Sukses

Tak Ingin Badan Lemas saat Nonton Asian Games? Ini Kiatnya

Hindari badan lemas saat nonton Asian Games dengan mengikuti kiat-kiat di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Selamat menikmati momen perhelatan Asian Games 2018! Kompetisi olahraga terbesar di Benua Asia ini berlangsung di Indonesia, tepatnya Jakarta dan Palembang. Hal tersebut membuat kita, warga Tanah Air, akan lebih mudah untuk menyaksikan secara langsung di stadion. Namun, jangan sampai Anda luput menjaga kesehatan supaya tidak mengalami kondisi badan lemas saat menonton.

Ada banyak sekali penyebab badan lemas, antara lain kelelahan, kurang istirahat, lembur, stres, hingga anemia. Kelihatannya memang sepele, tapi Anda tetap tak boleh menganggapnya enteng.

“Banyak orang menyepelekan badan lemas dan mengira keluhan akan berkurang dengan sendirinya setelah minum suplemen,” kata dr. Sepriani Limbong dari KlikDokter. Padahal menurutnya, badan lemas bisa juga disebabkan oleh hal-hal yang mengancam nyawa, seperti dehidrasi, hipoglikemia, dan serangan jantung.

Kondisi badan lemas dianggap mengancam nyawa jika disertai dengan gejala-gejala berikut:

  • Tangan dan kaki terlihat pucat dan terasa dingin
  • Tangan dan kaki gemetar diiringi keringat dingin
  • Pusing dan melayang
  • Rasa kantuk yang hebat
  • Pandangan kabur
  • Jantung berdebar-debar
  • Kram di anggota tubuh, umumnya di kaki
  • Kejang hingga kesadaran menurun
  • Nyeri dada, terutama di sebelah kiri menjalar hingga ke lengan kiri. Nyeri dada biasanya terasa seperti terbakar atau tertindih benda berat.
1 dari 2 halaman

Mencegah badan lemas

Terjadinya badan lemas sebenarnya bisa Anda antisipasi. Jadi sebenarnya Anda tidak perlu takut berlebihan. Berdasarkan anjuran dr. Sepriani, Anda dapat melakukan kiat-kiat sebagai berikut:

  1. Menjaga pola makan

Tubuh memerlukan nutrisi yang beragam agar dapat melakukan fungsinya dengan optimal. Perhatikan asupan yang Anda konsumsi sehari-hari agar tubuh tidak lemas. Misalnya saja dalam pemilihan karbohidrat. Perbanyak karbohidrat kompleks ketimbang karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks dapat mengembalikan kondisi tubuh dengan cepat, seperti nasi merah, roti gandum, dan serealia gandum. Sementara karbohidrat sederhana bisa membuat Anda lebih lemas, seperti permen, cookies, kue, roti putih, dan sebagainya.

  1. Olahraga rutin

Jika dilakukan secara tepat, olahraga bisa sangat membantu tubuh Anda lebih bugar. “Coba lakukan aerobik tiga kali seminggu dengan durasi 20-60 menit. Senam aerobik ini mengandung rangkaian gerakan yang dapat mengaktifkan otot-otot tubuh,” kata dr. Sepri.

  1. Tidur cukup

Pola tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, termasuk mencegah badan lemas. Jika Anda merasa susah tidur, disarankan dr. Sepriani untuk menghindari konsumsi minuman berkafein saat sore hingga malam hari, berolahraga teratur, dan tidak merokok.

“Mengatur pola tidur juga penting. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur,” jelas dr. Sepriani.

  1. Mengendalikan stres

Stres mungkin cukup sulit dihindari. Tapi bukan berarti Anda tidak dapat mengelolanya dengan baik. Apalagi jika dibiarkan stres berkepanjangan bisa berujung pada badan lemas hingga depresi.

“Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Mencari akar masalah yang Anda hadapi juga penting, kemudian segera cari jalan keluarnya,” saran dr. Sepriani.

Supaya lebih seru dalam menyaksikan Asian Games 2018, jagalah kesehatan Anda sebelum menonton dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, tidur cukup, dan olahraga teratur. Dengan begitu, kondisi badan lemas bisa dihindari dan Anda jadi lebih maksimal lagi mendukung atlet kesayangan untuk meraih medali emas!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar