Sukses

Kram Otot Bisa Reda dengan Jus Acar?

Jus acar mungkin terdengar aneh. Namun, ada anggapan konsumsi jus acar bisa meredakan kram otot. Benar atau tidak, baca terus di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Kram otot mendadak jadi perbincangan saat atlet bulu tangkis Anthony Ginting mengalaminya saat bertanding melawan Shi Yuqi di ajang Asian Games beberapa waktu lalu. Upayanya untuk terus melanjutkan pertandingan meski dilanda kram otot dianggap heroik. Nah, katanya ada cara yang juga dapat meredakan kram otot, yaitu dengan mengonsumsi jus acar. Benarkah jus acar bermanfaat untuk redakan kram otot?

Kenali kram otot lebih jauh

Menurut American Academy of Orthopedics Surgeons, kram otot adalah kontraksi involunter (tidak diperintah) dari otot yang terjadi secara tiba-tiba. Kram otot dapat terjadi pada otot manapun dalam kontrol volunter Anda, yakni otot skeletal. Namun, kram otot juga sering menyerang otot betis, otot di belakang paha, dan otot di paha depan.

“Otot skeletal, misalnya pada lengan dan kaki, akan mengalami kontraksi dan relaksasi bergantian saat Anda perintahkan untuk menggerakkan tungkai. Jika kontraksi terjadi tanpa diperintah, maka akan timbul spasme. Spasme yang yang kuat dan berkepanjangan dinamakan kram,” kata dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter menjelaskan.

Otot yang kram sering kali akan teraba keras atau terlihat mengeras. Kram otot dapat terjadi selama beberapa detik hingga 15 menit, dan terkadang lebih lama. Umumnya, rata-rata kram otot terjadi dalam 9 menit. Hampir semua orang (sekitar 95 persen) pernah mengalami kram otot.

Penyebab terjadinya kram otot bisa beragam, mulai dari dehidrasi dan kekurangan elektrolit, kekurangan vitamin (B1, B5, dan B6), perubahan suhu, kondisi neurologis tertentu, obat-obatan, kondisi medis tertentu, dan pada kasus yang dialami Anthony Ginting kemungkinan penyebabnya adalah olahraga, aktivitas berlebihan, dan cedera.

Manfaat jus acar untuk mengatasi kram otot

Dilansir dari Women’s Health, banyak orang, terutama pelari dan pemain sepak bola, mengklaim bahwa minum jus acar dapat membantu meredakan kram otot. Bahkan, jus acar disebut-sebut ampuh mencegah kram otot jika dikonsumsi sebelum pertandingan.

Jika dikaitkan dengan fakta medis, hal tersebut bisa saja benar. Pasalnya, jus acar secara teknis adalah air asin dan itu jelas mengandung garam. Natrium dari garam memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan otot dan cairan tubuh.

Ketika Anda mengalami dehidrasi, elektrolit tubuh Anda mengeluarkan natrium dan kalium dari keringat. Di sisi lain, kekurangan dua zat tersebut bisa menyebabkan kontraksi otot secara tak sadar alias kram.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Medicine and Science in Sports and Exercise” melibatkan 2 kelompok partisipan pria yang meminum jus acar dan yang tidak. Para peneliti menemukan bahwa pria yang minum jus acar mengalami kram yang berlangsung sekitar 49 detik lebih sedikit daripada mereka yang minum air biasa.

Sebagai catatan, jenis olahraga yang dapat memanfaatkan khasiat optimal dari minum jus acar adalah pelari jarak jauh yang berlari dalam cuaca panas, pemain sepak bola yang berlatih atau bertanding saat panas terik, termasuk penggiat yoga.

Anda dapat mencoba konsumsi 1-2 ons jus acar setelah Anda berolahraga dan rasakan sendiri manfaatnya. Jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

Kram otot memang dikatakan bisa diatasi dengan minum jus acar. Namun hal ini tidak bisa dijadikan solusi satu-satunya. Anda juga harus mencegah terjadinya dehidrasi, melakukan peregangan otot, sekaligus mengetahui penyebab kram otot sehingga kemungkinannya terjadi lagi di kemudian hari bisa diminimalkan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar