Sukses

4 Tips Lindungi Kulit Anak Saat Perlombaan 17 Agustus

Saat mengikuti aneka lomba pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus, kulit anak sering terpapar sinar matahari. Lindungi kulitnya dengan kiat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pastinya sangat menyenangkan bagi anak ketika ia bisa berpartisipasi di berbagai lomba 17 Agustus di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya. Pastikan kesehatan kulit anak tetap terjaga selama ia mengikuti momen seru di perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Lomba makan kerupuk, balap karung hingga memasukkan pensil ke dalam botol adalah deretan perlombaan yang lekat dengan peringatan 17 Agustus. Perlombaan ini umumnya diadakan di ruangan terbuka di bawah terik matahari. Yang perlu Anda waspadai, di balik kegembiraan tersebut, teriknya sinar matahari dapat meyimpan bahaya tersendiri, terutama bagi kulit anak yang masih sangat sensitif.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Dengan perlindungan yang tepat, anak tetap dapat menikmati berbagai perlombaan khas perayaan 17 Agustus dan kulitnya tetap dapat terlindungi dengan baik.

Baik anak-anak maupun orang dewasa sama-sama membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk dapat memproduksi vitamin D guna menjaga kesehatan tulang.

Akan tetapi, sinar matahari yang sangat terik ternyata berbahaya bagi kesehatan karena mengandung ultraviolet A dan B (UV A dan UV B) yang dalam tahap ringan dapat menyebabkan kulit terbakar.

1 dari 2 halaman

Hindari bahaya sinar UV dengan cara ini

Bila paparan kedua sinar ini terus berlanjut dan berulang, bisa menimbulkan kerusakan mata, penurunan kekebalan tubuh dan kanker kulit di usia muda.

Untuk menghindari berbagai ancaman kesehatan di atas, menghindari terik matahari pada pukul 10 pagi hingga 4 sore adalah salah satu kuncinya. Di waktu tersebut kadar sinar UV sedang tinggi-tingginya dan berbahaya bagi kesehatan kulit.

Masalahnya, perlombaan 17 Agustus biasa diadakan pada jam tersebut. Untuk melindungi kulit si Kecil yang akan berlomba, berikut ini adalah solusinya:

  • Selalu oleskan tabir surya sebelum anak keluar rumah

Kunci utama perlindungan kulit dari bahaya UV adalah tabir surya. Usahakan pilih tabir surya yang bersifat broad protection, sehingga melindungi anak dari UV A maupun UV B.

Sun Protenction Factor (SPF) di dalamnya pun harus diperhatikan. Pastikan tabir surya mengandung setidaknya SPF 30. Bila perlombaan yang akan diikuti cukup memakan waktu, oleskan ulang tabir surya ini setiap 30 menit hingga 1 jam sekali.

  • Kenakan si Kecil baju tertutup yang berwarna cerah

Hal kedua yang harus diperhatikan untuk melindungi kulit anak adalah melalui pakaian yang dikenakannya. Berikan si Kecil pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit sensitifnya terkena langsung terik matahari. Pastikan pakaian yang dipilih cukup nyaman, tidak ketat dan berwarna cerah, sehingga tetap terasa sejuk ketika ia berlari-lari di bawah terik matahari.

  • Gunakan pelindung tambahan seperti topi atau payung

Selain tabir surya dan pakaian, hal lain yang juga tidak kalah penting adalah topi. Kulit di sekitar wajah cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lain karena lapisannya yang tipis.

Bila terpapar langsung terik sinar matahari, kulit wajah si Kecil dapat dengan cepat mengalami luka bakar. Untuk itu, bekali anak dengan topi yang dapat melindungi kulit wajahnya. Bila perlu, beri anak payung kecil dengan gambar yang menarik agar ia dengan senang hati memakainya.

  • Cari tempat teduh

Dalam sekian jam lamanya perlombaan, pasti ada saatnya si Kecil tidak turun langsung ke lapangan dan hanya menonton teman atau kerabatnya bermain.

Saat itu, ajaklah sang anak untuk berteduh di bawah kanopi atau pohon yang cukup rindang guna menangkal teriknya matahari.

Yuk, dampingi anak selama menikmati keseruan berbagai lomba 17 Agustus nanti! Bekali si Kecil dengan berbagai perlindungan untuk kulit agar ia tetap aman dan sehat selama merayakan meriahnya Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar