Sukses

Jangan Pilih Sabu! 6 Makanan Ini Ampuh untuk Daya Tahan Tubuh

Sabu yang merupakan salah satu jenis narkoba bukanlah asupan bagus untuk tubuh. Pilih 6 makan ini demi menunjang daya tahan tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Musisi senior Fariz RM kembali tertangkap polisi karena kasus narkoba. Kali ini dia tertangkap karena mengonsumsi sabu dengan alasan untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal itu ia lakukan dengan alasan banyak pekerjaan yang harus dilakukannya. Padahal, untuk menjaga daya tahan tubuh tidak perlu mengonsumsi sabu. Bahkan, benda yang satu ini sepatutnya dihindari!

Fariz RM terciduk di rumahnya oleh Resnarkoba Polres Jakarta Utara pada Jumat (24/8) malam di kediamannya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Ini menjadi ketiga kalinya Fariz RM ditangkap oleh polisi karena kasus narkotika. Sebelumnya dia pernah tertangakap pada 2007 dan 2015.

Penangkapan Fariz RM setelah dilakukan pengembangan terkait penangkapan pengedar narkoba bernama Anton Hamidi. Pria berusia 59 tahun itu pun sekali lagi harus merasakan dinginnya dinding penjara.

Alasan Fariz RM memakai sabu yang sudah 2 tahun dikonsumsinya itu untuk menjaga daya tahan tubuh agaknya sangat janggal. "Sudah tua, sudah berumur, karena banyak job jadi untuk daya tahan tubuh," ujar Kombes Argo Yuwono di Polres Metro Jakarta Utara, Minggu (26/8) dalam jumpa pers.

1 dari 2 halaman

Makanan sehat untuk daya tahan tubuh

Alasan Fariz RM di atas yang menyebut ia mengonsumsi sabu untuk daya tahan tubuh, cukup membuat heran banyak pihak. Karena narkoba cenderung membuat ketergantungan dan merusak tubuh pemakainya.

Untuk Anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh, jangan ikuti langkah Fariz RM tersebut. Sesungguhnya ada banyak makanan, baik buah-buahan atau sayuran yang bisa membuat tubuh Anda tetap sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh Anda tetap baik:

  1. Tomat

Tomat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dalam melawan kuman dan radikal bebas. Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk mengobati diare, menyembuhkan gangguan pencernaan, hingga meningkatkan nafsu makan.

  1. Bayam

Berdasarkan infografik dari situs kesehatan Healthspan UK, bayam tak hanya kaya akan vitamin C tapi juga mengandung berbagai zat antioksidan dan beta-karoten. Kedua zat tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

  1. Brokoli

Ternyata, brokoli memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. Dengan demikian, sayuran hijau ini bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Ubi merah

Sumber vitamin A dan E yang ada pada ubi merah dapat mengoptimalkan produksi hormon melatonin. Hormon ini dapat berperan sebagai antioksidan andal yang menjaga kesehatan sel dan sistem saraf otak.

  1. Stroberi

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, stroberi kaya akan antioksidan dan mengandung vitamin C. Stroberi juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang dapat turut membantu memelihara kesehatan Anda.

  1. Kacang almond

Menurut seorang pakar gizi asal Inggris bernama dr. Marilyn Glenville, kacang-kacangan memang sangat baik membantu menangkal virus masuk ke dalam tubuh dan mempercepat pemulihan bila terlanjur terinfeksi. Almond merupakan jenis kacang terbaik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi kacang almond, seseorang akan terhindar dari pilek dan flu.

Selain makanan di atas, meminum air putih dengan takaran yang cukup per hari juga bisa membuat tubuh selalu dalam kondisi baik. Dengan cara ini, tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Selain itu, olahraga yang cukup juga bisa menunjang kesehatan tubuh Anda. Jika Anda melakukan cara-cara tersebut, daya tahan tubuh pun akan meningkat. Jadi biasakan hidup sehat dan jauhkan diri dan keluarga Anda dari narkoba, termasuk sabu!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar