Sukses

Tips Turunkan Berat Badan dengan Kendalikan Lingkungan Anda

Selain dengan diet dan olahraga rutin, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan mengendalikan lingkungan Anda. Bagaimana caranya?

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda mulai tak nyaman dengan berat badan yang kian bertambah setiap bulannya, menurunkan berat badan pun dirasa perlu. Tentu saja memangkas berat badan harus Anda lakukan, agar terhindar dari obesitas yang bisa menimbulkan penyakit seperti jantung, diabetes, dan lain-lain. Selain dengan diet dan olahraga, menurunkan berat badan juga bisa sukses dengan cara mengendalikan lingkungan sekitar Anda.

Anda mungkin jarang menyadari bahwa faktor lingkungan di sekitar Anda juga berperan besar dalam membuat berat badan melonjak, atau malah membuat diet Anda sukses. Jika Anda berhasil mengendalikan faktor-faktor pemicu naiknya berat badan, diet Anda tentu akan lebih sukses.

Berdasarkan penjelasan dari para ahli medis dari KlikDokter, melonjaknya berat badan dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

  • Kurang aktivitas fisik

Ketika Anda kurang melakukan aktivitas fisik, maka kalori yang dibakar menjadi lebih sedikit. Alhasil, timbunan lemak yang ada di dalam tubuh akan semakin menumpuk, sehingga terjadilah kelebihan berat badan.

  • Kurang tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon grelin di dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Jadi, orang yang kurang tidur akan cenderung terus-terusan merasa lapar.

“Risiko mengalami obesitas juga meningkat bila Anda kekurangan atau kelebihan waktu tidur. Sebab waktu tidur yang tidak sesuai dapat menyebabkan penurunan hormon, yang pada akhirnya bisa menimbulkan peningkatan nafsu makan,” kata dr. Andika Widyatama.

  • Jarang minum air

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi, dan dehidrasi dapat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Jurnal medis “American Chemical Society” menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi 2 gelas air putih setiap hari sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5-2 kg.

  • Kurangnya makan buah dan sayur

Ketika kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi alias kurang konsumsi buah dan sayuran, ini dapat menyebabkan penumpukan lemak yang berdampak pada kenaikan berat badan.

  • Konsumsi camilan tak sehat

Camilan tak sehat seperti gorengan atau aneka keripik dalam kemasan bisa bikin berat badan naik karena mengandung kalori, kolesterol, dan lemak yang tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh. Keadaan akan memburuk jika Anda turut mengonsumsi minuman bersoda yang tinggi gula.

1 dari 2 halaman

Turunkan berat badan dengan kendalikan lingkungan

Pernahkah Anda berpikir bahwa penyebab sulitnya menurunkan berat badan berasal dari lingkungan sekitar? Dilansir dari Psychology Today, bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal di luar diri, misalnya aroma, kondisi atau justru kebiasaan lingkungan. Tentu hal ini membutuhkan kontrol diri yang kuat.

Tak sedikit orang yang tak kuasa mengontrol hal-hal di luar diri. Namun, ini bukan berarti tak mungkin dilakukan. Berdasarkan saran dari para ahli kejiwaan, kontrol diri terhadap lingkungan sekitar dapat dilakukan dengan cara-cara ini:

  1. Belajar menahan godaan dari makanan kesukaan

Apa saja makanan yang sulit sekali Anda tolak dan jika dimakan, Anda tak bisa berhenti mengunyahnya? Cobalah buat daftar makanan ini dan belajarlah untuk mengontrol untuk tidak mengonsumsinya.

  1. Komitmen

Jika Anda tinggal dengan orang-orang yang juga suka dengan makanan yang masuk dalam “daftar hitam” seperti pada poin pertama, beritahu orang tersebut mengenai rencana Anda. Jika melihat makanan tersebut dihidangkan di meja makan, jauhi. Jika saat rapat dihidangkan gorengan kesukaan di meja, pilih kursi yang lebih jauh.

  1. Rancang menu makanan sehat

Rencanakan menu makanan sehat yang rendah lemak. Buang jauh camilan seperti keripik atau cookies dari rak. Komitmen ini memang tidak mudah, tapi percayalah meski awalnya berat, lama-lama Anda akan terbiasa.

  1. Dapur selalu dalam keadaan bersih

Sudah ada penelitian yang menghubungkan bahwa pola makan yang buruk dipengaruhi oleh dapur yang berantakan. Salah satu kemungkinan alasannya adalah stres. Dapur yang berantakan bisa bikin stres, dan stres adalah pemicu seseorang melakukan justifikasi bahwa mereka butuh makan makanan yang mereka sukai (comfort food). Selain itu, dapur yang berantakan atau kotor juga membuat Anda kesulitan dalam menyiapkan makanan atau camilan sehat. Anda pun akan tergoda untuk makan makanan olahan atau apa pun yang bisa dikonsumsi secepat mungkin, yang selanjutnya akan Anda sesali.

Tak ada salahnya mencoba empat tips di atas untuk mengendalikan lingkungan sekitar guna keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Kombinasikan juga dengan olahraga secara rutin, istirahat cukup, dan jauhi stres. Agar hasil lebih optimal, lebih baik berkonsultasi dengan ahli gizi agar asupan nutrisi dan penurunan berat badan tetap terpantau dan berhasil secara optimal.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar