Sukses

6 Makanan Ini Punya Efek Unik pada Tubuh

Dari asparagus sampai pisang, jenis makanan ini memiliki efek yang unik dan tak terduga pada tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap makanan yang Anda konsumsi akan berdampak langsung pada tubuh. Asupan makanan bergizi akan membangun fisik yang sehat dan energik, dan ini akan memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebaliknya, makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula malah akan membuat tubuh Anda kurang segar, bahkan mengantuk dan sulit konsentrasi.

Di balik itu, ada beberapa makanan yang dapat memberikan efek unik dan tak terduga pada tubuh. Misalnya, membuat urine berwarna merah jambu atau kulit berwarna jingga. Dilansir Reader’s Digest, simak enam makanan tersebut di bawah ini:

  1. Asparagus memicu urine berbau unik

Asparagus cenderung memberikan bau yang unik pada urine Anda saat buang air kecil. Fenomena ini berkaitan dengan asam asparagus, zat kimia yang hanya ditemukan pada asparagus.

Ketika tubuh Anda mencerna sayuran ini, ia memecah asam asparagus menjadi sekelompok senyawa sulfur. Senyawa tersebutlah yang menyebabkan bau urine yang aneh, apalagi mereka lebih poten pada suhu yang hangat.

  1. Bit dan beri membuat urine berwarna merah jambu

Jika Anda melihat warna urine menjadi berbeda setelah menyantap bit atau beri, jangan buru-buru panik. Itu adalah hal yang wajar. Menurut Harvard Medical School, kondisi ini berlangsung sementara dan harus segera melakukan pertolongan medis jika tak kunjung usai.

  1. Wortel bikin kulit berwarna jingga

Karena wortel memiliki kadar beta-karoten tinggi yang mengandung pigmen berwarna jingga, makan terlalu banyak dapat menyebabkan karotenemia. Ini adalah suatu kondisi yang memberikan warna jingga pada kulit.

Menurut peneliti dari University of Arkansas, warna tersebut paling sering terlihat di telapak tangan, telapak kaki, dan garis tawa wajah Anda. Namun tak usah takut, sebab hal ini tak akan terlihat secara signifikan. Anda harus makan sekitar sepuluh wortel per hari selama dua minggu berturut-turut jika ingin melihat perubahan yang signifikan.

  1. Pisang ampuh usir perut kembung

Jika belakangan ini Anda merasa kembung, mungkin tertarik untuk mengonsumsi pisang setiap pagi. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan satu pisang per hari merasa keluhan perut kembungnya membaik. Para ahli menduga itu karena pisang tinggi potasium, kandungan ini membantu menyeimbangkan natrium dan mencegah retensi air.

  1. Almon hingga ikan berlemak mengundang kantuk

Terlalu banyak makan disinyalir sebagai penyebab kantuk di kala beraktivitas. Tapi tahukah Anda, ada beberapa makanan yang mengandung tryptophan – asam amino yang dapat membuat mengantuk – dalam kadar yang signifikan? Contohnya adalah almon, ayam, kacang-kacangan, dan ikan berlemak. Jadi, jika Anda hendak lembur, mungkin bisa mewaspadai makanan-makanan tersebut.

  1. Dark chocolate bisa turunkan stres

Selain lezat, sebuah penelitian menemukan bahwa dark chocolate dapat mengurangi stres dengan menurunkan hormon kortisol. Studi juga menyebutkan bahwa permen meningkatkan mood, memori, dan kekebalan tubuh.

Menarik, ya? Ternyata ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan efek unik pada tubuh. Tapi santai saja, selama apa yang Anda konsumsi sehat, maka hal tersebut tak akan menimbulkan masalah. Yang penting adalah hindari asupan lemak jenuh dan gula berlebih, imbangi dengan olahraga, serta singkirkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar