Sukses

5 Tips Atasi Demam Panggung bagi Atlet Asian Games

Pengelolaan stres yang kurang baik memungkinkan atlet Asian Games mengalami demam panggung saat bertanding. Ini solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Perhelatan akbar Asian Games telah berlangsung selama beberapa hari sejak dibuka pada tanggal 18 Agustus lalu. Bertanding melawan atlet dari berbagai negara tentunya dapat menimbulkan demam panggung. Jika tak segera diatasi, hal ini dapat mengganggu konsentrasi saat bertanding untuk meraih prestasi.

Atlet profesional yang telah berkali-kali mencicipi berbagai turnamen di penjuru Indonesia dan dunia tentunya masih bisa merasakan demam panggung, karena hal tersebut adalah manusiawi. Meskipun sudah berlatih sekeras mungkin, apabila pada saat bertanding atlet mengalami demam panggung, hasil yang dicapai bisa jadi kurang maksimal.

Yang terpenting adalah, bagaimana cara atlet tersebut mengatasi demam panggung agar dapat mencapai hasil yang maksimal di Asian Games tahun ini.

Tips bebas demam panggung bagi para atlet

Para atlet menenangkan diri sebelum bertanding bisa dengan berbagai cara. Berbagai langkah di bawah ini juga bisa Anda terapkan saat mengalami demam panggung di momen penting seperti presentasi di depan orang banyak, tampil dalam drama, berpidato, menyanyi di panggung, atau momen penting lainnya.

  1. Ciptakan ritual sebelum bertanding

Untuk menenangkan diri sebelum bertanding atau menghadapi suatu peristiwa yang dapat membuat jantung berdebar atau berkeringat dingin. Lakukanlah sesuatu untuk menenangkan diri, misalnya dengan berdoa, bermeditasi, memeluk orang terkasih, atau pamit dan mohon doa restu kepada orang tua.

Apapun itu, pastikan yang Anda lakukan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan ketenangan batin, sehingga Anda dapat bertanding dengan baik.

  1. Atur pernapasan

Mengatur pernapasan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan ketegangan. Anda dapat melatih teknik pernapasan melalui meditasi, yoga, pilates, ataupun berenang.

  1. Persiapkan skenario

Sedia payung sebelum hujan adalah pepatah yang tepat untuk hal ini. Sebelum bertanding atau melakukan suatu hal yang menegangkan, Anda dapat mempersiapkan diri, salah satunya dengan merencanakan kemungkinan skenario terburuk yang dapat terjadi.

Hal inilah yang dilakukan oleh Michael Phelps, perenang Amerika yang sudah banyak sekali meraih medali di berbagai kejuaraan.

Jadi, cobalah untuk memikirkan langkah apa yang akan diambil apabila baju Anda robek atau Anda terjatuh di atas panggung. Mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini dan merencanakan antisipasi untuk berbagai kemungkinan diharapkan bisa membuat Anda lebih percaya diri.

  1. Persiapkan diri 120 persen

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi demam panggung adalah dengan mempersiapkan diri Anda sebaik mungkin. Bukan 100 persen, melainkan lebih dari itu.

Karena jika Anda hanya mempersiapkan diri 100 persen, biasanya saat akan bertanding, level tersebut bisa turun menjadi 80 atau 90 persen. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda semaksimal mungkin.

  1. Menguap

Percaya atau tidak, hal ini memang mujarab dan telah diterapkan oleh atlet Apolo Ohno. Dengan menguap, aliran oksigen yang menuju otak akan lebih banyak, dan setelah itu, Anda akan merasa lebih rileks, sehingga kadar demam panggung pun menurun. Apabila tenang dan tidak gugup, Anda pasti dapat berlaga dengan sukses.

Berlaga di pertandingan kelas dunia seperti Asian Games tentunya cukup berisiko membuat para atlet mengalami demam panggung. Untuk menghindarinya, berbagai kiat di atas bisa diaplikasikan. Dengan demikian, mental para atlet lebih siap untuk berhadapan dengan lawan dari negara lain. Ayo terus dukung atlet Indonesia!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar