Diet dan Nutrisi

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rahim

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 28 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebagai bagian penting dari sistem reproduksi wanita, kesehatan rahim patut dijaga dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi deretan makanan ini.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rahim

Rahim adalah salah satu bagian dari sistem organ reproduksi wanita. Organ berongga ini terletak di bagian tengah dari rongga panggul, tepat di belakang kandung kemih dan di depan rektum.

Fungsi rahim antara lain sebagai tempat janin berkembang selama masa kehamilan dan berperan dalam setiap siklus menstruasi wanita.

Bila fungsi rahim terganggu, maka dapat memengaruhi sistem reproduksi wanita secara menyeluruh. Tak hanya itu, kondisi ini pun bisa mengganggu kesuburan.

Maka dari itu, menjaga kesehatan rahim sudah menjadi hal wajib bagi wanita. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk rahim berikut ini:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin. Nutrisi-nutrisi tersebut diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan rahim dan kesuburan.

Konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, dan sawi dapat melancarkan sirkulasi darah di vagina.

Selain menyehatkan rahim, sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen yang mampu mencegah pertumbuhan tumor di rahim. Hal ini karena fitoestrogen mampu menurunkan kadar estrogen yang memicu pertumbuhan sel tumor.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk Wanita yang Bisa Merusak Rahim

2. Kedelai

Makanan sehat untuk rahim berikutnya adalah kedelai. Kedelai termasuk dalam golongan biji dan kacang-kacangan yang mampu memaksimalkan produksi hormon.

Selain itu, kedelai mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menghilangkan fibroid dan mencegah kanker rahim.

Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai juga dapat menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor di rahim.

3. Alpukat

Buah yang mudah ditemukan di pasar ini mengandung nutrisi yang baik untuk rahim. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih alpukat sebagai makanan untuk menjaga kesehatan rahim.

Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin B6, dan kalium. Ketiga nutrisi tersebut dapat memperkuat otot dinding vagina.

Lebih lanjut, rutin mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.

4. Jeruk

Buah yang dikenal sebagai sumber vitamin C ini termasuk makanan yang baik untuk rahim. Buah jeruk mampu membantu menstabilkan proses ovulasi dan mendorong pelepasan sel telur.

Jeruk juga mengandung kalsium, kalium, dan folat yang mampu meningkatkan kesuburan wanita.

Di samping itu, jeruk mampu meningkatkan kesehatan sel telur dan sel sperma karena mengandung poliamina putresin. Oleh karena itu, jeruk cocok untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalani program hamil.

Artikel Lainnya: Manfaat Cokelat Hitam untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

5. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti yoghurt, keju, susu, dan mentega bermanfaat untuk kesehatan rahim. Produk-produk ini mengandung kalsium dan vitamin D yang mampu memperkuat otot dinding rahim, menjaga tulang tetap sehat, hingga mencegah fibroid rahim.

Susu juga mengandung lemak sehat yang mampu meningkatkan kesuburan.

Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan, wanita yang rutin mengonsumsi produk susu berlemak memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami masalah rahim dibanding perempuan yang jarang mengonsumsi susu.

6. Lemon

Lemon juga termasuk makanan yang dapat Anda konsumsi agar rahim sehat dan subur. Ini berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk imunitas rahim.

Dengan demikian, tubuh dapat menangkal serangan bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi pada rahim dan menurunkan tingkat kesuburan.

7. Ubi

Ubi mengandung beta-karoten dan vitamin A. Kedua nutrisi tersebut dikenal mampu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina.

Tak hanya itu, ubi adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk rahim karena dapat meningkatkan kesuburan dan membantu produksi hormon seks.

Ubi pun cocok dikonsumsi wanita dengan PCOS karena dapat meningkatkan peluang untuk memiliki anak.

Demikian daftar makanan yang baik untuk menjaga kesehatan rahim. Penting diingat bahwa asupan makanan sehari-hari memiliki peran penting dalam memelihara kesehatan, termasuk kesehatan organ rahim.

Dapatkan informasi lain seputar kesehatan organ kewanitaan dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

[WA]

Rahimmakanan

Konsultasi Dokter Terkait