Sukses

Tips Hindari Badan Lemas Saat Upacara 17 Agustus

Saat mengikuti upacara 17 Agustus, jangan sampai kondisi badan lemas menyerang Anda. Ikuti tips ini supaya tak tumbang.

Klikdokter.com, Jakarta Dirgahayu HUT ke-73 RI! Momen kemerdekaan bagi seluruh rakyat di penjuru Tanah Air ini kerap dirayakan dengan sejumlah cara, mulai dari perlombaan hingga upacara 17 Agustus. Sebelum melakukan seluruh kegiatan tersebut, pastikan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari kondisi badan lemas dan lesu.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, badan lemas saat upacara 17 Agustus bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Kurang makan makanan bergizi

Perhatikan menu makanan Anda sehari-hari. Apakah bergizi seimbang atau malah kebanyakan lemak trans? “Nutrisi yang seimbang sangat penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Energi ini digunakan untuk menjalankan fungsi sel-sel dalam tubuh. Ketika tidak ada sumber energi maka tubuh akan terasa lemas,” kata dr. Rio.

  • Kurang darah (anemia)

Anemia merupakan kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh lebih rendah dari nilai normal. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menjalankan fungsi sel-sel. Ketika tidak ada pasokan oksigen maka tubuh kehilangan energinya sehingga menjadi lemas. Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang mengalami perdarahan hebat, misalnya saat operasi besar, melahirkan, atau kecelakaan.

  • Tekanan darah rendah

Berbeda dengan kurang darah, tekanan darah rendah diukur dengan menggunakan alat tensimeter. Tekanan darah normal berkisar anrara 110–120 per 70–80 mmHg. “Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh pun akan ikut lemas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan syok hingga berujung pada kematian,” jelas dr. Rio.

  • Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering menyebabkan badan lemas, bahkan hingga pingsan. Jika dibiarkan, hal ini tentunya dapat mengancam nyawa. Segeralah konsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

  • Gangguan elektrolit tubuh

Gangguan elektrolit sering terjadi saat mengalami diare atau muntah-muntah. Selain menyebabkan badan lemas, kondisi ini juga dapat menimbulkan kejang dan gangguan irama jantung.

1 dari 2 halaman

Mencegah badan lemas

Badan lemas bisa terjadi kapan saja, terutama jika Anda luput menjaga kesehatan. Agar bebas merdeka dari kondisi tersebut, berikut tips yang direkomendasikan dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter:

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Salah satu penyebab badan lemas adalah kurang minum. Bagi Anda yang sering mengabaikan kebiasaan minum air putih sebelum beraktivitas, maka biasakan dari sekarang.

“Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu pula bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi,” ujar dr. Alvin.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Bila dirasa perlu, Anda bisa mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni.

  1. Hindari konsumsi makanan tak sehat

Sebelum melahap sesuatu, pikirkan apakah makanan tersebut baik atau tidak untuk tubuh Anda. Tak hanya jenis makanan yang dipilih, memperhatikan jumlah atau porsinya juga sangat penting.

Guna menghindari badan lemas, konsumsi gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak harus dibatasi atau dihindari sama sekali. Selain itu, berdasarkan saran dr. Alvin, batasi juga asupan gula pada makanan maupun minuman Anda.

  1. Istirahat cukup

Seberapa pun padatnya aktivitas sehari-hari, Anda tidak boleh mengabaikan waktu istirahat. Untuk orang dewasa, cobalah mencukupi waktu tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

Lakukan tips di atas agar badan lemas tak menerpa saat upacara 17 Agustus! Tingkatkan juga daya tahan tubuh Anda dengan olahraga teratur dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebih. Selamat merayakan Hari Kemerdekaan RI!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar