Sukses

Aktivitas Mewarnai, Ini Manfaatnya untuk Orang Dewasa

Kegiatan mewarnai ternyata juga mendatangkan segudang manfaat sehat bagi orang dewasa. Apa saja manfaat yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Kapan terakhir kali Anda mewarnai? Ketika masih sekolah dasar atau hingga saat ini? Mewarnai ternyata bukanlah kegiatan sembarangan, karena dapat berfungsi sebagai terapi seni yang mendatangkan beragam manfaat kesehatan.

Menurut the American Art Therapy Association, terapi seni adalah suatu kegiatan yang bermanfaat untuk mendatangkan beragam manfaat berikut ini:

  • Mengekspresikan perasaan
  • Menyelesaikan konflik emosional
  • Membuat mawas diri
  • Mengatasi ketergantungan
  • Meningkatkan kemampuan sosial
  • Mengurangi kecemasan
  • Meningkatkan rasa percaya diri.

Selain di atas, terapi seni juga bisa membuat Anda menuangkan perasaan serta belajar untuk mengenal diri sendiri lebih dalam.

Manfaat sehat mewarnai

Terapi dengan seni memang memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Manfaat yang sama juga bisa dipetik dari aktivitas mewarnai. Meski sekias terkesan seperti aktivitas anak-anak, namun orang dewasa juga bisa merasakan manfaatnya.

Apa saja manfaat sehat mewarnai untuk orang dewasa?

● Menurunkan tingkat kecemasan

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kegiatan mewarnai dapat memberikan efek therapeutik untuk menurunkan tingkat kecemasan, menajamkan fokus, dan membuat pikiran lebih tenang, bahkan dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Terkait itu, peneliti mengatakan bahwa efek mewarnai hampir serupa dengan meditasi. Ini karena mewarnai membuat otak Anda mengesampingkan hal lain, agar bisa terus fokus pada aktivitas mewarnai saja. Karena itu, jika orang dengan gangguan cemas melakukan kegiatan mewarnai dengan serius, pikiran-pikiran yang membuatnya merasakan kecemasan dapat diusir jauh-jauh.

Dengan adanya manfaat tersebut, mewarnai dapat memberikan efek positif pada orang-orang dengan keluhan kecemasan, obsessive-compulsive disorder, stres, depresi, gangguan makan (anoreksia dan bulimia), orang yang emosional (mudah marah), bahkan pada orang yang mengalami ketergantungan narkotika.

● Menciptakan perasaan senang

Studi lain yang dilakukan oleh the University of New South Wales di Australia menyebut bahwa terfokus pada kegiatan mewarnai dapat menggantikan pikiran negatif dengan pikiran yang menyenangkan. Karena, seseorang yang sedang mewarnai akan terfokus pada bentuk dan ukuran gambar, serta memilih warna-warna yang diinginkan.

● Mengaktifkan kemampuan otak bagian frontal

Saat melakukan aktivitas mewarnai, otak bagian frontal akan teraktivasi. Otak bagian frontal berperan penting untuk ingatan, menyelesaikan masalah, kemampuan berbahasa, kemampuan bersosial dan spontanitas.

● Nostalgia masa kecil

Aktivitas mewarnai akan membuat Anda kembali pada waktu-waktu bahagia di masa kecil. Waktu ketika Anda tidak dibebankan banyak tanggung jawab, bisa melakukan sesuatu hanya karena ingin dan tidak memiliki kewajiban yang harus dikerjakan. Kembali sesaat pada masa-masa seperti ini akan membuat Anda teralih dari pikiran-pikiran yang membuat stres dan cemas.

● Mengasah otak kiri dan kanan

Kegiatan mewarnai dapat mengaktifkan kedua sisi otak: kiri dan kanan. Saat mewarnai, Anda akan memikirkan mengenai keselarasan warna, pemilihan warna dan cara mengaplikasikan pensil warna, sehingga kemampuan motorik halus maupun kemampuan menyelesaikan masalah menjadi terasah dengan baik.

Kegiatan mewarnai untuk orang dewasa jelas memberikan berbagai manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut seperti waktu kecil dahulu? Tetap ingat untuk melakukannya dengan relaks, agar segala manfaat sehatnya bisa Anda rasakan dengan optimal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar