Sukses

Waspada, Ini Penyebab Kram Otot yang Sering Terjadi

Kram otot merupakan masalah yang sering terjadi. Apa yang menyebabkan terjadinya kram otot? Simak berbagai penyebab kram otot di sini.

Kram otot merupakan salah satu efek samping berolahraga yang umum terjadi. Dalam kondisi ini, kontraksi otot datang tiba-tiba dan tidak disengaja. Kram otot dapat terjadi di seluruh tubuh, namun banyak menyerang daerah otot-otot kaki. 

Kram otot juga terkadang muncul saat beristirahat di malam hari. Kondisi tersebut akan membuat seseorang merasakan sakit luar biasa dan sulit bergerak.

Apa saja penyebab kram otot? Berikut beberapa di antaranya:

Artikel Lainnya: Anda Sering Kram Otot saat Tidur? Kenali Penyebabnya!

1 dari 8 halaman

1. Penggunaan Otot Berlebih

Terkadang kram otot dapat terjadi akibat otot yang mengalami kontraksi terus-menerus. Biasanya hal ini diakibatkan otot menetap pada satu posisi dalam jangka waktu cukup panjang atau karena pergerakan berlebih. 

Kram otot seperti ini sering terjadi saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

2 dari 8 halaman

2. Dehidrasi

Kejang otot pada umumnya juga terjadi akibat dehidrasi atau kurangnya jumlah cairan di dalam tubuh. 

Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan kadar mineral tubuh, seperti kalsium, kalium, natrium, dan magnesium, yang merupakan elemen-elemen penting untuk fungsi otot normal.

3 dari 8 halaman

3. Kurangnya Suplai Darah

Apabila pasokan darah ke bagian tubuh tertentu berkurang, misalnya pada tungkai atau kaki, kemungkinan terjadinya kram otot pada bagian tersebut menjadi lebih tinggi. 

Hal tersebut terutama dapat menjadi penyebab otot kram pada orang yang sedang berolahraga, berjalan, atau beraktivitas fisik.

Artikel Lainnya: Otot Kerja Berlebihan, Berbagai Kegiatan Ini Bisa Picu Kram!

4 dari 8 halaman

4. Kondisi Medis Tertentu

Apa yang menyebabkan terjadinya kram otot selain aktivitas fisik? Pada sebagian kasus, kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan kram pada otot. 

Beberapa penyakit penyebab otot kram antara lain kompresi saraf tulang belakang, hipotiroidisme (penurunan fungsi kelenjar tiroid), dan penyakit ginjal kronis.

5 dari 8 halaman

5. Kurang Pemanasan Sebelum Berolahraga

Kram otot bisa muncul akibat pemanasan yang kurang saat berolahraga. Olahraga akan membuat otot-otot bekerja lebih berat, sehingga membutuhkan pemanasan lebih dahulu dengan stretching.

6 dari 8 halaman

6. Penekanan Saraf

Penekanan pada saraf di punggung (lumbar stenosis) juga dapat menyebabkan nyeri pada kaki. Nyeri biasanya akan semakin berat seiring semakin lamanya Anda berjalan. 

Artikel Lainnya: Kaki Sering Kram, Bisa Jadi Pertanda Kurang Gizi

7 dari 8 halaman

7. Ketidakseimbangan Mineral

Penyebab kram otot bukan hanya masalah fisik, tetapi juga bisa disebabkan oleh rendahnya kadar beberapa jenis mineral di dalam tubuh. 

Kalium, kalsium, dan magnesium adalah tiga jenis mineral yang penting untuk kontraksi otot. Menurunnya kadar mineral tersebut dapat menyebabkan kram otot.

Lalu, apa yang perlu dilakukan bila tiba-tiba mengalami kram pada otot? Pertama, Anda dapat mengompres dingin bagian tubuh yang nyeri untuk membantu meredakannya. Peregangan otot atau stretching juga dapat membantu meredakan rasa nyeri. 

Apabila nyeri belum kunjung berkurang, konsultasi dengan dokter guna mendapatkan pengobatan antinyeri. Evaluasi lebih lanjut juga diperlukan untuk menentukan penyebab kram otot dan penanganannya.

Dengan mengenali berbagai macam kemungkinan penyebab otot kram, diharapkan Anda melakukan pencegahan dan memenuhi nutrisi dengan baik.

Konsultasi kepada dokter seputar kram otot lebih cepat via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar