Sukses

Benda-Benda Ini Paling Banyak Dihuni Kuman di Kantor

Menurut studi, ada benda-benda yang paling banyak dihinggapi kuman di kantor, sekaligus sering sekali disentuh manusia. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Kuman penyebab penyakit sebetulnya tersebar di mana-mana. Di rumah, ruang publik, di transportasi umum, termasuk di kantor. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona, Amerika Serikat, ada satu benda yang tak diduga-duga mengandung paling banyak kuman di kantor.

Nyatanya, penularan penyakit di kantor bukan hanya dari teman sekantor yang masuk kerja saat flu atau sedang terkena penyakit menular lainnya, bukan juga dari lantai kotor yang belum dipel, tapi ternyata dari meja kerja! Kok bisa?

Studi ini menemukan bahwa meja kantor mengandung kuman 400 kali lebih banyak dibandingkan kursi toilet. Ini artinya karyawan kantor bisa terancam sakit akibat meja kerja yang kotor.

Penelitian ini juga menemukan bahwa manusia adalah sumber bakteri yang paling umum. Dibandingkan dengan wanita, pria dikelilingi bakteri yang jumlahnya lebih banyak, yang terdapat di sekitar meja kerja, telepon, komputer beserta keyboard-nya, laci, dan barang-barang pribadi. Kemungkinannya adalah biasanya pria memiliki meja yang lebih besar, yang artinya semakin besar tempat untuk kuman bersarang, serta standar kebersihan yang lebih rendah ketimbang wanita.

Selain keyboard komputer dan mouse, peneliti menemukan bahwa smartphone “mengantongi” bakteri 10 kali lebih banyak dibanding bakteri pada dudukan toilet. Meski demikian, penelitian lain dari Jerman menemukan bahwa ponsel layar sentuh dikatakan memiliki jumlah bakteri lebih sedikit, yang tipikalnya adalah bakteri kulit, hidung, dan beberapa spesies saluran pencernaan.

1 dari 3 halaman

Awas, ada kuman di kertas dan mug kopi

Meski sekarang pekerjaan administrasi telah perlahan diambil alih secara digital, tapi tetap saja pekerja kantor masih bersentuhan dengan kertas, misalnya saat menulis catatan kecil, meninggalkan pesan di meja rekan kerja, atau membaca buku atau surat kabar saat istirahat makan siang.

Kertas dan buku dari perpustakaan memang bukan sumber umum kontaminasi, tapi di Inggris hal ini dianggap penting. Pembaca buku yang sedang sakit harus menginformasikan kondisinya ke petugas perpustakaan. Dengan demikian, petugas perpustakaan nantinya bisa mengambil langkah seperti menyemprotkan desinfektan atau menghancurkan buku tersebut. Aksi ini bukan tanpa asalan, melainkan akibat kebiasaan orang-orang yang menggunakan kulit yang mengelupas akibat scarlet fever sebagai pembatas buku (!!!).

Sama mengejutkannya, Public Health Inggris (bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat) mengatakan bahwa mug kopi harus dibersihkan dengan benar untuk mencegah penularan bakteri. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa 90 persen mug kopi di dapur kantor (pantry) dipenuhi kuman, dan 20 persennya mengandung material feses. Satu lagi alasan untuk Anda membawa (dan mencuci sendiri) mug Anda di kantor.

Meski ada bukti bahwa kantor dihuni bakteri yang bisa membahayakan kesehatan, tapi jangan terlalu khawatir. Hal yang terpenting adalah menjaga kebersihan diri dan kebersihan meja kerja dan barang-barang yang ada di atasnya. Selain itu, lindungi juga daya tahan tubuh dari apa yang Anda makan.

2 dari 3 halaman

Jaga daya tahan tubuh untuk menghadapi kuman di kantor

Dipaparkan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat mendongkrak imunitas tubuh Anda dalam menangkal kuman penyakit.

  1. Teh hijau

“Teh hijau mengandung antioksidan polifenol sehingga baik untuk meningkatkan imunitas. Sebuah studi juga menemukan bahwa katekin, senyawa dari polifenol, dapat mematikan virus penyebab influenza,” dr. Sara menjelaskan.

  1. Brokoli

Brokoli kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E. Ada juga kandungan antioksidan dan serat. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya brokoli hanya dimasak sebentar agar kandungan gizinya tidak hilang.

  1. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik, bakteri yang baik untuk tubuh. Selain menjaga sistem imunitas, konsumsi yoghurt secara berkala dapat memperlancar sistem pencernaan. “Pilihlah yoghurt plain daripada yang diberi pemanis. Jika tidak menyukai rasa asam pada yoghurt, Anda dapat menambahkan rasa buah-buahan sehingga lebih manis dan menyehatkan,” saran dari dr. Sara.

  1. Bawang putih

Menurut dr. Sara, bawang putih dapat membantu Anda melawan infeksi, berkat komponennya yang bernama alisin.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. “Satu buah pepaya mengandung lebih dari dua kali lipat kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, pepaya memiliki enzim pencernaan yang bernama papain, yang memiliki sifat antiradang,” kata dr. Sara.

Nah, untuk mencegah merebaknya kuman penyebab penyakit di kantor, lakukan sejumlah tindakan pencegahan. Jagalah kebersihan diri dan kebersihan meja kerja serta benda-benda di atasnya. Jaga pula kebersihan lingkungan kantor secara umum. Selain itu, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tak mudah sakit. Selain itu, jangan sepelekan manfaat olahraga secara rutin dan kebiasaan mencuci tangan, ya!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar