Sukses

Punya Kulit Sensitif? Ini Produk Perawatan yang Aman

Panduan berikut dapat menjadi solusi bagi pemilik kulit sensitif dalam memilih produk perawatan yang aman.

Klikdokter.com, Jakarta Dari berbagai jenis kulit, kulit sensitif bisa dikatakan yang cukup membuat kerepotan. Pemilik kulit sensitif kerap kali sulit memilih produk perawatan kulit dan kosmetik yang aman dan tidak menimbulkan berbagai efek setelah menggunakannya.

Ya, kulit sensitif memang mudah bereaksi bila terkena zat tertentu yang terkandung dalam produk perawatan atau kosmetik. Reaksi yang terjadi umumnya kemerahan, iritasi, rasa perih seperti ditusuk-tusuk, kulit kering dan mengelupas, hingga muncul bintik kemerahan.

Kulit sensitif sendiri sebenarnya tidak terjadi begitu saja. Umumnya ada penyebab atau pencetus kulit menjadi sensitif, di antaranya:

  • Penyakit kulit, seperti eksim (dermatitis atopik), rosasea, atau dermatitis kontak alergi
  • Kulit yang sangat kering atau terdapat luka sehingga kulit kehilangan faktor proteksinya
  • Paparan yang lama terhadap zat yang dapat merusak kulit, seperti sinar matahari, cuaca yang ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin)
  • Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat atau berlebihan.
1 dari 3 halaman

Produk perawatan untuk kulit sensitif

Kulit sensitif mudah mengalami peradangan. Peradangan yang terjadi berulang dapat menyebabkan produksi kolagen menurun sehingga rentan terjadi penuaan dini. Karena itu, Anda yang memiliki kulit sensitif harus cermat dalam memilih produk perawatan kulit. Berikut adalah produk perawatan yang umumnya aman untuk kulit sensitif:

  1. Pembersih yang lembut

Fungsi sabun pembersih wajah adalah mengangkat kotoran dari wajah. Sayangnya, selain kotoran, minyak alami dan kelembapan wajah pun ikut terangkat. Belum lagi bila sabun pembersihnya menghasilkan banyak busa. Busa yang melimpah dapat menarik air dari kulit wajah sehingga kulit makin kering dan sensitif.

Karena itu, pilihlah sabun pembersih wajah yang lembut, tidak berbusa atau berbusa sedikit, dan tidak mengandung alkohol. Sabun pembersih yang mengandung bahan aktif, seperti camomile, aloe, teh hijau, dapat membantu menenangkan kulit sensitif terutama yang sedang mengalami iritasi.

  1. Gunakan pelembap

Usai mandi, segera gunakan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit yang berkurang. Anda dapat menggunakan pelembap yang bertekstur cair, diikuti dengan pelembap yang lebih padat dan bertekstur krim. Bila kulit sensitif Anda cenderung kering, gunakan pelembap berjenis krim untuk mencegah atau mengurangi iritasi.

Untuk pelembap, gunakan produk yang mengandung zat seperti petrolatum, lanolin, gliserin, sorbitol, sodium hyaluronate. Zat-zat tersebut telah terbukti dapat menahan air lebih lama dan lebih banyak di kulit sehingga membantu menjaga kelembapan kulit.

Bila pelembap bertekstur krim masih kurang melembapkan, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan minyak untuk wajah (facial oil). Beberapa jenis minyak yang diketahui dapat membantu melembapkan dan menenangkan kulit sensitif adalah argan oil, grapeseed oil, almond oil, jojoba oil, dan marula oil. Namun karena teksturnya yang padat, sebaiknya gunakan produk minyak ini dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk melihat respons kulit Anda.

Selain itu, hindari penggunaan pelembap yang mengandung wewangian tambahan dan alkohol. Pewangi dalam produk perawatan kulit umumnya merupakan pencetus utama iritasi kulit.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Jangan lewatkan tabir surya

Sinar matahari adalah salah satu pencetus kulit sensitif. Karena itu, jangan pernah lewatkan sehari pun tanpa menggunakan tabir surya. Apalagi jika Anda tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari yang sangat banyak.

Gunakan tabir surya yang mengandung pelembap dan bertekstur krim agar dapat melindungi dari sinar matahari sekaligus melembapkan kulit. Beberapa produk tabir surya juga mengandung minyak biji anggur (grapeseed oil) dan petrolatum yang terbukti baik untuk menahan air di kulit.

  1. Cermat memilih kosmetik

Less is better” adalah prinsip yang harus diterapkan pemilik kulit sensitif dalam memilih produk kosmetik. Pilihlah produk kosmetik yang sedikit atau tidak mengandung pengawet, pewangi, dan pewarna tambahan. Hindari menggunakan kosmetik yang tahan air (waterproof) karena untuk menghapusnya Anda perlu produk khusus yang biasanya mengandung alkohol.

Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa tiap produk kosmetik Anda. Jangan gunakan produk kosmetik yang sudah lewat masa kedaluwarsanya sekalipun masih terlihat baik.

Selain produk di atas, perawatan dari dalam juga harus dilakukan. Minum air putih setidaknya 2 liter per hari, konsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan, makanan rendah lemak jenuh dan tinggi asam lemak omega-3, serta menjauhi makanan tinggi gula dan berpengawet adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi nutrisi kulit Anda dan menjaganya agar tidak mudah sensitif.

Merawat kulit sensitif memang sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin Anda lakukan. Paduan perawatan kulit dari luar dan dalam yang tepat akan membuat kulit sensitif Anda jadi lebih sehat.

[RS/ RVS]

1 Komentar

  • diraokta24

    dok cara ngatasin muka yg berjerawat gimna ya? sudah lama sekali saya gak pake pelembab, selama jerawatan ini saya gak pake produk apa2 cuma sabun pembersih aja, karna saya takut semakin bertmbh jerawat ny ... solusi gimna ya dok? krna wajah saya sensitif berkomedo pori2 juga lebar dok