Sukses

Berkedip, Cara Ampuh Atasi Mata Lelah Saat Melihat Gawai

Saat mata lelah karena terlalu lama bermain gawai, cobalah berkedip untuk membuat mata kembali nyaman. Berikut adalah penjelasan medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Gawai menjadi salah satu alat yang kini tidak bisa dilepaskan dari keseharian. Akan tetapi, ketergantungan terhadap perangkat elektronik ini tentu menyimpan risiko, salah satunya adalah mata lelah karena terlalu lama memandang gawai. Cara paling mudah dan praktis untuk mengatasinya adalah dengan berkedip.

Paparan biru dari gawai Anda ternyata cukup berbahaya untuk mata. Seperti melansir dari Newsweek, dalam sebuah jurnal Scientific Reports, paparan sinar biru melalui perangkat bisa mempercepat kebutaan. Hal ini dapat terjadi ketika sinar biru terus-menerus memicu reaksi sel-sel yang peka terhadap rangsangan cahaya.

"Paparan sinar biru yang Anda dapatkan secara terus-menerus dapat membuat kornea dan lensa mata tidak berdaya dalam memblokir atau memantulkannya," kata Dr. Ajith Karunarathne, asisten profesor kimia dan biokimia di Universitas Toledo, Amerika Serikat.

Studi itu juga menyebut bahwa sinar biru dari gawai ternyata merusak retina mata. Sinar biru yang menyinari retina mata memunculkan molekul kimia beracun yang akan membunuh sel fotoreseptor sebagai penangkap cahaya. Jika sel ini hilang, akan dipastikan Anda tidak dapat melihat lagi.

Ketika Anda lupa berkedip

Menatap layar gawai dalam jangka waktu lama sangat tidak baik. Oleh sebab itu, dr. Theresia Rina Yunita dari Klikdokter menyarankan agar Anda membatasi mata untuk melihat sumber cahaya biru dari gawai, setidaknya maksimal dua jam dalam satu hari.

Selain itu, waktu yang berlebihan dihabiskan di depan layar dapat memengaruhi mata dalam dua cara. Yang paling khas adalah mata menjadi kering karena lupa berkedip dan terus terpaku pada layar. Mata yang terlalu kering akan rentan mengalami berbagai komplikasi.

Penglihatan bisa menjadi buram setelah berjam-jam dihabiskan untuk memandang layar komputer tanpa berkedip. Pada beberapa orang, memandang layar gawai terlalu lama mungkin dapat menyebabkan sakit kepala.

1 dari 2 halaman

Manfaat berkedip

Yang perlu Anda ingat, salah satu cara yang paling baik untuk membuat mata Anda terhindar dari mata lelah akibat paparan sinar biru adalah dengan berkedip. Cara ini tampaknya sepele tapi bermanfaat besar.

Berikut ini adalah manfaat berkedip yang diperoleh dari berbagai sumber:

1. Melembapkan mata

Mata akan tetap lembap jika Anda berkedip secara teratur saat berada di depan komputer atau layar ponsel. Kemungkinan lainnya adalah mengikuti aturan 20-20-20.

Artinya, setiap 20 menit waktu yang Anda habiskan di depan layar, Anda harus melihat sesuatu yang berjarak 20 meter selama 20 menit. Ini memungkinkan mata untuk beristirahat dan segar kembali.

2. Menyuplai oksigen

Berkedip membuat mata Anda mendapatkan oksigen. Sebab, berkedip secara rutin menghasilkan lapisan air mata yang membantu mempertajam penglihatan Anda, serta membersihkan dan mencerahkan gambar yang diterima retina Anda.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Salah satu manfaat berkedip adalah menghasilkan lapisan air mata. Lapisan ini yang akan membuat mata Anda sehat dan nyaman. Karena air mata bisa mengeluarkan benda-benda asing yang masuk ke dalam mata.

4. Membersihkan permukaan optik mata

Berkedip akan melumasi permukaan mata. Nantinya, ini akan membuat penglihatan Anda semakin tajam.

5. Mengistirahatkan otak

Para ilmuwan dari Jepang menyelidiki bahwa berkedip mungkin sebenarnya berfungsi untuk mengistirahatkan otak secara sementara. Penelitian ini masih perlu penyempurnaan, tetapi artinya Anda tidak hanya berkedip untuk melumasi mata.

Penelitian menunjukkan bahwa berkedip juga bisa digunakan untuk menyegarkan pikiran dan membantu Anda fokus kembali.

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Oleh sebab itu, untuk menghindari mata lelah karena terlalu lama bermain gawai, lakukanlah berbagai tips di atas. Yang tak kalah penting, latih diri Anda untuk tidak berlama-lama dengan gawai. Selain itu, pemeriksaan mata rutin juga dibutuhkan agar kondisi mata Anda terjaga dengan baik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar