HomeGaya hidupSehat dan BugarIni Dia Rahasia Tubuh Atletis Jonatan Christie!
Sehat dan Bugar

Ini Dia Rahasia Tubuh Atletis Jonatan Christie!

Nur Budhi, 28 Agu 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin punya tubuh atletis dan bugar seperti atlet bulu tangkis Jonatan Christie? Ini tips yang wajib Anda terapkan dengan saksama!

Ini Dia Rahasia Tubuh Atletis Jonatan Christie!

Nama atlet bulu tangkis Jonatan Christie semakin nyaring terdengar, apalagi setelah dirinya berhasil meraih medali emas di bulutangkis perseorangan Asian Games 2018. Selain prestasi gemilang, pria berusia 20 tahun yang kerap disapa Jojo ini juga menjadi buah bibir lantaran mempunyai bentuk tubuh atletis dan bugar.

Berbicara tentang tubuh atletis, sebagian besar pria pasti ingin memilikinya. Itu karena bentuk tubuh yang demikian tak hanya menunjang penampilan, tapi juga turut mendatangkan segudang manfaat kesehatan.

Tips tubuh atletis dan bugar

Untuk memiliki tubuh atletis dan bugar, Anda perlu berolahraga secara rutin dan teratur sambil menerapkan pola diet yang seimbang.

“Olahraga bertujuan untuk mengurangi lemak dan membentuk otot bagian tubuh tertentu. Sedangkan diet dilakukan untuk meningkatkan metabolisme, serta mempercepat pembentukan dan reparasi otot yang aus karena dilatih terus-menerus,” kata dr. Suci Dwi Putri dari KlikDokter.

Menambahi itu, dr. Sepriani Trimurtini Limbong dari KlikDokter membeberkan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memiliki tubuh atletis dan bugar sebagai berikut:

Latihan otot secara rutin dan teratur

Lakukanlah kombinasi antara olahraga kardio dan angkat beban. Agar olahraga tersebut memberikan hasil yang optimal dalam proses pembentukan otot, Anda wajib melakukannya secara rutin dan teratur.

Menurut dr. Sepri, Anda dapat melakukan olahraga kardio berupa lari atau joging selama 30 menit sebanyak tiga kali seminggu. Anda juga perlu latihan beban dengan dumbbell atau barbel sebanyak tiga set dengan delapan repetisi sebanyak dua kali seminggu. Selain itu latihan yang perlu Anda lakukan adalah push up maupun sit up sebanyak yang Anda mampu setiap hari.

Dalam melakoni olahraga tersebut, akan lebih baik bila Anda dibimbing oleh instruktur yang terlatih. Hal ini agar olahraga yang Anda lakukan bisa memberikan manfaat yang lebih optimal, juga untuk menghindari cedera atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Pola makan sehat dan seimbang

Konsumsilah makanan dengan kandungan gizi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

“Makan teratur tiga kali sehari dengan camilan sehat satu sampai dua kali sehari. Asupan makanan harus mengandung karbohidrat protein dan serat,” kata dr. Sepri.

Lebih lanjut, dr. Sepri menganjurkan bahwa Anda juga wajib menghindari makanan yang mengandung tinggi lemak.

“Usahakan komposisi makanan Anda terdiri dari 40% karbohidrat, 40% protein, dan 20% lemak agar pembentukan massa otot lebih optimal,” ungkapnya.

Untuk karbohidrat, Anda bisa mendapatkannya dari nasi, kentang, pasta, serealia, biji-bijian, dan sejenisnya. Sedangkan untuk protein, Anda bisa memperolehnya dari ikan, daging merah tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan telur.

“Anda juga bisa mengonsumsi whey protein dan casein protein. Whey protein diserap cepat oleh tubuh sehingga disarankan dikonsumsi setelah latihan fisik. Sementara casein diserap lebih lama sehingga dikonsumsi ketika tubuh tidak sedang beraktivitas,” tutur dr. Sepri.

Dua hal di atas wajib Anda lakukan secara berkelanjutan. Ini karena tubuh yang atletis dan bugar tak bisa dimiliki dengan cara yang instan. Bahkan, jika Anda melakukannya hanya setengah-setengah, hasilnya justru akan mengecewakan dan tidak akan sesuai dengan harapan.

Jadi, apakah Anda tertarik menerapkan cara di atas untuk mendapatkan tubuh atletis dan bugar seperti Jonatan Christie? Ingatlah untuk melakukannya dengan tekad dan disiplin yang tinggi, agar hasilnya juga bisa benar-benar optimal!

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RVS]

Jonatan ChristieBadmintonBulu TangkisOlahragaAsian GamesTubuh BugarTubuh Atletis

Konsultasi Dokter Terkait