Sukses

Kiat Jitu Kikis Lemak dan Bentuk Otot Perut

Ingin mencoba mengurangi lemak sekaligus membentuk otot perut? Coba terapkan beberapa tips ini dalam kegiatan Anda sehari-hari.

Klikdokter.com, Jakarta Terutama Anda yang memiliki segudang kesibukan, mencegah penumpukan lemak dan membentuk otot perut bisa menjadi hal yang sulit. Padahal, menjaga agar tidak terjadi deposit lemak secara terus-menerus sangat penting, karena berat badan berlebih dan obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang serius, seperti diabetes mellitus tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Kiat mengikis lemak dan bentuk otot perut

Selain dampak buruknya terhadap kesehatan, menumpuknya lemak di perut juga dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri akan penampilannya. Lantas, bagaimana cara mengikis lemak dan membentuk otot perut? Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan.

  1. Lakukan resistance training

Hampir setiap individu pasti pernah mendengar bahwa berolahraga secara rutin penting untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa resistance training atau latihan ketahanan merupakan salah satu cara terbaik.

Resistance training juga dikenal dengan istilah weight training atau strength training, yang melibatkan aktivitas olahraga untuk melatih kekuatan otot. Olahraga jenis ini baik untuk meningkatkan dan menjaga massa otot, sekaligus meningkatkan metabolisme. Ini berarti bahwa tubuh tetap membakar lemak walaupun latihan sudah selesai.

  1. Menerapkan diet yang kaya protein

Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa protein merupakan kunci dari pengurangan penumpukan lemak pada perut. Pertama-tama, asupan protein dapat meningkatkan pelepasan hormon PYY, yang memberikan sinyal ke otak bahwa seseorang merasa kenyang. Oleh sebab itu, adanya protein dalam menu makanan dapat mencegah asupan makanan yang berlebih.

Penelitian observasional yang ada juga menunjukkan bahwa secara umum individu dengan asupan protein yang tinggi memiliki kadar lemak perut yang lebih rendah. Selain itu, asupan protein juga diketahui dapat meningkatkan kecepatan metabolisme, yang membuat seseorang lebih mudah membangun massa otot saat berolahraga.

  1. Batasi makanan yang mengandung gula

Asupan gula memiliki efek yang berbeda pada tubuh bila dibandingkan dengan protein, lemak, atau karbohidrat kompleks karena dapat memengaruhi nafsu makan dan menunjang tubuh untuk memproduksi lemak. Gula yang diproses sering kali tersembunyi pada produk-produk yang tidak Anda sangka-sangka. Oleh karenanya, pastikan Anda membatasi asupan gula dalam pola makan sehari-hari.

  1. Sertakan ikan dalam diet Anda

Asam lemak omega-3 memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk menunda proses penuaan dan melawan penyakit degeneratif. Selain itu, salah satu manfaat konsumsi ikan merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan apabila dikombinasikan dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga secara rutin.

Beberapa jenis ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak baik yang membantu mengikis lemak berbahaya dalam tubuh. Upayakan untuk mengonsumsi ikan setidaknya 2-3 kali seminggu.

  1. Beralih ke minyak kelapa

Untuk menggoreng, minyak kelapa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan mentega dan minyak zaitun. Alasannya adalah minyak kelapa mengandung lemak rantai sedang yang disimpan di dalam tubuh sebagai respons dari asupan tinggi kalori.

  1. Pastikan waktu tidur Anda cukup

Tidur merupakan salah satu aspek yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan tubuh, terutama bila menyangkut pengendalian berat badan. Ditemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malammnya memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi untuk mengalami penumpukan lemak tubuh dibandingkan dengan yang tidur selama 7 jam atau lebih.

Cara mudah untuk menjaga kualitas tidur adalah tidak asyik menggunakan gawai sebelum tidur atau menonton serial TV kesayangan pada malam hari, serta lakukanlah aktivitas relaksasi sebelum tidur.

Kunci dari mengurangi penumpukan lemak di perut adalah asupan makanan yang tepat, aktivitas fisik yang melatih kekuatan otot perut, serta memastikan bahwa Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Dengan menerapkan pola hidup sehat, mengikis lemak dan membentuk otot perut bukanlah hal yang tidak mungkin. Bulatkan tekad dan lakukan kiat-kiat di atas dengan semangat dan konsisten!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar