Seks

Daging Kambing Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Aditya Prasanda, 17 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr.Dyan Mega Inderawati

Daging kambing dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Apa benar demikian?

Daging Kambing Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Selama ini daging kambing diyakini dapat meningkatkan kolesterol. Terlalu banyak konsumsi daging kambing bisa picu kolesterol tinggi.

Selain bikin kolesterol naik, efek makan daging kambing dipercaya dapat meningkatkan libido alias gairah seksual. Benarkah demikian? 

Makan Daging Kambing Bisa Meningkatkan Libido?

Daging kambing merupakan sumber makanan yang kaya protein. Dalam sepotong daging kambing berukuran 100 gram, terkandung sekitar 25 gram protein.

Protein berfungsi sebagai zat pembangun yang menghasilkan energi untuk tubuh sehingga kamu bisa melakukan segala aktivitas. Protein juga berperan dalam tumbuh kembang, proses penggantian sel-sel tubuh yang rusak maupun sumber energi untuk melakukan aktivitas seksual.

Selain protein, daging kambing mengandung zink. Zink dalam daging kambing memenuhi 34 persen kebutuhan harian tubuhmu. 

Disampaikan dr. Dyan Mega Inderawati, zink berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuhmu. 

“Zink juga bermanfaat untuk produksi hormon seksual, seperti testosteron. Hormon testosteron inilah yang berhubungan dengan gairah seksual,” katanya. 

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Nutrition, kekurangan zink bisa menurunkan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Mengonsumsi makanan dan vitamin kaya zink bisa memperbaiki kondisi ini secara efektif.

Testosteron adalah hormon seksual yang banyak dimiliki kaum pria. Wanita juga memiliki testosteron, tetapi jumlahnya tidak sebanyak pria. 

Salah satu fungsi testosteron adalah untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu, testosteron berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga produksi serta kualitas sperma agar tetap baik.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kandungan dalam daging kambing dapat membantu meningkatkan libido, terutama pada pria. Namun, bagi kamu yang tidak menyukai daging kambing dengan beragam alasan, tak perlu khawatir. 

Kandungan nutrisi daging kambing sebenarnya serupa dengan daging merah lainnya, seperti daging sapi. 

Artikel Lainnya: Ini Penjelasan Mengapa Libido atau Gairah Seks Meningkat Saat Haid

Tetap Perhatikan Porsi Daging Kambing yang Dimakan

Meskipun dapat meningkatkan gairah seksual, daging kambing mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. 

Terlalu banyak konsumsi daging kambing bisa meningkatkan kadar lemak jenuh dalam darah. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan jantung dan organ penting lainnya.

Karena itu, konsumsi daging kambing sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. 

“Jumlah harian asupan daging merah yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan adalah 70 gram, tidak lebih. Lalu pilihlah bagian daging yang tidak banyak lemaknya,” kata dr. Dyan.

Pengolahannya juga harus diperhatikan. Olah daging kambing dengan cara yang sehat, seperti dipanggang atau dijadikan sup agar jumlah lemaknya tidak meningkat ketika disantap.

Artikel Lainnya: Kiat Mengolah Daging Kambing Agar Tak Picu Penyakit

Sebaliknya, hindari pengolahan daging dengan cara digulai yang justru bisa menambah kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh kamu.

Manfaat daging kambing bagi pria memang bisa meningkatkan libido. Agar tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan, #JagaSehatmu dengan memperhatikan porsi dan cara pengolahan daging yang dikonsumsi.

Jika kamu ingin menambah gairah seksual, tetapi tidak menyukai daging kambing, terdapat beberapa alternatif makanan yang bisa kamu coba. Contoh makanan yang tergolong afrodisiak (peningkat gairah seks), di antaranya alpukat, semangka, dark chocolate, dan asparagus.

Apabila kamu mengidap kolesterol tinggi dan khawatir dengan asupan yang dikonsumsi, konsultasikan kepada dokter spesialis penyakit dalam lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(NM)

daging kambingDaging Kurbanibadah hajilibidoHajiGairah SeksualIduladha

Konsultasi Dokter Terkait