Sukses

Tips Makan Malam Sehat untuk Atlet Asian Games

Atlet Asian Games wajib memperhatikan asupan yang dikonsumsi, agar tubuh selalu bugar dan tampil fit setiap berlaga di arena.

Klikdokter.com, Jakarta Para atlet harus selalu mengonsumsi makanan yang sehat, agar kondisi tubuhnya terus terjaga dengan baik selama gelaran Asian Games 2018. Mereka wajib memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, tidak terkecuali saat makan malam.

Seperti diketahui, baik atlet atau siapa pun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makan malam secara sembarangan. Mereka harus benar-benar memperhatikan asupan yang dipilih, agar kondisi tubuh bisa terus bugar untuk menghadapi pertandingan di hari selanjutnya.

Makan malam yang tepat

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi KlikDokter, sebenarnya tidak ada pola makan malam khusus untuk atlet yang berlaga di Asian Games.

“Kuncinya adalah mengonsumsi makanan dengan porsi dan menu yang seimbang,” kata dr. Jesslyn.

Para atlet, tambah dr. Jesslyn, juga perlu mengonsumsi makanan yang membuat diri dan perut mereka terasa nyaman.

“Seperti atlet luar negeri, mereka biasanya akan mengonsumsi makanan asal negara masing-masing agar perutnya bisa menerima dengan baik karena sudah terbiasa,” lengkapnya.

Lebih lanjut, dr. Jesslyn mengatakan bahwa pola makan malam yang biasanya diterapkan oleh para atlet adalah sebagai berikut:

● Carbo loading

Untuk atlet cabang olahraga endurance atau yang mengedepankan ketahanan tubuh, carbo loading biasanya menjadi pola makan yang dilakukan saat malam sebelum bertanding.

Carbo loading maksudnya mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak pada satu atau dua hari sebelum bertanding. Tindakan itu bertujuan untuk memberikan sel-sel otot asupan glikogen, yang nantinya akan diubah menjadi sumber energi.

“Para atlet juga biasanya mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti kentang. Karbohidrat kompleks yang sulit dicerna bisa menjadi pasokan energi untuk durasi yang lebih panjang,” katanya.

● Menghindari gorengan

Baik atlet maupun bukan, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi segala yang berbau gorengan di malam hari. Karena makanan yang seperti ini bisa mencetuskan masalah pada lambung, sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman saat tidur.

● Minum air putih lebih banyak

Air putih menjadi asupan yang sangat penting untuk selalu dikonsumsi sedikit lebih banyak, tepatnya satu atau dua malam sebelum pertandingan. Hal ini khususnya berlaku untuk atlet yang berasal dari negara dengan iklim cuaca yang dingin.

Pasalnya, Indonesia adalah negara tropis dengan iklim yang cenderung panas. Jadi, dengan mengonsumsi air putih sedikit lebih banyak, dehidrasi tak mungkin terjadi.

● Protein

Makanan kaya protein bisa membawa segudang manfaat baik bagi orang-orang yang melakukan olahraga high-impact, seperti angkat besi. Telur, ikan, ayam, keju, tahu, tempe, dan makanan berprotein lainnya dapat membantu meregenerasi otot-otot yang “rusak” akibat latihan atau cedera.

Selain berlatih dan mempersiapkan kondisi fisik, para atlet Asian Games juga perlu memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Jika semua hal tersebut dilakukan dengan baik dan benar, bukan tak mungkin kesempatan untuk menang akan meningkat berkali-kali lipat.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar