Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarMiliki Tubuh Bugar ala Jonatan Christie dengan Badminton!
Sehat dan Bugar

Miliki Tubuh Bugar ala Jonatan Christie dengan Badminton!

Rieke Saras, 28 Agt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tubuh bugar dan ideal seperti Jonatan Christie dapat Anda raih dengan rutin berolahraga badminton.

Miliki Tubuh Bugar ala Jonatan Christie dengan Badminton!

Pemain badminton tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berhasil menyumbangkan emas pada final, Selasa (28/08). Jojo, panggilan akrabnya, unggul 2-1 atas wakil Cina Taipei. Selain aksinya di lapangan, banyak juga penonton yang terpukau oleh tubuh ideal atlet yang akrab disapa Jojo.

Lihat saja aksi buka baju yang dia lakukan untuk merayakan kemenangannya. Anda dijamin takkan bisa melihat gelambir lemak di perutnya, atau onggokan lemak yang tak perlu di lengannya. Semuanya serba fit dan “tertata rapi”.

Ingin memiliki tubuh ideal seperti Jojo? Anda tak perlu susah-susah ke gym. Bermain badminton juga bagus untuk membentuk tubuh, apalagi jika dilakukan dengan rutin dan konsisten. Nilai plus lainnya, badminton merupakan salah satu olahraga yang murah meriah.

Dilansir Menxp, berikut sembilan manfaat yang dapat Anda peroleh dari latihan bulu tangkis:

  1. Menurunkan berat badan

Bermain badminton selama sejam dapat membakar 480 kalori. Jika dilakukan dengan rutin, Anda bisa saja turun 4 kilogram dalam sebulan. Lebih dari lumayan, bukan?

  1. Membentuk otot

Setiap pukulan pada olahraga badminton adalah latihan pembentukan otot. Jika Anda ingin membakar lemak di sekitar pinggang, setengah jam bermain sudah cukup untuk melihat hasilnya. Tak hanya lemak pinggang, tapi juga bagus untuk betis, bokong, dan hamstring.

  1. Meningkatkan metabolisme

Badminton membantu meningkatkan kemampuan kerja jantung dan paru-paru, sehingga membuat tubuh terbiasa berkeringat secara alami. Untuk diketahui, racun-racun akan keluar dari tubuh melalui kucuran keringat dan hal ini membuat tubuh lebih ringan.

  1. Melatih refleks, kecerdasan, dan produktivitas

Olahraga apa pun akan membuat Anda lebih gesit, mudah konsentrasi, dan kuat dalam menghadapi tekanan fisik.

  1. Menyehatkan jantung

Badminton dapat memperkuat otot-otot jantung, bahkan untuk mereka yang telah memiliki masalah pada jantung. Tapi pastikan untuk berdiskusi dengan dokter sebelum melakukan olahraga bulu tangkis.

  1. Membuat tulang lebih padat dan kuat

Rutin bermain badminton membantu pertumbuhan sel-sel yang membentuk tulang dan mengakumulasi matriks kalsium. Hal ini dapat memperkuat fisik secara keseluruhan.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Kadar gula darah dapat menurun jika tubuh senantiasa aktif. Dengan badminton, otomatis produksi gula yang berlebih akan menyurut dan membuat Anda lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

  1. Menangani tekanan darah tinggi

Terkadang pasien tekanan darah tinggi (hipertensi) sudah kecanduan obat sehingga tak bisa mengurangi efek penyakit tanpa obat. Badminton akan membantu masalah ini, karena menurunkan tekanan darah dan menghasilkan zat-zat kimia yang melawan sifat kecanduan obat.

  1. Memperbaiki fungsi paru

Berolahraga badminton akan meningkatkan fungsi paru secara cukup signifikan. Hal ini juga membantu Anda yang punya masalah dengan mendengkur saat tidur.

Selain berolahraga badminton, ada hal-hal lain yang juga penting dilakukan untuk membentuk tubuh ideal. Terapkanlah pola hidup sehat dengan mengatur pola makan yang seimbang dengan membatasi asupan karbohidrat sederhana, lemak jenuh dan gula. Anda juga perlu tidur cukup, minimal 7-8 jam per hari.  Selain itu Anda juga harus mengelola stres (bisa dengan yoga atau meditasi atau lainnya), serta menjauhi rokok. Dengan cara-cara ini, memiliki tubuh bugar dan fit seperti Jonatan Christie bukan lagi mimpi!

[RVS]

Jonatan ChristieBadmintonBulu TangkisAsian GamesTubuh Bugar

Konsultasi Dokter Terkait