Sukses

Momoko Sakura, Pencipta Chibi Maruko-chan, Meninggal Dunia

Pencipta manga Chibi Maruko-chan, Momoko Sakura, meninggal dunia pada usia 53 tahun akibat kanker payudara.

Klikdokter.com, Jakarta Momoko Sakura, seniman manga Jepang yang dikenal dengan karyanya Chibi Maruko-chan, meninggal dunia karena kanker payudara, Rabu (15/8). Usianya 53 tahun.

Dilansir Newsweek, staf Sakura telah mengonfirmasi berita ini dalam pernyataan yang disampaikan di website resminya. Tertulis bahwa upacara pemakaman hanya akan dihadiri oleh kerabat dekat atas permintaan keluarga.

Sakura lahir di Shimizu, daerah pinggiran di prefektur Shizuoka, dengan nama Miki Miura. Dia memulai debutnya sebagai seniman pada tahun 1984. Versi komik Chibi Maruko-chan diterbitkan pertama kali di majalah Ribbon pada tahun 1986. Kisah Maruko sendiri terinspirasi dari masa kecil Sakura bersama keluarganya. Bocah SD usia sembilan itu digambarkan baik hati, lucu, dan polos.

Pada tahun 1990, Chibi Maruko-chan dijadikan serial anime, yang mendulang kesuksesan besar dan masih ditayangkan hingga kini. Serial anime ini diputar di lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia.

Kreativitas Sakura tidak berhenti di Chibi Maruko-chan. Ia menelurkan manga lainnya, termasuk Coji-Coji, dan membantu mengembangkan karakter untuk video games.

Pada pertengahan Agustus lalu, Sakura meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker payudara. Penggemar Sakura kemudian ramai-ramai menyampaikan rasa duka cita di media sosial. Satu fan mengatakan, “Ini sangat sedih… Terima kasih telah mengisi masa kecil saya dengan Chibi Maruko-chan.” Yang lainnya berterima kasih kepada Sakura karena telah menciptakan satu dari anime terbaik yang pernah Anda.

Sekilas mengenai kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Menurut Depkes RI, kanker tertinggi di Indonesia pada wanita adalah kanker payudara dan kanker leher rahim. Untuk alasan ini, penting bagi wanita untuk mengecek kesehatan payudara secara teratur.

Berdasarkan laporan National Health Service UK, kanker payudara dapat menimbulkan sejumlah gejala, tetapi gejala pertama yang paling terasa biasanya adalah benjolan atau area jaringan payudara yang menebal. Sebagian besar benjolan di payudara tidak bersifat kanker, tetapi sebaiknya Anda selalu waspada. Anda juga harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal-hal berikut:

  • Perubahan ukuran atau bentuk salah satu atau kedua payudara
  • Cairan keluar dari puting
  • Benjolan atau bengkak di salah satu ketiak
  • Terdapat cekungan seperti lesung di kulit payudara
  • Ruam pada puting atau di sekitar puting
  • Perubahan pada puting, seperti menjadi cekung atau masuk ke dalam

Penyebab pasti kanker payudara belum sepenuhnya dipahami. Namun, ada faktor-faktor tertentu yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker payudara, seperti:

  • Usia - risiko meningkat seiring bertambahnya usia
  • Riwayat kanker payudara pada keluarga
  • Pernah didiagnosis kanker payudara sebelumnya
  • Pernah ada benjolan jinak pada payudara sebelumnya
  • Ukuran tubuh tinggi, kelebihan berat badan atau obesitas
  • Kebiasaan minum alkohol berlebih

Kanker payudara yang dialami oleh Momoko Sakura dapat terjadi pada siapa saja. Bahkan, kini banyak menyerang wanita yang usianya masih sangat muda. Karena itulah, pencegahan dini sangat penting, dengan rutin memeriksakan kesehatan payudara. Tak lupa juga dengan selalu menerapkan pola hidup sehat. Selamat jalan, Sakura, 'ibu' dari Chibi Maruko-chan, si bocah manis yang akan selalu membuat siapa saja tersenyum.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar