Sukses

Benarkah Minum Susu Unta Lebih Sehat?

Susu unta diduga dapat memberikan manfaat yang lebih baik daripada susu sapi atau kambing. Benarkah demikian?

Selain susu sapi dan susu kambing, masih ada lagi jenis susu yang tak kalah populer, yaitu susu unta. Susu unta lebih umum dikonsumsi di Timur Tengah, Afrika, dan sebagian Asia. 

Tahukah Anda, manfaat susu unta disebut-sebut tidak kalah dari jenis susu lainnya? 

Kandungan susu unta cukup spesial, karena gula dan kolesterolnya yang tergolong lebih rendah. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga bermacam-macam. 

Agar lebih jelas, berikut adalah daftar manfaat susu unta yang perlu Anda ketahui: 

1 dari 9 halaman

1. Mencegah Diabetes

Susu unta memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Untuk itu, susu unta adalah pilihan yang baik bagi penderita diabetes maupun orang sehat. 

Diketahui bahwa susu unta dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus membantu menurunkan resistensi insulin. Namun, hal ini perlu penelitian yang lebih lanjut.

2 dari 9 halaman

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu unta menyimpan sejumlah protein dan senyawa lain yang penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah kandungan vitamin C, laktoferin, dan imunoglobulin. 

Maka, susu unta mungkin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan hal ini penting untuk membuat tubuh terhindar dari penyakit infeksi. 

Artikel lainnya: Susu Murni vs Susu UHT, Mana Lebih Baik untuk Anak?

3 dari 9 halaman

3. Merangsang Pertumbuhan Berbagai Organ dan Tulang

Kandungan protein hewani dan kalsium yang tinggi pada susu unta dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan tulang serta organ tubuh lainnya. 

Manfaat susu unta yang satu ini membuatnya baik untuk diberikan pada anak-anak.

4 dari 9 halaman

4. Menghalau Anemia

Zat besi adalah komponen penting dari sel darah merah. Bila Anda kekurangan zat besi, yang akan terjadi adalah kurang darah alias anemia

Nah, berkat kandungan zat besi yang tinggi, susu unta dapat menjadi salah satu trik mencegah anemia.

5 dari 9 halaman

5. Mencegah Alergi Susu

Apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi dan produk turunannya, Anda tidak perlu khawatir saat mengonsumsi susu unta. 

Sebab, susu unta tidak mengandung jenis protein beta-laktoglobulin yang sering mencetuskan alergi seperti susu sapi dan produk turunannya.

6 dari 9 halaman

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat konsumsi susu unta adalah dapat menjaga jantung Anda tetap sehat. 

Susu unta mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding susu sapi. Selain itu, susu unta diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh yang lebih banyak. 

Lemak tidak jenuh baik untuk mencegah penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner.

Artikel lainnya: Manfaat Minum Susu Saat Remaja

7 dari 9 halaman

7. Mengatasi Diare

Khasiat susu unta untuk mengatasi diare telah dibuktikan lewat studi, dan hal ini kemungkinan berkat kandungan sejenis antibodi dalam susu unta. Senyawa tersebut membantu menghentikan diare.

Selain itu, mengingat susu unta tidak mengandung laktosa, maka risiko intoleransi laktosa pasca meminum susu akan menjadi lebih rendah. 

Intoleransi laktosa adalah kondisi terjadinya keluhan seperti mual, kembung, mencret dan nyeri perut setelah mengonsumsi susu. 

Intoleransi laktosa umumnya terjadi karena adanya kekurangan enzim laktase di usus. Nah, susu unta tidak mengandung laktosa seperti susu lainnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan risiko intoleransi laktosa yang sering terjadi setelah mengonsumsi susu.

8 dari 9 halaman

8. Mencegah Radikal Bebas dan Berpotensi Menangkal Kanker

Susu unta diketahui mengandung senyawa yang bersifat sebagai antioksidan, seperti vitamin C. Untuk itu, susu unta memiliki potensi untuk menangkal radikal bebas. 

Lebih lanjut, susu unta memiliki laktoferin yang berpotensi untuk mencegah perkembangan sel kanker. 

Karena kedua kandungan ini, susu unta mungkin memiliki manfaat dalam pengobatan kanker. Diharapkan ke depannya akan semakin banyak penelitian yang dapat mengungkap manfaat susu unta untuk penanganan kanker.

Itulah berbagai manfaat dari susu unta. Bagaimana, apakah kini Anda tertarik untuk mengonsumsinya? Susu unta memang tergolong lebih sulit ditemukan di Indonesia, dan harganya cenderung lebih mahal. 

Bila Anda tetap tertarik untuk mencoba, jangan lupa pastikan Anda mengonsumsi susu unta yang telah mengalami proses pasteurisasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah adanya kontaminasi mikroba pada susu. 

Jika Anda merasa ragu untuk konsumsi susu unta, Anda bisa konsultasi kepada dokter. Dapatkan juga informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar