Sukses

5 Persiapan Ajak Si Kecil Nonton Langsung Asian Games

Ingin menyaksikan keseruan Asian Games 2018 bareng si Kecil? Terapkan tips ini terlebih dahulu.

Klikdokter.com, Jakarta Asian Games 2018 telah dibuka secara resmi, tepatnya pada Sabtu (18/8). Bagi pecinta olahraga, perhelatan yang digelar empat tahun sekali ini pasti sangat menarik untuk disaksikan. Bahkan, tak sedikit orang yang mengajak anak menyaksikan pertandingan secara langsung di arena. Apakah Anda salah satunya?

Menyaksikan pertandingan Asian Games 2018 secara langsung bersama si Kecil memang mengasyikkan. Namun sebelum itu, Anda perlu melakukan sederet persiapan agar si Kecil bisa benar-benar menikmati pertandingan, tanpa gangguan kesehatan yang datang.

Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mengajak si Kecil nonton langsung pertandingan Asian Games 2018:

  1. Tidur tepat waktu

Menyaksikan pertandingan Asian Games secara langsung membuat Anda dan si Kecil berpapasan maupun berkontak dengan ribuan orang lainnya. Jika kondisi tidak bugar atau daya tahan tubuh sedang menurun, keadaan ini bisa meningkatkan risiko penularan penyakit infeksi seperti flu, tuberkulosis, dan lainnya.

Untuk itu, Anda dan si Kecil perlu tidur yang cukup sebelum menyaksikan langsung pertandingan Asian Games 2018. Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang pada umumnya sekitar 8–9 jam dalam sehari.

  1. Sarapan

Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Dengan sarapan, tubuh memiliki cukup energi untuk melakukan segudang aktivitas di hari tersebut.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter, seseorang harus mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan bergizi seimbang untuk sarapan agar manfaatnya benar-benar terasa.

“Karbohidrat yang umumnya dari nasi bisa divariasikan dengan roti, kentang, mi, bihun, serealia, atau havermut. Protein bisa dari telur, ikan susu, keju, yoghurt, dan kacang-kacangan. Lemak bisa dari alpukat atau makanan yang digoreng,” katanya.

  1. Pakaian yang sesuai

Berdesakan dengan puluhan ribu penonton Asian Games lainnya di arena tentu bisa membuat Anda dan si Kecil berkeringat. Jika pakaian yang digunakan tidak sesuai, keringat akan membuat tubuh lembap, sehingga jamur mudah berkembang biak. Akibatnya, bisa terjadi infeksi jamur di kulit.

Guna menghindari hal tersebut, akan lebih baik bila Anda dan si Kecil mengenakan pakaian berbahan katun yang longgar agar mudah menyerap keringat. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, penggunaan celana jeans atau terlalu tebal sebaiknya dihindari.

Sementara itu, bila Anda dan si Kecil akan menyaksikan pertandingan outdoor, dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter menyarankan agar memakai pakaian yang berwarna cerah dan mudah menyerap keringat.

  1. Bekal

Anda tak ingin si Kecil kehausan atau kelaparan saat menyaksikan pertandingan Asian Games secara langsung, bukan? Salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membawa bekal dari rumah.

Bekal tersebut bisa diisi beragam camilan sehat yang mudah dikonsumsi saat menonton pertandingan. Selain itu, bawalah air minum cadangan, agar tidak dehidrasi, dan menggalami gangguan tenggorok karena sering berteriak mendukung tim jagoan.

  1. Selalu ingat perilaku bersih dan sehat

Ajarkan si Kecil untuk selalu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar arena pertandingan Asian Games. Ajari dia untuk selalu membuang sampah di tempatnya dan tidak bertukar pinjam peralatan pribadi dengan orang lain.

Didik pula si Kecil untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya sebelum makan, menyentuh mata, hidung, atau mulut. Setelah kembali ke rumah, jangan lupa untuk mandi dengan sabun dan air bersih yang mengalir, ya!

Menyaksikan langsung pertandingan Asian Games bersama anak bisa menumbuhkan minatnya untuk meniru gaya hidup sehat para atlet yang berlaga di lapangan. Jika hal ini diasah dengan baik, bukan tak mungkin si Kecil akan memiliki kebiasaan hidup sehat dan aktif hingga ia dewasa nanti. Jadi, selamat menyaksikan Asian Games 2018!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar