Sukses

Waspada, Polusi Udara Bisa Menurunkan Kecerdasan!

Tak hanya buruk bagi kesehatan, paparan polusi udara bisa berdampak buruk terhadap kecerdasan Anda. Baca selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Hidup di kota dengan tingkat polusi udara yang buruk ternyata tak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan paru. Menurut studi terbaru, polusi udara ditemukan berkaitan dengan aspek kecerdasan manusia.

Meski studi berlokasi di Cina, tapi kondisinya tetap relevan di seluruh dunia, dengan 95 persen populasi global menghirup udara berpolusi yang buruk untuk kesehatan. Studi yang dipublikasikan di jurnal “Proceedings of the National Academy of Sciences” ini menemukan bahwa menghirup polusi udara dapat menyebabkan penurunan secara tajam skor tes verbal dan matematika.

Para peneliti dari International Food Policy Research Institute (IFPRI) memeriksa data dari survei longitudinal dari China Family Panel Studies, memetakan skor tes kognitif dari hampir 32.000 orang antara tahun 2010-2014 terhadap dampak paparan polusi udara jangka pendek dan jangka panjang.

Mereka menemukan  bahwa semakin lama seseorang terpapar polusi udara, maka semakin besar dampak kerusakan terhadap kecerdasan, dengan kemampuan bahasa yang lebih dirugikan ketimbang kemampuan matematika.

Dampak buruk polusi udara terhadap lansia

Dari survei ini, para peneliti menemukan fakta mengejutkan. Ternyata skor bahasa (verbal) maupun matematika mengalami penurunan seiring meningkatnya paparan polusi udara secara kumulatif.

“Dampak buruk polusi udara terhadap kondisi otak yang menua kemungkinan membebani kesehatan dan biaya ekonomi yang lebih besar, mengingat bahwa fungsi kognitif sangat penting bagi lansia untuk tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan membuat keputusan berkaitan dengan ekonomi berisiko tinggi,” kata penulis studi Xiaobo Zhang dari Universitas Peking, Cina, seperti dilansir dari laman CNN.

Terjadinya penurunan atau gangguan kognitif, yang menurut studi dapat disebabkan oleh polusi udara, juga merupakan faktor risiko potensial dalam mengembangkan penyakit Alzheimer.

1 dari 2 halaman

Waspada pekerjaan outdoor

Ada beberapa alasan mengapa lansia pria dengan tingkat pendidikan lebih rendah paling terdampak akibat paparan polusi udara berkelanjutan. Salah satu alasannya adalah karena golongan tersebut lebih sering bekerja di luar ruangan (outdoor).

Peneliti mengatakan bahwa pada lansia (dalam studi rentang usianya adalah 55-65 dan 65 tahun ke atas), efeknya bisa sangat sulit untuk diatasi akibat paparan kumulatif jangka panjang. Kondisi ini tentu saja memprihatinkan, mengingat golongan lansia sering kali harus membuat keputusan finansial penting di masa senja seperti kapan harus pensiun atau rencana asuransi kesehatan mana yang lebih baik

Lindungi diri dari dampak buruk polusi udara

Selain dapat menurunkan kecerdasan, lewat berbagai penelitian polusi udara ditemukan dapat meningkatkan risiko kesehatan lainnya. Hal-hal yang bisa terjadi antara lain terjadinya diabetes, kelahiran bayi prematur, penyakit jantung, kanker paru, siklus haid jadi tak teratur, dan masih banyak lagi. Belum lagi beberapa penyakit akut yang ditimbulkannya seperti serangan asma, infeksi saluran napas akut (ISPA), pneumonia, dan tuberkulosis (TBC).

Jika Anda hidup di kota besar yang diketahui memiliki tingkat polusi udara yang buruk, mau tak mau Anda harus melakukan berbagai langkah pencegahan untuk melindungi diri dari bahaya paparan polusi udara bagi kesehatan tubuh.

“Anda dapat mengurangi paparan polusi udara dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Masker dapat menyaring udara yang masuk ke saluran napas sehingga kadar polusi yang terhirup jauh berkurang dibandingkan jika tidak menggunakan masker. Selain itu, jauhkan diri dari lingkungan yang penuh dengan asap rokok. Jika memungkinkan, minta anggota keluarga yang masih merokok untuk menghentikan kebiasaan tersebut, agar polusi udara di rumah benar-benar hilang,” jelas dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

Kini ada satu lagi alasan untuk Anda tak lagi menyepelekan polusi udara. Selain berdampak buruk terhadap tubuh, polusi udara juga ditemukan dapat menurunkan kecerdasan Anda. Lindungi diri dari polusi udara seperti yang disebutkan di atas, lalu kombinasikan dengan pola hidup sehat, agar kesehatan tubuh terjaga secara maksimal.

[RN/ RVS]

5 Komentar