Sukses

Tips Kulit Sehat Saat Ikut Kirab Obor Asian Games

Ingin ikut kirab obor Asian Games tanpa takut kulit rusak? Ini cara yang bisa Anda terapkan.

Klikdokter.com, Jakarta Asian Games 2018 akan segera dimulai. Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar di tahun ini. Untuk menyambut sekaligus memeriahkan Asian Games, Pemprov DKI Jakarta mengadakan kirab obor atau (torch relay) pada Rabu (15/8).

Kirab obor Asian Games 2018 sebelumnya telah melewati 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua Barat. Obor tersebut nantinya akan menjadi sumber api pada upacara pembukaan (opening ceremony) Asian Games 2018 di Stadion Utama Glora Bung Karno (GBK).

Kirab obor berlangsung selama empat hari, dari tanggal 15–18 Agustus 2018. Obor akan diarak keliling DKI Jakarta, yang dimulai dari wilayah Jakarta Timur. Obor ini akan menginap di Monumen Nasional (monas) sebelum tiba di GBK pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.

Bisa terjadi masalah kulit

Acara kirab obor Asian Games tentu menjadi ajang yang sangat dinantikan seluruh warga, khususnya di Jakarta. Namun, jangan sampai antusiasme mengikuti arak-arakan obor membuat Anda melupakan masalah kesehatan kulit.

Ya, mengikuti kirab obor Asian Games keliling Jakarta membuat kulit Anda terpapar sinar ultraviolet matahari secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kulit, seperti kekusaman, kemerahan, atau bahkan kanker kulit (melanoma).

Untungnya, dampak buruk tersebut bisa dicegah dengan melakukan tips sederhana berikut ini:

  • Lindungi wajah Anda dari paparan langsung sinar matahari. Untuk itu, Anda dapat menggunakan topi, kacamata, atau payung.
  • Gunakan tabir surya yang aman bagi kulit. Tabir surya bekerja dengan menyerap dan memantulkan sinar ultraviolet matahari. Sebaiknya gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, 20–30 menit sebelum terpapar sinar matahari.
  • Setelah menjalani kirab obor seharian, jangan lupa untuk membersihkan kulit dengan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Gunakan pelembab agar kulit tidak iritasi setelah terkena sinar matahari seharian.
  • Gunakan krim anti-aging yang dapat menangkal radikal bebas dan memberikan asupan antioksidan bagi kulit Anda.

Tips di atas ampuh untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari saat mengikuti kirab obor Asian Games. Namun demikian, Anda juga wajib menyandingkan tips tersebut dengan beberapa kebiasaan berikut ini:

  • Cukup tidur

Tidur sekitar 7–9 jam per hari akan membantu proses regenerasi. Dengan cukup tidur, kulit akan tampak lebih segar dan sehat.

  • Olahraga rutin dan teratur

Olahraga terbukti mampu melancarkan peredaran darah. Hasilnya, kulit akan memiliki tampilan yang lebih sehat dan terjaga.

  • Hindari rokok

Rokok dapat menyebabkan kulit tampak kusam, kering, dan berbagai masalah lain seperti jerawat maupun beruntusan.

  • Konsumsi banyak air putih

Tindakan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit. Dengan asupan cairan yang cukup, hidrasi kulit akan terjaga dengan baik.

  • Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, khususnya yang mengandung antioksidan, kolagen, vitamin C dan E, seperti buah dan sayur. Jika Anda merasa kurang menyukai buah atau sayur, suplemen yang zat gizi tersebut dapat dijadikan sebagai alternatifnya.

Lakukan tips di atas dengan saksama, agar manfaatnya untuk kesehatan kulit Anda benar-benar terasa. Dengan begitu, Anda dapat mengikuti kirab obor Asian Games 2018 dengan nyaman dan kulit tetap sehat terawat.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar