Sukses

Bahaya Menggunakan Gawai Menjelang Tidur

Tahukah Anda bahwa menggunakan gawai mejelang tidur malam bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan? Ini fakta medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Gawai menjadi sesuatu yang rasanya tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Benda berteknologi canggih ini seakan sudah memiliki tempat tersendiri di hati manusia masa kini. Bahkan, tak sedikit orang yang enggan untuk melepaskan genggaman tangan dari gawai meski dirinya hendak tidur. Apakah Anda salah satu orang yang seperti ini?

Jika Anda memang selalu terpaku dengan gawai bahkan hingga menjelang waktu tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Penggunaan gawai yang terlalu sering—apalagi menjelang waktu tidur—dapat mendatangkan segudang dampak buruk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Penurunan kualitas tidur

Berdasarkan sebuah penelitian, melihat gawai menjelang waktu tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Anda akan lebih sulit memejamkan mata, bahkan cenderung tidak nyenyak saat tidur.

Hal tersebut terjadi akibat beberapa mekanisme. Pertama, rangsangan cahaya dari gawai dapat mengganggu irama sirkadian otak yang berpengaruh terhadap rasa kantuk seseorang. Kedua, penggunaan gawai menjelang waktu tidur akan membuat emosi bergejolak sehingga rasa kantuk menjadi lebih sulit dirasakan.

  1. Risiko depresi dan gangguan bipolar

Sebuah penelitian jangka panjang yang melibatkan 1.101 siswa berusia 13–16 tahun mendapatkan hasil bahwa penggunaan gawai menjelang tidur dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental, seperti mood depresi dan penurunan harga diri.

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan adanya hubungan antara penggunaan gawai menjelang tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari.

  1. Kerusakan mata

Penggunaan gawai dalam waktu yang lama berpotensi tinggi mengganggu indra penglihatan Anda. Ini karena pancaran sinar biru dari layar gawai bisa menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi macular. Kondisi tersebut pada akhirnya menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan.

Meski penelitian belum memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari gawai untuk menyebabkan kerusakan pada mata, Anda tetap dianjurkan untuk membatasi penggunaan gawai di malam hari.

Lakukan ini untuk mencegahnya

Tak ingin mengalami gangguan tidur atau masalah kesehatan lain akibat terlalu sering menggunakan gawai? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Tempatkan gawai Anda jauh dari tempat tidur

Hindari meletakkan gawai pada tempat yang mudah digapai. Semakin jauh letak gawai, semakin kecil pula keinginan Anda untuk mengambil dan memainkannya.

  1. Buat jadwal tidur yang teratur

Buatlah jadwal tidur yang tetap dan dilakukan secara teratur. Ini artinya, Anda harus tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Jangan habiskan waktu terlalu lama di tempat tidur.

  1. Alihkan perhatian

Jangan melulu terpaku dengan gawai, apalagi menjelang waktu tidur. Untuk ini, buatlah lingkungan kamar Anda sekondusif mungkin, yang hanya akan Anda gunakan untuk tidur. Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Hindari cahaya yang terlalu terang saat Anda tidur.

Ingatlah bahwa menggunakan gawai tak selamanya mendatangkan manfaat. Apalagi jika Anda sering menggunakannya menjelang tidur. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk membatasi diri Anda dari paparan benda canggih yang satu ini. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar