Sukses

Penyakit Menular yang Mengintai Saat Nonton Pembukaan Asian Games

Anda tengah bersiap-siap menonton pembukaan Asian Games 2018? Hati-hati, beberapa penyakit menular berikut ini mengancam kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Asian Games 2018 menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia. Tak heran, masyarakat berebut tiket untuk menyaksikan acara pembukaan yang disebut-sebut akan menjadi pertunjukan spektakuler. Berkumpulnya orang dari berbagai kalangan di acara tersebut membuat penyakit dapat mudah menular.

Penyakit menular yang mengancam

Penularan penyakit di tempat umum sangat mudah terjadi, terlebih jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang tidak cukup baik. Beberapa jenis virus dan bakteri dengan mudah ditularkan lewat udara maupun permukaan benda mati.

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menular ketika Anda menonton pembukaan Asian Games:

· Influenza

Penularan virus influenza dapat melalui kontak langsung udara seperti bersin atau batuk. Selain itu, virus influenza juga dapat menular lewat kontak langsung dengan benda mati seperti gagang pintu, permukaan meja, kursi atau tiang.

Gejala penyakit influenza meliputi batuk, pilek, bersin, hidung tersumbat, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan badan lemas. Terkadang penyakit influenza dapat sembuh sendiri bila sistem kekebalan tubuh Anda membaik.

· Diare

Penyakit diare juga mudah tertular dari tempat kotor seperti pada toilet umum. Pegangan pintu, wastafel, pegangan air keran, dudukan toilet dan lantai toilet umum yang kotor atau terkontaminasi bakteri.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, mual dan muntah. Diare ringan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, diare berat dapat menjadi berbahaya karena rentan menyebabkan dehidrasi.

· Bila dehidrasi yang diderita cukup berat, Anda dapat mengalami penurunan kesadaran hingga syok.

· Difteri

Penyakit difteri belum lama ini sempat mewabah di Indonesia. Selain menyebabkan nyeri tenggorokan dan pembengkakan kelenjar leher, difteri juga dapat membuat Anda mengalami kesulitan bernapas yang dapat berakibat fatal.

Penularan bakteri Corynebacterium diphtheriae dapat terjadi melalui kontak langsung seperti bersin atau batuk. Secara tidak langsung, difteri dapat menular melalui barang yang digunakan bersama-sama.

· Tuberkulosis

Indonesia merupakan negara dengan kasus tuberkulosis (TB) tertinggi nomor tiga di seluruh dunia. Penyakit TB juga mudah ditularkan lewat udara ketika penderita batuk, bersin atau meludah. Meski dapat disembuhkan total, namun TB juga dapat berakibat fatal, bahkan mematikan jika penderita tidak segera melakukan pengobatan.

Gejala penyakit TB meliputi batuk berdahak lama dengan jangka waktu biasanya lebih dari dua minggu, demam, batuk berdarah, berat badan turun drastis tanpa penyebab yang jelas, keringat pada malam hari, nyeri dada dan sesak napas.

Pengobatan TB sendiri cukup lama, karena memakan waktu minimal enam bulan. Oleh sebab itu kepatuhan pasien juga termasuk faktor yang penting untuk penyembuhan penyakit TB.

· Cacar air

Penyakit cacar air biasanya diderita oleh anak kecil. Disebabkan oleh Varicella zoster, penyakit cacar air dapat menular melalui udara ketika adanya percikan ludah penderita atau cairan dari gelembung cacar air.

Penularan cacar air bahkan dapat terjadi sejak 24 jam sebelum munculnya gelembung cairan di kulit hingga tujuh hari kemudian. Biasanya pasien cacar air harus diisolasi agar tidak menularkan virus kepada orang lain.

Menonton pembukaan Asian Games memang berisiko terinfeksi berbagai penyakit menular di atas. Namun, Anda tak perlu cemas. Dengan asupan sehat dan rajin cuci tangan, sistem kekebalan tubuh akan terjaga dan Anda pun terhindar dari berbagai penyakit di atas. Selamat menonton pembukaan Asian Games 2018!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar