Sukses

4 Tokoh Dunia Ini Meninggal karena Kanker Pankreas

Sudah banyak korban yang jatuh akibat kanker pankreas, termasuk keempat tokoh dunia ini. Anda harus lebih waspada terhadap kanker ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kanker pankreas adalah salah satu penyakit dimana sel tumor tumbuh secara ganas. Berdasarkan sejumlah penelitian, kanker pankreas turut menjadi jenis kanker yang mematikan bersama dengan kanker paru, usus serta prostat. Kanker jenis ini telah memakan banyak korban jiwa, termasuk beberapa tokoh dunia.

Menurut Pancreatic Cancer Action Network, sebanyak 75 persen pasien meninggal kurang dari setahun setelah diagnosis. Kemudian, sebanyak 94 persen meninggal dalam kurun waktu lima tahun. Penyebab rendahnya angka bertahan hidup kanker pankreas adalah karena deteksi yang terlambat. Dilaporkan juga oleh National Cancer Institute, hanya 8 persen kasus kanker pankreas yang mampu dideteksi secara dini sebelum penyakit tersebut menyebar.

Kenali gejalanya

Kanker pankreas pada tahap awal biasanya tidak menimbulkan gejala. Inilah mengapa diagnosis kanker pankreas menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Gejala kanker pankreas pada tahap lanjut bergantung pada bagian kelenjar pankreas yang terjangkit karena pankreas memiliki dua jenis jaringan kelenjar.

“Pertama adalah kelenjar yang memproduksi enzim pencernaan atau disebut dengan kelenjar eksokrin. Kedua adalah kelenjar yang memproduksi hormon, atau disebut juga dengan kelenjar endokrin,” kata dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang paling sering terjangkit kanker pankreas dengan gejala yang umumnya terjadi seperti penyakit kuning, kehilangan berat badan, dan nyeri punggung atau nyeri perut. Selain itu, gejala lainnya yang umum terjadi pada penderita kanker pankreas antara lain:

  • Diabetes
  • Demam dan menggigil
  • Gatal
  • Darah mudah menggumpal
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Perubahan pola buang air besar
  • Hilangnya selera makan
  • Demam

Penyebab dan cara pencegahan kanker pankreas

Sampai saat ini, penyebab kanker pankreas masih belum jelas. Namun, orang-orang dengan faktor risiko tertentu memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker pankreas seperti perokok, pengidap diabetes, obesitas, hingga faktor genetik.

Penyebaran kanker pankreas sendiri tergantung pemeriksaan fisik. Jenis tumor ini diketahui menyebar ke otak dan hati. Jika berhasil dideteksi sejak dini, kanker pankreas dapat diobati dengan menggunakan beberapa metode.

“Kanker pankreas pada tahap dini umumnya dapat diobati dan disembuhkan melalui pembedahan. Setelah pembedahan, pengobatan lanjutan atau adjuvant therapy, sangat umum direkomendasikan. Terapi ini meliputi kemoterapi dan radioterapi,” ujar dr. Kartika.

Akan tetapi, kebanyakan pasien sudah terdiagnosis kanker pankreas stadium lanjut, sehingga prosedur pembedahan tak mungkin dilakukan. Terapi yang bisa diandalkan pada stadium ini adalah radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi keduanya guna menyusutkan kanker yang ada, meredakan gejala, dan memperpanjang usia hidup.

1 dari 2 halaman

Mereka yang terenggut oleh kanker pankreas

Tidak mudah untuk melihat gejala kanker pankreas pada tahap awal. Akibatnya,  diagnosis kanker ini menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Oleh karenanya, masyarakat jelas kaget ketika beberapa tokoh dunia akhirnya diberitakan meninggal akibat penyakit ini.

Di bawah ini adalah beberapa tokoh dunia yang meninggal akibat kanker pankreas:

1. Aretha Franklin

Sosok penyanyi legendaris asal Memphis, Amerika Serikat ini begitu melegenda dengan suara emasnya. Aretha meninggal dunia pada Kamis (16/8) lalu pada usia 76 tahun. Aretha divonis dokter mengidap kanker pankreas pada tahun 2010. Hingga tahun 2017 ia masih aktif menyanyi, meski beberapa kali ia terpaksa harus membatalkan sejumlah konser akibat kondisi kesehatannya.

Pada tanggal 13 Agustus 2018, Aretha dikabarkan dalam kondisi kritis. Kondisinya kian melemah dan hanya bisa terbaring di kediamannya di Detroit. Tiga hari kemudian, ia mengembuskan napas terakhirnya.

2. Steve Jobs

CEO sekaligus salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, didiagnosis kanker pankreas langka pada tahun 2004. Ia menderita kanker endokrin pankreas yang hanya menyerang ribuan orang setiap tahun. Jobs meninggal pada Oktober 2011 setelah berjuang selama 8 tahun.

3. Luciano Pavarotti

Pada bulan Juli 2006, penyanyi opera Luciano Pavarotti menjalani operasi untuk mengobati kanker pankreas yang memaksanya untuk membatalkan tur perpisahan. Pria kelahiran Modena Italia tersebut, meninggal setahun kemudian, yakni pada September 2007.

4. Patrick Swayze

Terdiagnosis pada tahun 2008, aktor Patrick Swayze berjuang melawan kanker pankreas dengan menjalani serangkaian perawatan. Aktor kelahiran Houston Texas yang namanya berkibar lewat film Dirty Dancing dan Ghost itu, tutup usia pada September 2009.

Selain empat nama besar di atas, masih banyak lagi tokoh lainnya seperti aktris Joan Crawford, komedian Jack Benny, hingga komposer legendaris Henry Mancini.

Dengan banyaknya tokoh dunia yang tutup usia akibat ganasnya kanker pankreas, seharusny menjadi pengingat bahwa siapa pun bisa terkena penyakit ini. Sulitnya mendeteksi gejala awal adanya kanker pankreas, membuat setiap orang harus mengantisipasinya sejak dini. Oleh karena itu, pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol, kelola stres dengan baik, istirahat cukup, dan penuhi asupan cairan harian. Jika Anda mendapati keluhan gejala seperti yang disebutkan sebelumnya, segera periksakan diri ke dokter.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar