Diet dan Nutrisi

Hindari Dehidrasi Saat Ibadah Haji dengan 5 Minuman Ini

Bobby Agung Prasetyo, 19 Agt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cuaca terik Arab Saudi membuat jemaah ibadah haji berisiko tinggi mengalami dehidrasi. Ini minuman yang dapat menjadi solusinya.

Hindari Dehidrasi Saat Ibadah Haji dengan 5 Minuman Ini

Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci membutuhkan kualitas fisik yang prima. Sebab di sana, cuaca terik dan gersang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah dehidrasi alias kekurangan cairan.

Dehidrasi adalah keadaan ketika jumlah cairan tubuh yang keluar lebih banyak daripada yang masuk. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, keadaan ini bisa terjadi akibat suatu penyakit, aktivitas fisik berlebihan, ataupun paparan sinar matahari secara terus-menerus.

Lebih lanjut, dr. There menjelaskan bahwa dehidrasi terbagi menjadi tiga derajat keparahan, yaitu dehidrasi ringan, sedang dan berat. Gejala yang terjadi bergantung dari tingkat keparahan, yang secara umum adalah sebagai berikut:

  • Rasa haus yang berlebih
  • Kelelahan
  • Badan lemas
  • Kulit kering
  • Air mata kering
  • Mata cekung
  • Ubun-ubun cekung (pada anak-anak)
  • Turgor kulit (derajat elastisitas kulit) menurun
  • Bibir dan mulut kering
  • Pusing
  • Penurunan frekuensi dan jumlah buang air kecil
  • Urine berwarna kuning pekat
  • Penurunan berat badan
  • Tekanan darah menurun

Minuman untuk atasi dehidrasi

Salah satu upaya menjaga tubuh agar tidak dehidrasi adalah dengan mengonsumsi minuman jenis tertentu. Beberapa jenis minuman yang direkomendasikan, di antaranya:

  1. Air putih

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, dehidrasi bisa dicegah dengan minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari.

“Pria dewasa membutuhkan minimal 2,5–2,6 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau sekitar 7 gelas setiap hari. Jika banyak aktivitas, air yang dikonsumsi bisa lebih dari itu,” ujar dr. Andika.

  1. Susu

Pada sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition, susu yang penuh lemak dan skim ternyata dapat meningkatkan hidrasi dalam tubuh dibandingkan air putih. Selain itu, susu juga menyehatkan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

  1. Minuman olahraga

Saat sedang mengeluarkan keringat berlebih, yang keluar dari tubuh Anda tak hanya cairan. Melainkan laktat, asam amino, lemak dan sodium juga.

“Demi mencegah dehidrasi, Anda bisa memilih minuman olahraga yang mengandung ion sebagai pengganti cairan keringat yang keluar pada tubuh saat berkeringat banyak,” ujar dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter.

  1. Air kelapa

Air kelapa juga merupakan salah satu jenis cairan yang dapat menghidrasi tubuh. Berbeda dari minuman olahraga, air kelapa rendah akan karbohidrat dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Rasanya yang segar juga efektif dalam melegakan kehausan.

  1. Jus buah

Beberapa jenis buah mengandung kadar cairan yang tinggi. Semangka, stroberi, melon, nanas, jeruk, dan timun adalah beberapa contoh buah-buahan yang dimaksud.

Untuk mencegah dehidrasi, Anda dapat langsung mengonsumsi buah-buahan tersebut atau mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu. Saat mengonsumsi jus buah, pastikan Anda tidak menambahkan gula ke dalamnya, ya!

Jangan biarkan dehidrasi menganggu khusyuknya ibadah haji yang Anda lakukan. Cegah dengan mengonsumsi minuman di atas dalam jumlah sewajarnya. Salam sehat!

[NB/ RVS]

ibadah hajiminumanHajiCairanDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait