Sukses

Kenali Kram Otot, Cedera yang Dialami Anthony Ginting

Atlet bulu tangkis Indonesia, Anthony Ginting, mengalami kram otot saat bertanding di ajang Asian Games 2018. Yuk, kita kenali kram otot lebih lanjut.

Klikdokter.com, Jakarta Pertandingan bulu tangkis Asian Games 2018 antara Indonesia dan Tiongkok berlangsung pada hari Rabu (22/08/2018) kemarin. Namun, sesaat sebelum pertandingan berakhir, atlet Indonesia Anthony Ginting harus berhenti karena mengalami kram otot yang menyebabkan rasa nyeri pada tungkainya. Apakah yang dimaksud dengan kram otot dan bagaimana cara mencegahnya timbul?

Kram otot adalah timbulnya kontraksi otot yang tiba-tiba dan involunter pada satu atau lebih otot tubuh. Hampir setiap orang pernah mengalami kram otot setidaknya satu kali, dan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh kondisi ini dapat sangat berat.

Walaupun dapat diatasi dengan penanganan, kram otot dapat membuat seseorang mengalami kesulitan sementara untuk menggerakkan otot yang terlibat. Kram otot paling sering dialami pada otot tungkai, di mana gejala utama yang timbul adalah rasa nyeri yang tajam dan berat. Selain itu, seseorang yang mengalami kram otot juga dapat meraba adanya gumpalan jaringan otot yang teraba keras di bawah kulit.

Terjadinya kram otot sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari kurangnya pasokan darah ke bagian tubuh tertentu, kurangnya jumlah cairan yang terdapat pada tubuh, rendahnya kadar mineral seperti kalsium dan kalium pada tubuh, serta kompresi pada saraf tulang belakang.

Selain itu, kram otot juga dapat timbul apabila otot berkontraksi terlalu lama. Misalnya, saat seseorang mempertahankan posisi yang sama dalam jangka waktu yang panjang atau menjalani aktivitas fisik berat terus-menerus tanpa istirahat.

Lalu, apa saja pertolongan pertama yang perlu dilakukan oleh seseorang yang mengalami kram otot? Secara umum, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan rasa nyeri yang timbul akibat kram otot.

Hal yang pertama adalah peregangan, atau stretching, diikuti oleh pemijatan halus guna membantu otot tersebut untuk relaksasi. Selain itu, salah satu hal lainnya yang juga dapat dilakukan adalah menggunakan kompres dengan air hangat atau air dingin pada bagian tubuh yang terlibat. Hal ini juga mampu membantu untuk meredakan nyeri yang dirasakan.

Selain mengatasi kram otot, seseorang juga dapat menghindari terjadinya kram otot dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Salah satu hal yang dapat diterapkan adalah menjaga status hidrasi tubuh agar selalu stabil dengan mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Selain itu, pada orang yang tinggal di lokasi dengan udara panas atau hendak melakukan aktivitas fisik yang berat, juga disarankan untuk mengonsumsi air sesuai kebutuhan. Dengan memastikan bahwa tubuh terhindar dari dehidrasi, risiko terjadinya kram otot akan lebih rendah. Disarankan juga untuk melakukan stretching sebelum memulai aktivitas olahraga, guna menghindari kemungkinan terjadinya kram otot. 

Kram otot, seperti yang dialami oleh atlet bulu tangkis Anthony Ginting pada saat bertanding di Asian Games 2018, merupakan kondisi di mana terjadi kontraksi pada otot bagian tubuh tertentu yang timbul secara mendadak dan involunter. Hal ini tentu dapat menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas. Semoga Anthony segera pulih.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar