Sukses

Latihan Kardio yang Mudah dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Ketahuilah, empat latihan kardio yang sederhana ini ampuh untuk menurunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Untuk menurunkan berat badan, tak cukup efektif bila hanya dilakukan dengan membatasi dan mengatur pola makan. Agar usaha tersebut berhasil, Anda juga harus berolahraga teratur. Latihan kardio merupakan olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan lemak agar berat badan dapat susut.

Latihan kardio merupakan jenis olahraga non pertandingan yang memiliki gerakan yang ritmik dan teratur. Olahraga ini akan memicu kontraksi otot-otot, meningkatkan danyut jantung, serta memperlancar peredaran darah. Contoh olahraga kardio yang banyak dilakukan adalah joging dan bersepeda.

Jika Anda tak begitu suka joging dan bersepeda, tak perlu khawatir. Masih banyak latihan kardio yang mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan. Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Naik tangga

Tangga ternyata diam-diam bisa dimanfaatkan sebagai latihan kardio untuk menurunkan berat badan. Dengan menaiki anak tangga satu per satu selama dua menit, Anda telah membakar 20 kalori. Bayangkan jika Anda menaiki anak tangga selama 10 menit saja, 100 kalori dalam tubuh Anda sudah terbakar!

  1. Lompat tali

Mungkin Anda pernah melakukannya saat masih kanak-kanak. Ya, olahraga menyenangkan dan sesederhana ini hanya membutuhkan seutas tali dan ruang terbuka untuk membakar kalori. Jumlah kalori yang dibakar melalui lompat tali dua kali lipat dibandingkan dengan naik tangga. Dengan lompat tali selama 10 menit, Anda telah membakar 200 kalori.

Agar lompat tali efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga kecepatan lompat sangat penting untuk dilakukan. Dan sebisa mungkin, jangan terlalu banyak waktu istirahat di antara lompatan.

  1. Step up

Anda hanya membutuhkan sebuah bangku untuk melakukan gerakannya. Setelah itu, letakkan kaki kanan Anda di atas bangku. Lalu, dengan menggunakan otot bokong, angkat tubuh Anda ke atas hingga kaki kanan benar-benar lurus dan kaki kiri ikut terangkat. Perlahan-lahan turunkan tubuh, dimulai dengan kaki kiri menyentuh tanah, diikuti dengan kaki kanan. Ulangi berulang-ulang, dengan bergantian kaki kanan dan kiri.  Latihan ini dapat membantu membentuk otot bokong dan paha.

  1. Burpees

Burpees merupakan salah satu olahraga kardio yang tak hanya efektif untuk membakar kalori, tetapi juga dapat dilakukan di ruang terbatas. Anda bahkan dapat melakukan olahraga ini di dalam ruangan berukuran 2x2 meter saja.

Caranya adalah dengan berdiri dengan melebarkan kaki, lalu rentangkan kedua tangan ke atas. Lompatlah setinggi mungkin. Setelah itu, ubah posisi Anda menjadi setengah jongkok dengan tangan lurus menopang tanah. Dorong kaki lurus ke belakang sehingga membentuk posisi tubuh seperti akan push-up.

Lakukan push-up satu kali, lalu kembalikan kaki ke depan dan posisi kembali menjadi setengah jongkok. Kemudian, kembali dalam posisi tegak dan kembali melompat. Lakukan berulang-ulang. Latihan ini membakar kalori lebih banyak daripada joging.

Agar efektif untuk menurunkan berat badan

Anda boleh memilih salah satu dari keempat jenis latihan kardio tersebut untuk menurunkan berat badan. Atau Anda dapat mengombinasikan keempat gerakan tersebut.

Supaya kalori yang terbakar cukup besar untuk menurunkan berat badan, sebaiknya latihan kardio ini dilakukan terus-menerus selama 20 menit. Jika Anda kelelahan, Anda dapat beristirahat sejenak. Namun, pastikan bahwa istirahat yang dilakukan tak lebih dari 30 detik. Hal ini penting untuk menjaga denyut jantung Anda agar masih berada dalam angka yang efektif untuk membakar kalori.

Latihan kardio untuk menurunkan berat badan ternyata mudah dan dapat Anda lakukan di mana saja. Tertarik untuk mencobanya?

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar