Sukses

Atasi Dehidrasi Saat Lomba 17 Agustus dengan Minuman Ini

Serunya ikut berbagai lomba 17 Agustus bisa membuat Anda lupa minum dan berakibat dehidrasi. Atasi dehidrasi dengan minuman berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen tersendiri bagi rakyat Indonesia. Biasanya, selain melakukan upacara bendera, warga akan mengadakan berbagai jenis lomba 17 Agustus untuk memeriahkan suasana. Asyik berlomba, bisa-bisa Anda mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan dan teriknya sinar matahari.

Berbagai perlombaan yang biasa diadakan adalah lomba balap karung, membawa kelereng dengan sendok, makan kerupuk, panjat pinang dan lain sebagainya. Dengan intensitas perlombaan yang begitu padat, bukan tak mungkin kalau gangguan kesehatan seperti dehidrasi dapat menerpa tubuh Anda.

Dehidrasi merupakan keadaan ketika tubuh mengalami kekurangan cairan serta memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Dilihat dari tanda dehidrasi, kondisi kekurangan cairan ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu dehidrasi ringan, sedang dan berat.

Gejala dan penyebab dehidrasi

Kelelahan dan kekurangan minum saat mengikuti lomba 17 Agustus menjadi hal yang sulit dipungkiri sebagai penyebab utama dehidrasi. Tanda-tanda saat Anda terkena dehidrasi adalah badan lemas, kesadaran menurun, mata cekung, bibir kering, tangan dan kaki terasa dingin, jantung berdebar, dan berkurangnya jumlah urine.

Menurut penjelasan dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, agar terhindar dari hal-hal tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab dehidrasi yang cukup sering terjadi berikut ini:

  • Demam
  • Diare
  • Infeksi pada usus atau perut (gastroenteritis)
  • Kurangnya kadar insulin dalam tubuh (ketoasidosis diabetikum)
  • Luka bakar
  • Kondisi tubuh kepanasan (heat stroke) yang dapat menyebabkan kematian
  • Penyumbatan usus (obstruksi usus)

Minuman pereda dehidrasi

Minum air putih terbukti menjadi solusi utama dalam mengatasi dehidrasi. Cairan yang terbuang lewat keringat saat mengikuti lomba 17 Agustus dapat segera diganti dengan mengonsumsi air putih.

Namun, adakah alternatif lain ketika air putih tak tersedia? Berdasarkan anjuran dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, Anda dapat mencoba beberapa minuman berikut:

1. Susu

Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition, susu yang penuh lemak dan susu skim ternyata lebih meningkatkan hidrasi dalam tubuh dibandingkan air putih. Selain itu, susu juga menyehatkan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

2. Minuman olahraga

Saat sedang berolahraga, tidak hanya air yang keluar dari tubuh. Laktat, asam amino, lemak dan sodium dalam tubuh juga ikut dikeluarkan melalui keringat. Untuk mencegah dehidrasi, Anda bisa memilih  minuman olahraga yang mengandung ion. Minuman ini dapat menggantikan berbagai cairan keringat yang keluar pada tubuh saat berolahraga.

3. Air kelapa

Minuman ini merupakan salah satu jenis cairan yang dapat menghidrasi tubuh. Berbeda dari minuman olahraga, air kelapa rendah akan karbohidrat dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Rasanya yang segar juga efektif dalam melegakan rasa haus.

Buah sebagai penawar dehidrasi

Tidak hanya dengan asupan cairan, saat dehidrasi menyerang, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayuran tertentu, terbukti mampu mengatasi dehidrasi.

“Berbagai jenis buah yang mengandung banyak air adalah semangka, stroberi, melon, nanas, jeruk, timun, selada, seleri, paprika, dan bayam,” kata dr. Jesslyn.

Selain makanan dan minuman di atas, untuk membantu tubuh dalam penyerapan cairan, dr. Jesslyn turut menyarankan Anda agar mengonsumsi makanan seperti granola bar atau roti gandum.

Yuk, atasi dehidrasi saat lomba 17 Agustus dengan berbagai daftar minuman di atas. Selain menyegarkan, minuman-minuman tersebut juga bergizi dan dapat memenuhi kebutuhan cairan harian pada tubuh Anda. Selamat merayakan hari kemerdekaan dengan berlomba!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar