Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatOtot dan SendiCegah Kram Otot dengan Makanan-Makanan Ini
Otot dan Sendi

Cegah Kram Otot dengan Makanan-Makanan Ini

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 23 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kram otot dapat dicegah dengan asupan makanan. Apa saja makanan dan minuman yang mampu mencegah terjadinya kram otot? Simak di sini.

Cegah Kram Otot dengan Makanan-Makanan Ini

Kram otot memang dapat terjadi tanpa diduga, baik pada orang muda maupun lansia. Nyatanya, keluhan ini terjadi pada 70 persen lansia. Lalu, 1 dari 3 orang dewasa mengalami kram otot betis ketika tidur di malam hari.

Kram otot bisa terjadi akibat olahraga berlebihan, melakukan gerakan yang tidak biasa, bernapas terlalu cepat, dehidrasi, dan kondisi medis tertentu. 

Kemudian, kehamilan terutama pada minggu ke-24 hingga 36 juga dapat menyebabkan kram otot betis. Kekurangan sejumlah vitamin pun dapat menyebabkan kram otot.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram otot, salah satunya dengan mengonsumsi asupan tertentu. Ini dia beberapa makanan untuk mencegah kram otot!

1. Greek Yogurt

Salah satu asupan yang bisa mencegah kram otot adalah Greek yogurt. Jenis produk olahan susu ini mengandung sejumlah probiotik, protein, dan kalsium dua kali lipat dibanding yoghurt biasa.

Karena kaya kandungan gizi tersebut, Greek yogurt dapat membantu mengatur kontraksi dan relaksasi otot agar tidak terjadi kram.

2. Pisang

Buah berwarna kuning ini kaya kandungan kalium yang berperan untuk membantu pergerakan otot dan menjaga sel tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Agar efektivitas kalium di dalam pisang bisa diserap tubuh dengan lebih optimal, konsumsilah pisang dalam keadaan segar.

3. Daging 

Menurut American Academy of Neurology, mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya kram otot dan kerusakan fungsi otot maupun saraf.

Salah satu asupan yang terbukti mengandung vitamin B kompleks adalah daging, baik sapi maupun kambing. 

Jadi, jika Anda tak ingin mengalami kram otot, maka tak ada salahnya mengonsumsi daging sapi atau kambing dalam porsi yang disesuaikan.

Artikel lainnya: Sering Kram Kesemutan? Ini Cara Tepat Mengatasinya

4. Kacang-Kacangan

Kacang almond, kacang kedelai, dan kacang tanah adalah contoh-contoh makanan mengandung vitamin E tinggi. Vitamin tersebut berperan dalam mendukung produksi sel darah merah dan sirkulasi darah, sehingga bisa mencegah terjadinya kram otot.

5. Sayuran Hijau

Salah satu kandungan yang ada pada sayuran hijau – seperti bayam dan brokoli – adalah magnesium. Mineral tersebut dapat membantu mengendalikan kinerja otot, baik ketika kontraksi (tegang) maupun relaks (lemas).

Atas alasan itu, mengonsumsi sayuran hijau dengan porsi yang seimbang dapat membantu mencegah kram otot.

6. Ubi

Ubi kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium, mirip dengan pisang. Namun, kandungan kalsium di dalam ubi bisa mencapai enam kali kandungan kalsium pisang. 

Hal ini menjadikan ubi sebagai makanan untuk mencegah kram yang lebih unggul dibanding pisang.

7. Alpukat

Satu buah alpukat dapat mengandung hingga lebih dari 900 mg kalium. Jumlah ini bahkan lebih dari dua kali kandungan kalium dalam ubi atau pisang!

Alpukat juga kaya magnesium yang merupakan elektrolit penting untuk kesehatan kinerja otot.

Artikel lainnya: Kaki Sering Mengalami Kram? Awas Tanda Kurang Gizi

8. Melon

Melon merupakan salah satu makanan untuk mencegah kram yang bernutrisi lengkap. Buah ini mengandung kalium, magnesium, kalsium, sodium, dan air.

Sodium dan air merupakan kunci pencegahan kram otot. Konsumsi melon dapat membantu memenuhi kebutuhan air dan sodium yang hilang bersama keringat saat Anda berolahraga.

9. Ikan Salmon

Salmon sangat kaya akan protein, lemak sehat, dan nutrisi lain yang dapat membantu mencegah kram otot. Contohnya, vitamin B, kalium, magnesium, dan fosfor. 

Selain itu, salmon juga mengandung banyak zat besi yang penting untuk produksi sel darah yang sehat. Sel darah dibutuhkan untuk distribusi oksigen dari darah ke sel dan jaringan tubuh, termasuk otot.

Tak hanya itu, salmon pun kaya vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai keluhan pada otot, seperti nyeri, kaku otot, atau kelemahan otot.

10. Tomat

Tomat sangat kaya akan kalium dan air. Dengan minum satu gelas jus tomat saja, Anda sudah bisa memenuhi hingga 15 persen kebutuhan kalium harian. 

Kandungan air pada tomat juga dapat membantu mencegah timbulnya kram otot akibat kurangnya cairan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda wajib mengonsumsi asupan-asupan di atas bersama menu sehat bergizi lainnya. Jangan lupa juga untuk memerhatikan porsinya agar tidak berlebihan.

Di samping itu, iringi pula konsumsi asupan tersebut dengan gaya hidup sehat. Berolahragalah secara rutin dan teratur, hindari rokok dan alkohol, serta istirahat cukup. Dengan kombinasi ini, risiko kram otot bisa dicegah!

Bila ingin konsultasi ke dokter lebih cepat seputar keluhan kram otot, pakai Live Chat dari KlikDokter.

(FR/JKT)

makananKram Otot

Konsultasi Dokter Terkait