Sukses

3 Olahraga yang Cocok untuk Wanita Sibuk

Wanita karier yang sibuk seperti Anda juga masih bisa berolahraga, kok. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa Anda pilih.

Klikdokter.com, Jakarta Wanita karier yang sibuk dengan segala aktivitas ataupun ibu rumah yang sehari-hari memiliki setumpuk pekerjaan rumah sering kali menganggap tak ada waktu untuk olahraga. Padahal, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit diperlukan komitmen untuk rutin berolahraga.

Menjalankan olahraga secara rutin akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan kadar stres, sehingga hidup pun jadi lebih bahagia. Dengan jadwal yang padat sekalipun, olahraga rutin bukanlah sesuatu yang mustahil.

Tips berolahraga untuk wanita super sibuk

Bagian tersulit dari membiasakan diri untuk berolahraga rutin adalah memulai langkah pertama. Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan agar tetap dapat berkomitmen melakukan olahraga rutin meski dengan waktu yang terbatas.

● Pasang target

Semua akan lebih mudah jika Anda memasang target. Tapi perlu diingat, buatlah target yang tidak berlebihan dan sesuai dengan kemampuan Anda, setidaknya 3 kali seminggu selama 1 jam setiap sesi.

Anda juga bisa memasang target jarak tempuh jika memilih untuk menjalani olahraga lari, misalnya berlari dengan total jarak 30 kilometer dalam seminggu. Contoh target lain adalah penurunan berat badan, misalnya 2 kilogram per bulan.

● Jadwalkan jauh-jauh hari

Padatnya aktivitas sering kali membuat Anda menggeser sesi olahraga. Untuk itu, penting untuk menyisipkan jadwal olahraga dalam kalender Anda dan berkomitmen terhadap jadwal yang telah dibuat.

Perlakukan jadwal olahraga Anda layaknya sebuah pertemuan penting. Buat agenda kegiatan olahraga Anda selama seminggu ke depan di setiap akhir minggu, untuk memudahkan manajemen waktu.

● Jadikan ajang bergaul

Bagi Anda yang senang bersosialisasi, kegiatan olahraga rutin juga bisa digunakan sebagai ajang untuk bergaul. Pilih lokasi berolahraga yang merupakan pusat keramaian dan tempat orang melakukan olahraga yang sama. Dengan begitu, Anda tidak merasa sendirian dan bosan.

Anda juga bisa mengajak kolega atau keluarga berolahraga bersama. Kompetisi dan rasa kebersamaan tersebut akan menjadikan kegiatan olahraga rutin terasa ringan, bukan sebuah beban.

● Realistis dan jangan paksakan diri

Jika Anda sakit, jangan paksakan diri melakukan olahraga yang telah dijadwalkan. Pahami tubuh Anda dan sesuaikan dengan jadwal tersebut. Durasi, intensitas, atau jenis olahraga dapat dikurangi sesuai kondisi kesehatan.

Di waktu padat sekalipun, sempatkan olahraga meski dalam waktu yang singkat. Durasi 10-20 menit bisa tetap dihitung sebagai olahraga pada hari tersebut agar Anda tidak merasa gagal dalam memenuhi manajemen waktu yang telah dibuat sendiri.

1 dari 2 halaman

Olahraga yang mungkin dilakukan

Masyarakat urban yang memiliki segudang aktivitas terkadang belum dapat memahami bahwa beberapa olahraga masih mungkin dijalankan, meski waktu yang dimiliki cukup singkat. Namun, upaya untuk mendapatkan tubuh sehat tak boleh diabaikan.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di tengah bebagai kesibukan Anda.

1. Lari dan joging

Olahraga ini tergolong murah karena tidak memerlukan alat khusus, kecuali sepatu dan pakaian untuk berlari. Selain itu, berlari dapat dilakukan di mana saja.

Anda dapat melakukannya di lingkungan kantor sebelum pulang jika memungkinkan, di area sekitar tempat tinggal, atau bahkan dengan treadmill di rumah atau pusat kebugaran.

Lari dan joging adalah salah satu olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara umum.

2. Senam dan kombinasi latihan

Baik di pusat kebugaran berbayar, senam massal mingguan, atau sendiri di rumah dengan panduan video, tak ada alasan untuk tidak dapat melakukan olahraga sederhana ini.

Senam juga dapat dilakukan bersama-sama, sehingga cocok untuk Anda wanita sibuk yang ingin menyempatkan diri bersosialisasi di luar kesibukan harian. Selain senam, Anda juga bisa melakukan kombinasi gerakan latihan seperti push-up, sit-up, plank, dan squat di rumah.

3. Gerakan sederhana di kantor

Hari-hari Anda dihabiskan di kantor? Manfaatkan rutinitas ke kantor sebagai dosis olahraga harian Anda. Jika membawa kendaraan pribadi, pilih lokasi parkir yang cukup jauh dari pintu kantor agar dapat jalan kaki di pagi dan sore hari.

Bila kantor Anda berada di gedung di lantai atas, gunakan tangga dan hindari menggunakan eskalator atau lift. Di sela-sela pekerjaan Anda juga dapat melakukan peregangan otot.

Aktivitas sederhana juga bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti olahraga. Salah satunya adalah saat berkomunikasi dengan rekan kerja.

Tinggalkan ponsel di meja kerja dan datangi langsung rekan kerja Anda daripada mengontaknya lewat aplikasi chat. Dengan cara ini, secara tidak sadar Anda telah menambah jumlah langkah harian.

Meski Anda seorang wanita yang sibuk, menjaga kebugaran juga dapat tetap dilakukan dengan mengikuti tips di atas. Bulatkan tekad Anda dan berusahalah untuk disiplin dalam menjalankan olahraga sebagai bentuk investasi kesehatan di masa depan nanti.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar