Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitTips Hindari Bibir Pecah-Pecah Saat Ibadah Haji
Kulit

Tips Hindari Bibir Pecah-Pecah Saat Ibadah Haji

Rieke Saras, 19 Agt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dalam cuaca panas dan kering saat ibadah haji, jemaah juga bisa mengalami bibir pecah-pecah. Ini solusinya mengatasi kondisi tersebut.

Tips Hindari Bibir Pecah-Pecah Saat Ibadah Haji

Selamat menunaikan ibadah haji untuk Anda! Demi kelancaran bersama, fisik dan mental tentunya harus selalu terjaga dengan baik mengingat kondisi di Arab Saudi jauh berbeda dengan Indonesia. Cuacanya yang panas hingga di atas 40 derajat Celsius misalnya, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu yang paling sering dialami oleh jemaah adalah bibir pecah-pecah, atau bibir kering.

Ada alasannya mengapa bibir Anda mudah pecah-pecah. Bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Ini membuat bibir lebih rentan mengering dan pecah-pecah. Minimnya kelembapan juga dapat memperburuk masalah, baik itu karena cuaca atau terkait dengan kurangnya perawatan diri.

Namun Anda tak perlu khawatir, bibir pecah-pecah dapat dicegah dengan sejumlah cara. Dilansir Healthline dan WebMD, Anda dapat menerapkan tips berikut untuk menghindari bibir pecah-pecah:

  1. Jangan menjilati bibir

Menjilati bibir bukanlah cara yang tepat untuk melembapkan bibir. Justru bibir Anda akan menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Ini karena air liur menguap dengan cepat sehingga menghilangkan minyak alami kulit. Alhasil bibir Anda akan lebih kering daripada sebelumnya.

  1. Lupakan lip balm beraroma

Lip balm dengan aroma yang lezat, misalnya cokelat, dapat membuat Anda tergoda untuk menjilat bibir terus-menerus. Ingat, kan, efeknya kalau sering menjilati bibir?

  1. Gunakan lip balm dengan tabir surya

Rangkaian jadwal haji mengharuskan Anda untuk sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Gunakan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari kekeringan.

  1. Tutup area mulut saat di luar ruangan

Udara panas maupun dingin sama-sama dapat membuat bibir kering. Lindungi bibir Anda dari kekeringan dengan cara menutupi area mulut menggunakan syal atau masker saat di luar ruangan.

  1. Jauhkan diri dari alergen

Jika bibir Anda termasuk sensitif, hindarilah bahan-bahan yang dapat memicu  bibir pecah-pecah. Beberapa contoh alergen adalah parfum, pewarna, atau produk-produk kosmetik yang mengandung bahan tertentu.

  1. Hindari mengelupas kulit bibir

Meski Anda sangat ingin melakukannya, jangan pernah menarik-narik kulit bibir yang kering. Kulit bibir Anda tergolong tipis dan halus. Mengelupasnya hanya akan menyebabkan bibir berdarah dan iritasi.

  1. Tetap terhidrasi

Pastikan untuk minum cukup air untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

Jika bibir Anda sudah pecah-pecah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bibir Anda tetap lembap. Hal ini dapat diraih dengan mengoleskan lip balm dengan SPF 15 sepanjang hari, minum air putih, menggunakan humidifier (jika hotel Anda memilikinya), dan melindungi area bibir dengan menutupinya menggunakan syal atau masker.

Tertarik melakukan perawatan bibir dengan bahan-bahan seperti eucalyptus, menthol, dan camphor? Sebaiknya nanti dulu. Ketiga bahan tersebut diyakini dapat mengeringkan atau mengiritasi bibir Anda. Selain itu, apabila Anda alergi terhadap beeswax, shea butter, dan castor seed, cobalah produk berbasis petroleum-jelly sebagai gantinya.

Temui dokter jika masalah bibir pecah-pecah Anda berlanjut. Bibir pecah-pecah yang tidak dapat disembuhkan dapat menjadi tanda infeksi atau masalah yang lebih serius, seperti kanker atau kondisi prakanker yang disebut actinic cheilitis. Semoga ibadah haji Anda berjalan lancar tanpa kondisi bibir pecah-pecah, ya!

[RVS]

ibadah hajiTips KecantikanbibirHajiBibir Pecah-Pecah

Konsultasi Dokter Terkait