Diet dan Nutrisi

Tips Turunkan Berat Badan dengan Kendalikan Lingkungan Anda

Bobby Agung Prasetyo, 04 Jan 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Selain dengan diet dan olahraga rutin, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengendalikan lingkungan Anda. Bagaimana caranya?

Tips Turunkan Berat Badan dengan Kendalikan Lingkungan Anda

Saat Anda mulai tak nyaman dengan berat badan yang kian bertambah setiap bulannya, menurunkan berat badan pun dirasa perlu. Tentu saja memangkas berat badan harus Anda lakukan, agar terhindar dari obesitas yang bisa menimbulkan penyakit seperti jantung, diabetes, dan lain-lain. Selain dengan diet dan olahraga, menurunkan berat badan juga bisa sukses dengan cara mengendalikan lingkungan sekitar Anda.

Anda mungkin jarang menyadari bahwa faktor lingkungan di sekitar Anda juga berperan besar dalam membuat berat badan melonjak, atau malah membuat diet Anda sukses. Jika Anda berhasil mengendalikan faktor-faktor pemicu naiknya berat badan, diet Anda tentu akan lebih sukses.

Berdasarkan penjelasan dari para ahli medis dari KlikDokter, melonjaknya berat badan dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

  • Kurang aktivitas fisik
  • Kurang tidur
  • Jarang minum air
  • Kurangnya makan buah dan sayur
  • Konsumsi camilan tak sehat

Artikel Lainnya: Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Turunkan berat badan dengan kendalikan lingkungan

Pernahkah Anda berpikir bahwa penyebab sulitnya menurunkan berat badan berasal dari lingkungan sekitar? Dilansir dari Psychology Today, bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal di luar diri, misalnya aroma, kondisi atau justru kebiasaan lingkungan. Tentu hal ini membutuhkan kontrol diri yang kuat.

Tak sedikit orang yang tak kuasa mengontrol hal-hal di luar diri. Namun, ini bukan berarti tak mungkin dilakukan. Berdasarkan saran dari para ahli kejiwaan, kontrol diri terhadap lingkungan sekitar dapat dilakukan dengan cara-cara ini:

Belajar menahan godaan dari makanan kesukaan

Apa saja makanan yang sulit sekali Anda tolak dan jika dimakan, Anda tak bisa berhenti mengunyahnya? Cobalah buat daftar makanan ini dan belajarlah untuk mengontrol untuk tidak mengonsumsinya.

Komitmen

Jika Anda tinggal dengan orang-orang yang juga suka dengan makanan yang masuk dalam “daftar hitam” seperti pada poin pertama, beritahu orang tersebut mengenai rencana Anda. Jika melihat makanan tersebut dihidangkan di meja makan, jauhi. Jika saat rapat dihidangkan gorengan kesukaan di meja, pilih kursi yang lebih jauh.

Rancang menu makanan sehat

Rencanakan menu makanan sehat yang rendah lemak. Buang jauh camilan seperti keripik atau cookies dari rak. Komitmen ini memang tidak mudah, tapi percayalah meski awalnya berat, lama-lama Anda akan terbiasa.

Dapur selalu dalam keadaan bersih

Sudah ada penelitian yang menghubungkan bahwa pola makan yang buruk dipengaruhi oleh dapur yang berantakan. Salah satu kemungkinan alasannya adalah stres. Dapur yang berantakan bisa bikin stres, dan stres adalah pemicu seseorang melakukan justifikasi bahwa mereka butuh makan makanan yang mereka sukai (comfort food).

Selain itu, dapur yang berantakan atau kotor juga membuat Anda kesulitan dalam menyiapkan makanan atau camilan sehat. Anda pun akan tergoda untuk makan makanan olahan atau apa pun yang bisa dikonsumsi secepat mungkin, yang selanjutnya akan Anda sesali.

Tak ada salahnya mencoba empat tips di atas untuk mengendalikan lingkungan sekitar guna keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Kombinasikan juga dengan olahraga secara rutin, istirahat cukup, dan jauhi stres. Agar hasil lebih optimal, lebih baik berkonsultasi dengan ahli gizi agar asupan nutrisi dan penurunan berat badan tetap terpantau dan berhasil secara optimal.

[RN/ RVS]

Menurunkan Berat BadanBerat BadanDietOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait