Anda. Yuk, terapkan pola makan sehat agar hidup Anda terbebas dari kanker!

[WA]

2 Komentar