Sukses

Kulit Wanita Indonesia, Lebih Perlu Pelembap atau Tabir Surya?

Pelembap dan tabir surya berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Manakah yang lebih sesuai untuk kulit wanita Indonesia?

Klikdokter.com, Jakarta Kecantikan wanita bisa dinilai dari kesehatan kulitnya. Perawatan kulit yang baik dan benar diperlukan untuk menjaga penampilan. Terkadang, Anda mungkin bingung antara menggunakan pelembap atau tabir surya. Penggunaan keduanya sebaiknya disesuaikan dengan iklim tempat Anda tinggal.

Indonesia termasuk negara tropis, sehingga paparan sinar matahari ke kulit Anda akan cukup banyak.  Oleh sebab itu, penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari saat berkegiatan di luar ruangan.

Pelembap dan tabir surya

Pelembap dan tabir surya memiliki fungsi yang berbeda. Kulit membutuhkan pelembap untuk menghindari kekeringan dan keriput. Bahkan, kulit yang berminyak pun tetap membutuhkan pelembap untuk menyeimbangkan produksi minyak.

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan tipe kulit Anda, apakah normal, kering, berminyak atau kombinasi. Gunakanlah pelembap setelah mencuci bersih kulit Anda. Sebab, penggunaan pelembap ketika kulit masih kotor dapat memicu timbulnya komedo atau jerawat. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah pelembap yang bebas minyak (oil-free) dan tidak bersifat komedogenik.

Berbeda dengan pelembap, tabir surya memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Kandungan sinar ultraviolet di dalamnya dapat menimbulkan kerusakan kulit. Ketika sinar UV diserap oleh kulit, akan terbentuk zat reactive oxygen species (ROS) yang berbahaya.

Zat tersebut dapat merusak kulit dan menimbulkan berbagai keluhan seperti kulit kering, warna kulit tidak merata, timbul bercak coklat, kulit kusam, kendur dan keriput. Selain dapat melindungi kulit, tabir surya juga berfungsi untuk mengurangi risiko kanker kulit.

1 dari 2 halaman

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Terdapat berbagai cara melindungi kulit dari sinar matahari. Berikut ini adalah hal sederhana yang bisa Anda terapkan sehari-hari, namun memberikan dampak yang signifikan.

1. Hindari berjemur lama di sinar matahari yang terik

Anda dapat menggunakan topi, kacamata, baju lengan panjang atau payung ketika beraktivitas di luar rumah.

2. Gunakan tabir surya sebagai pelindung dari sinar matahari

Gunakan tabir surya 30 menit sebelum keluar dari rumah. Pastikan tabir surya yang Anda gunakan minimal mengandung SPF 30. Penggunaan tabir surya juga perlu diulangi setiap tiga atau empat jam sesuai dengan lamanya Anda terpapar sinar matahari.

Jadi, mana yang lebih diperlukan?

Pada dasarnya, baik pelembap maupun tabir surya sama-sama penting, terlebih lagi untuk wanita Indonesia. Namun, keduanya perlu diaplikasikan dengan benar agar memberikan hasil yang maksimal. Berikut adalah langkah perawatan kulit yang bisa Anda sontek:

  1. Mandi dan mencuci wajah dengan sabun sesuai dengan tipe kulit.
  2. Keringkan dengan pasti setiap bagian kulit tubuh usai mandi atau membasuh wajah.
  3. Gunakan pelembap wajah dan tubuh sesuai dengan jenis kulit Anda.
  4. Tunggu sebentar hingga pelembap benar-benar meresap pada kulit.
  5. Gunakan tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 pada wajah dan tubuh sesuai dengan jenis kulit Anda sebagai akhir dari perawatan kulit.

Hindari penggunaan produk tabir surya terlalu cepat tanpa menunggu pelembap terserap oleh kulit, sebab konsentrasi tabir surya akan berkurang dan perlindungan terhadap matahari menjadi tidak maksimal.

Saat ini juga terdapat produk tabir surya yang sudah mengandung pelembap. Untuk produk seperti ini Anda boleh hanya menggunakannya tanpa pelembap. Namun, jika kulit Anda terasa sangat kering, sebaiknya tetap gunakan pelembap terlebih dahulu baru menutupnya dengan tabir surya.

Pelembap dan tabir surya ternyata sama-sama penting untuk merawat kesehatan kulit, terutama untuk wanita Indonesia. Jadi, biasakan Anda menggunakan keduanya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Dengan perawatan kulit yang baik, selain terbebas dari kanker kulit, Anda akan terlihat lebih segar.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar