Sukses

Minuman Isotonik Efektif untuk Dehidrasi Saat Nonton Asian Games?

Kondisi dehidrasi bisa menyerang siapa pun, termasuk saat Anda nonton langsung pertandingan Asian Games. Minuman isotonik bisa jadi solusi?

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini masyarakat di sekitar Jakarta dan Palembang ramai-ramai menyaksikan perhelatan Asian Games 2018. Tapi, waspadalah terhadap serangan dehidrasi yang bisa menyerang kapan saja saat menyaksikan berbagai pertandingan dari berbagai cabang olahraga. Jika mengalami dehidrasi, bisakah minuman isotonik menghilangkan cairan tubuh dengan cepat?

Dehidrasi bisa menyerang penonton Asian Games, terutama penonton yang menyaksikan pertandingan yang diadakan di luar ruangan, misalnya cabang olahraga voli pantai, sepak bola, dayung, jet ski, dan lain sebagainya. Apalagi jika mereka yang menyaksikan pertandingan itu pada siang hari. Cuaca panas bisa membuat produksi keringat sangat banyak.

Kekurangan cairan akibat berkeringat terlalu banyak akan sangat berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, tubuh manusia 60 persennya terdiri dari air. Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam jumlah yang cukup banyak, kondisi ini akan memengaruhi fungsi sel-sel tubuh.

Pada tingkat dehidrasi parah atau tinggi, hal ini bisa menyebabkan hilangnya kesadaran. Maka dari itu, penting untuk Anda membawa minuman di tas Anda saat menyaksikan pertandingan Asian Games.

Kenali jenis dehidrasi

Lantas, apakah minuman isotonik baik untuk penonton yang mengalami dehidrasi? Sebelum membahas itu lebih lanjut, ada baiknya Anda semua mengetahui beberapa jenis dehidrasi yang bisa terjadi pada tubuh Anda. Berikut tiga jenis dehidrasi yang dipaparkan dr. Theresia Rina Yunita dari Klikdokter:

● Dehidrasi Isotonik

Dehidrasi isotonik merupakan dehidrasi yang menyebabkan sejumlah cairan dan sodium tubuh hilang dalam jumlah yang seimbang. Jika mengalami dehidrasi jenis ini, kadar sodium dalam cairan tubuh tidak terlalu pekat atau tidak terlalu encer.

Dehidrasi tipe ini merupakan dehidrasi yang paling sering terjadi dalam tubuh manusia. Biasanya diakibatkan karena produksi keringat yang berlebih, muntah terus-menerus, diare, dan pendarahan.

● Dehidrasi Hipertonik

Dehidrasi ini terjadi ketika pengeluaran air lebih banyak dibandingkan kehilangan sodium dalam tubuh. Akibatnya, kepekatan atau konsentrasi sodium dalam tubuh meningkat.

Dehidrasi hipertonik ini paling sering terjadi pada anak, terutama bayi yang mengalami diare. Jadi, hati-hati jika membawa bayi Anda menonton Asian Games saat cuaca cukup panas.

● Dehidrasi Hipotonik

Dehidrasi ini terjadi karena kondisi tubuh terlalu banyak sodium yang dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, konsentrasi sodium dalam tubuh lebih rendah dari normal. Kondisi ini bisa berujung pada edema otak yang sangat berbahaya.

Dehidrasi jenis ini banyak terjadi pada masalah pencernaan, heatstroke, luka bakar, malnutrisi, dan beberapa kasus muntah serta diare.

Anjuran mengonsumsi minuman isotonik

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, dalam minuman isotonik terkandung tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh. Hal ini membuat pertukaran elektrolit maupun senyawa lainnya menjadi mudah. Cairan dan elektrolit inilah yang membuat Anda terhindar dari dehidrasi.

Minuman isotonik juga mengandung mineral yang cukup untuk menunjang aktivitas Anda kala menonton secara langsung pertandingan di Asian Games. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya dalam jangka waktu panjang apalagi secara berlebih. Sebab minuman ini termasuk kelompok minuman bercita rasa, dan mengandung gula.

Minuman isotonik memang bermanfaat bagi tubuh, khususnya jika akan melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan keringat berlebih sehingga rentan dehidrasi. Meski begitu, minuman ini tetap harus dikonsumsi sesuai dengan porsinya. Namun ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi manfaat baik bagi kesehatan.

Kini, Anda bisa bernapas lega, karena ada langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kondisi dehidrasi saat menonton langsung Asian Games. Minuman isotonik bisa menjadi salah satu minuman andalan Anda untuk mengatasi dehidrasi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar