HomeIbu Dan anakKehamilanRaisa Hamil, Ini yang Perlu Diperhatikan di Trimester Pertama
Kehamilan

Raisa Hamil, Ini yang Perlu Diperhatikan di Trimester Pertama

Krisna Octavianus Dwiputra, 23 Agu 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penyanyi Raisa mengumumkan kehamilannya lewat video. Ini yang perlu diperhatikan pada trimester pertama kehamilan.

Raisa Hamil, Ini yang Perlu Diperhatikan di Trimester Pertama

Setelah hampir setahun menikah dengan Hamish Daud, Raisa Andriana mengumumkan kabar menggembirakan mengenai kehamilannya. Meski masih baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasuki kehamilan trimester pertama.

Pada Senin (20/8), penyanyi pelantun "Kali Kedua" itu mengumumkan kehamilannya lewat akun Youtube pribadi miliknya. Dalam video itu tampak Raisa memberikan hasil testpack-nya kepada Hamish, yang lalu disambut pelukan dari suaminya itu.

Dikatakan dr. Grace Valentine dari KlikDokter, pada trimester pertama kehamilan, tubuh wanita akan mengalami beberapa perubahan. Salah satu gejala yang dialami adalah mual-muntah atau yang biasa disebut morning sickness.

Lalu, wanita hamil trimester pertama akan merasa cepat lelah, hingga merasa terus-menerus mengantuk. Hal itu terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan hormon saat hamil.

Yang perlu diperhatikan pada trimester pertama

Kondisi seperti itu lazim terjadi pada ibu hamil trimester pertama. Namun, ada baiknya ibu hamil melakukan beberapa hal  di bawah ini agar kualitas kehamilan bisa terjaga.  Menurut dr. Grace ada 5 hal yang harus diperhatikan wanita hamil yang baru memasuki trimester pertama.

  1. Pemeriksaan antenatal

Menurut dr. Grace, pemeriksaan ini dapat memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan, khususnya saat memasuki trimester pertama. Pemeriksaan antenatal idealnya ditujukan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan dan mendeteksi dini gangguan yang mungkin terjadi saat hamil.

Saat melakukan pemeriksaan antenatal, tenaga medis akan memberikan gambaran mengenai apa yang terjadi selama hamil, pola makan, gaya hidup yang wajib diterapkan, dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan.

  1. Asupan nutrisi seimbang

Trimester pertama memegang peranan penting dalam pertumbuhan janin dalam kandungan. Pasalnya, pada trimester ini, pembentukan semua organ janin sedang terjadi. Oleh sebab itu, ibu hamil wajib mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Adapun asupan yang perlu ditingkatkan pada trimester pertama, yaitu asam folat (untuk mencegah kelainan otak dan tulang belakang), vitamin D, kalsium, dan asam lemak omega-3. Tetapi ingat untuk membatasi konsumsinya, agar tidak berlebihan.

  1. Hindari beberapa makanan

Ada makanan yang hatus dihindari sejak trimester pertama sampai trimester ketiga. Beberapa di antaranya adalah:

  • Makanan mentah atau setengah matang, baik daging, telur, atau ikan
  • Ikan laut yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti hiu, swordfish, marlin dan kerang-kerangan
  • Produk susu mentah atau segar (tidak terpasteurisasi)
  • Alkohol
  • Makanan dan minuman tinggi gula, tinggi lemak dan tinggi garam, seperti fastfood, makanan atau minuman kaleng, soda, dan sirup.
  • Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan tuna. Jika ingin mengonsumsinya, batasi hanya sebanyak dua kali seminggu.
  • Kafein pada batas tertentu. Konsumsi kafein yang masih diizinkan adalah 200 miligram per hari.

Selanjutnya

  1. Ada tanda bahaya kehamilan yang harus diketahui

Ibu hamil baiknya mengetahui tanda bahaya selama kehamilan trimester pertama. Bila mengalaminya, Anda harus segera menemui dokter atau bidan. Pada trimester pertama kehamilan, terdapat dua tanda bahaya, yaitu kram atau nyeri perut bawah yang tidak membaik dengan istirahat dan malah semakin kuat. Tanda bahaya selanjutnya adalah keluarnya flek atau darah dari kemaluan.

  1. Komunikasi dengan suami dan keluarga terdekat

Grace menyebut kehamilan merupakan salah satu fase transisi besar dalam hidup. Keadaan ini akan mengubah hidup seorang wanita dan pasangan, baik secara fisik maupun emosional.

Dengan segala perubahan yang ada, Anda tentu perlu beradaptasi. Maka dari itu, dukungan secara fisik maupun emosional dari pasangan dan anggota keluarga terdekat selama kehamilan adalah hal yang sangat penting, terutama suami.

Manfaat dari dukungan-dukungan tersebut, yaitu:

  • Membantu calon ibu mengambil keputusan selama kehamilan.
  • Memberikan semangat, dukungan, dan menenangkan perasaan.
  • Membantu memenuhi segala kebutuhan atau keinginan calon ibu.
  • Lebih termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Trimester pertama adalah fase penting dalam kehamilan. Setelah mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada "babak awal" kehamilan ini, janin Anda diharapkan bisa terus sehat sampai waktunya melahirkan. Selamat untuk Raisa dan Hamish Daud.

[RVS]

KehamilanJaninHamish DaudRaisaTrimester PertamaHamil

Konsultasi Dokter Terkait