Sukses

Tips Hindari ISPA Saat Asian Games di Palembang

Sudah siapkah Anda menyaksikan pertandingan Asian Games 2018 di Palembang? Pastikan Anda dalam keadaan sehat, jangan sampai terkena ISPA!

Klikdokter.com, Jakarta Asian Games 2018 baru saja dimulai dengan upacara pembukaan yang begitu meriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pesta olahraga empat tahunan kebanggaan Asia ini dimulai pada tanggal 18 Agustus – 2 September mendatang. Indonesia, melalui kota Jakarta dan Palembang, menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini. Dengan berlangsungnya Asian Games pada musim kemarau, Anda yang menyaksikan pertandingan di Jakarta maupun di Palembang berisiko terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Menurut Pusat Sains Dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (PSTA LAPAN), puncak musim kemarau di Indonesia jatuh pada Bulan Agustus 2018.

Perlu Anda ketahui bahwa musim kemarau bisa meningkatkan risiko terjadinya ISPA karena udara yang lebih berdebu. ISPA merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau lebih dari bagian saluran pernapasan, yang penyebabnya bisa karena virus maupun bakteri.

Kenali gejala dan penularan ISPA

Gejala ISPA yang bisa timbul di antaranya adalah badan lemas, badan terasa pegal, demam, meriang, sakit kepala, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, suara serak, hingga sesak napas. Umumnya, ISPA berlangsung selama kurang dari 3 minggu.

ISPA dapat menular melalui percikan ludah (droplet) yang mengandung virus atau bakteri dan dihembuskan ketika batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu, penularan juga dapat terjadi melalui kontak tidak langsung. Contohnya seperti saat Anda memegang benda yang mengandung virus atau bakteri, lalu terjadi perpindahan ketika Anda menyentuh hidung, mulut, atau mata.

Momen Asian Games tentu dimeriahkan oleh tamu-tamu yang datang untuk mendukung atlet perwakilannya dari berbagai penjuru Asia. Keramaian sekaligus kepadatan  selama acara Asian Games dapat meningkatkan risiko penularan ISPA.

Ditambah lagi di Palembang sendiri, data Dinas Kesehatan Kota Palembang pada pertengahan tahun 2017 mencatat bahwa kasus ISPA masih mendominasi penyakit yang ditangani di puskesmas dan rumah sakit.

1 dari 3 halaman

Tips mencegah ISPA

Nah, agar momen Asian Games tidak dirusak oleh ancaman ISPA, cegah dengan beberapa tips ini:

  • Batuk dan bersin secara benar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, droplet yang dihasilkan saat batuk dan bersin dapat menjadi media penularan ISPA. Untuk minimalkan risiko penularan tersebut, setiap penonton disarankan menutup hidung dan mulutnya ketika sedang batuk atau bersin menggunakan sapu tangan atau tisu sekali pakai, lalu diikuti dengan mencuci tangan.

Jika kebetulan Anda sedang batuk atau pilek, jadilah bijak dengan menggunakan masker. Untuk Anda yang sedang tidak sakit sebetulnya penggunaan masker juga disarankan jika Anda berada di tengah keramian orang, apalagi jika berada di luar ruangan yang berdebu.

  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Salah satu cara untuk memutus rantai penularan ISPA adalah dengan menjaga kebersihan diri. Selain mandi 2x sehari, biasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar Anda terhindar dari kuman.

Biasakan mencuci tangan pada beberapa momen penting, yaitu sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah dari toilet, setelah menyentuh benda kotor, dan tentunya setelah bersin atau batuk. Jika tidak tersedia air mengalir, gunakan hand sanitizer. Namun, jika tangan sudah terlalu kotor, cuci tangan dengan sabun adalah satu-satunya solusi.

Menjaga kebersihan lingkungan juga berperan vital dalam mencegah penyebaran penyakit menular. Jangan malas untuk menjaga kebersihan fasilitas umum di venue Asian Games mana pun, seperti selalu membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Lingkungan yang kotor bisa menjadi tempat ideal untuk kuman bersarang dan menyebarkan penyakit.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  • Jaga daya tahan tubuh

Mempunyai daya tahan tubuh yang baik membuat Anda tidak mudah terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk ISPA. Untuk menjaga kualitas daya tahan tubuh, Anda harus memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur.

Waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam per hari. Hindari begadang. Jika Anda sudah disibukkan dengan aktivitas kerja, tak usah memaksakan diri nonton pertandingan Asian Games.

Selain itu, konsumsilah asupan nutrisi yang seimbang dan memenuhi kebutuhan tubuh. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan D.

Selain itu hati-hati dalam membeli jajanan di venue Asian Games dan pilihlah yang Anda yakini terjaga kebersihannya. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa bekal dari rumah untuk dinikmati saat menyakisikan pertandingan langsung. Terakhir, jangan lupa untuk minum air putih 2 liter per hari agar tidak mengalami dehidrasi.

  • Hindari asap rokok

Asap dan kandungan zat pada rokok terbukti dapat menurunkan kualitas saluran pernapasan, sehingga Anda menjadi lebih rentan terkena ISPA.  Oleh karena itu,  baiknya hindari paparan asap rokok atau gunakan masker bila perlu.

Bagi Anda yang merokok, Anda diwajibkan merokok di tempat yang sudah disediakan. Bahkan, akan lebih baik lagi jika Anda tidak merokok sama sekali. Dengan begitu, Anda dan orang-orang di sekitar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, dengan tidak merokok berarti Anda turut berkontribusi dalam mengurangi polusi udara yang sebenarnya berpengaruh terhadap kualitas atlet yang sedang berlaga di Asian Games.

  • Lakukan vaksinasi

Ada beberapa jenis vaksin yang dapat diberikan sebagai upaya pencegahan terhadap ISPA, baik untuk orang dewasa dan anak-anak. Vaksin-vaksin tersebut adalah vaksin flu, pnemokokus, dan difteri. Adapun jenis vaksin lain yang mungkin dibutuhkan tergantung status imunisasi individu sebelumnya. Mengenai hal tersebut, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Itulah beberapa tips agar Anda terhindar dari ISPA saat menonton langsung Asian Games di Palembang. Bukan hanya atlet yang harus sehat, Anda sebagai suporter pun juga harus sehat! Ayo jadikan momen Asian Games 2018 untuk mengobarkan semangat menjalankan pola hidup sehat!

[RN/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar